Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Demi Menjaga Kesehatan Miss V

Jum'at, 26 Juni 2020 09:22 Penulis: Dita Tamara
Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Demi Menjaga Kesehatan Miss V
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Menjaga kesehatan dan kebersihan miss V sangatlah penting. Sebab, jika tidak dilakukan maka daerah kewanitaan tersebut dapat terkontaminasi bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi dan bakteri jahat. Untuk itu, setiap wanita harus peduli terhadap kesehatan pribadinya sendiri, terlebih bagi wanita yang sudah berumah tangga. Tentu saja semua orang sepakat akan hal ini untuk fungsi reproduksi serta seksualitas yang lebih baik dan menyehatkan bagi wanita.

Namun, sepertinya ada beberapa kebiasaan buruk yang dianggap sepele bagi wanita. Padahal dapat menyebabkan miss V menjadi bau dan infeksi. Meski secara alamiah, miss V memiliki kemampuan untuk melindungi bagiannya sendiri, namun tetap saja memerlukan mekanisme pembersihan yang perlu kalian ketahui.

Oleh karenanya, sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini demi menjaga kesehatan miss V kalian. Daripada penasaran, simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Mencukur Rambut Miss V Secara Keseluruhan

Pada umumnya, rambut kemaluan bagi sebagian wanita terasa mengganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa wanita mencukur rambut dibagian miss V yang bertujuan untuk membersihkan daerah kewanitaan dengan cara mencukur secara keseluruhan atau waxing bulu kemaluan.

Padahal, perlu kalian ketahui jika rambut kemaluan inilah yang bisa menjadi penghalang alami untuk menjaga kebersihan miss V. Selain itu, untuk mencegah partikel asing seperti debu dan bakteri dan mengatur kelembaban. Oleh sebabnya, ada baiknya untuk tidak mencukur rambut kemaluan secara keseluruhan. Hal tersebut juga bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti miss V gatal, dan infeksi.

2. Menggunakan Celana Dalam Berkeringat

Setelah melakukan aktivitas yang menguras tenaga, tentunya tubuh akan mengeluarkan banyak keringat tak terkecuali dibagian miss V yang menjadi sangat lembab. Selain itu, celana dalam jadi basah karena keringat.

Kebiasaan tidak mau mengganti celana dalam yang basah tentunya akan memicu bakteri masuk ke saluran miss V kalian dan mengganggu keseimbangan mikroba yang biasanya hidup pada miss V. Hal inilah yang menjadi penyebab timbulnya jamur dan bau tidak sedap di bagian organ kewanitaan. Oleh sebab itu, biasakan untuk tidak malas mengganti celana dalam yang berkeringat.

3. Menggunakan Pantyliners

Daerah kewanitaan yang lembap dan keputihan kerap menjadi masalah yang banyak dialami oleh setiap wanita. Guna mengatasinya, tak sedikit yang memilih untuk menggunakan pantyliner. Namun tahukah kalian jika memiliki kebiasaan menggunakan pantyliners sangat tidak baik bagi kesehatan miss V.

Hal ini lantaran pantyliners menggunakan bahan sintetik yang apabila digunakan setiap hari akan menimbulkan kulit sensitif dan iritasi. Oleh sebab itu, hilangkan kebiasaan kalian menggunakan pantyliners yang dapat menyebabkan kesehatan miss V.

4. Membasuh dengan Sabun

Setiap wanita tentunya ingin memiliki miss V yang bersih dan sehat. Tak jarang mereka menjadi salah kaprah menggunakan sabun mandi untuk membasuh miss V. Padahal menggunakan sabun mandi sangatlah tidak baik karena dapat menyebabkan miss V menjadi terkena infeksi, hingga iritasi.

Perlu kalian ketahui jika dibagian miss V mempunyai bakteri paling banyak setelah usus. Meski banyak bakteri, namun kalian tidak perlu khawatir karena bakteri ini tidak berbahaya dan justru berperan dalam melindungi dan menjaga kesehatan kewanitaan. Nah, jika kalian membiasakan membasuh dengan sabun mandi, maka bakteri baik yang dapat melindungi daerah kewanitaan justru menjadi mati.

5. Keringkan Miss V dengan Benar

Selanjutnya hindari langsung memakai celana dalam usai mandi atau buang air kecil. Ada baiknya untuk meluangkan waktu mengeringkan dengan cara yang benar. Karena pada dasarnya kelembapan area kewanitaan adalah kunci dari kesehatan miss V. Kalian bisa mengeringkan miss V dengan cara tepuk menggunakan tisu  atau handuk halus secara perlahan dari depan ke belakang. Jangan digosok terlalu keras karena organ intim memiliki jaringan-jaringan yang sangat sensitif.

Itulah sederet kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh para wanita. Sebaiknya mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk di atas untuk tetap menjaga kesehatan miss V. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI