9 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Sumber Antioksidan - Baik Bagi Ibu Hamil

Kamis, 25 Juni 2020 17:11 Penulis: Nurul Wahida
9 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Sumber Antioksidan - Baik Bagi Ibu Hamil
Manfaat buah sawo (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Buah sawo tergolong buah tropis yang banyak terdapat di Indonesia. Rasa manis dan legitnya sawo menjadikan buah ini favorit untuk berbagai kalangan. Dibalik kenikmatan rasa buahnya, manfaat buah sawo rupanya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Bentuk bulat berwarna cokelat menjadi ciri khas dari buah sawo. Sedangkan secara teksturnya, buah sawo miliki tekstur padat, kasar, berair, dan rasa manis. Buah ini punya nama ilmiah manikara zapota yang cukuo banyak ditemui di berbagai negara.

Selain enak untuk dikonsumsi secara langsung, buah sawo juga sering menjadi bahan tambahan untuk es campur, jus buah, selai, dan lain sebagainya. Kandungan nutrisi dalam buah sawo juga cukup banyak hingga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Diantaranya buah sawo mengandung protein, kalsium, karbohidrat, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan lain sebagainya. Seperti diketahui berbagai kandungan tersebut punya manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk mengatasi masalah kesehatan yang kerap muncul.

Lalu apa saja manfaat buah sawo untuk kesehatan?

Adapun manfaat buah sawo untuk kesehatan terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. tentunya selain nikmat dikonsumsi, buah sawo juga dapat menyehatkan tubuh. berikut manfaat buah sawo untuk kesehatan bersumber dari healthbenefitstimes.com, food.ndtv.com.

 

1. Untuk Detoksifikasi Tubuh

Manfaat buah sawo untuk kesehatan salah satunya dapat digunakan sebagai detoksifikasi tubuh. detoksifikasi sendiri berfungsi untuk mengeluarkan dan mengurangi racun dalam tubuh, sehingga tubuh terasa lebih sehat dan terjaga keseimbangannya.

Buah sawo ini dapat digunakan untuk membantu menghilangkan limbah atau racun dalam tubuh dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Dimana sawo bisa mencegah edema dengan mempertahankan konsentrasi air di dalam tubuh. Termasuk kandungan serat, vitamin dan antioksidan yang membantu kesehatan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah sawo untuk kesehatan juga dapat menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh. Sebab buah sawo mengandung serat cukup tinggi yang bisa mencegah berbagai gangguan pencernaan.

Sehingga buah sawo dapat digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan termasuk mengatasi sembelit, diare hingga gangguan lainnya dalam sistem pencernaan.

3. Meredakan Stres

Buah sawo memiliki kandungan vitamin C yang diketahui dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. termasuk untuk meredakan stres pada tubuh. Mengutip dari healthbenefitstimes.com buah sawo memiliki kandungan vitamin C sebesar 39,33 persen yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Selain itu kandungan vitamin B dalam buah sawo bisa membantu mengurangi kelelahan dan mencegah kecemasan dan stres. Termasuk dapat digunakan untuk mengatasi insomnia.

4. Baik Bagi Ibu Hamil

Menjaga kesehatan selama masa kehamilan tentunya sangat penting untuk dilakukan bagi calon ibu. sebab ibu yang sehat akan berdampak juga pada kondisi janin di dalam perut.

Dalam hal ini manfaat buah sawo untuk kesehatan rupanya juga baik bagi ibu hamil. Adapun kandungan vitamin A, karbohidrat dan elektrolit dalam buah sawo bisa mengatasi mual di pagi hari dan juga kepala pusing. Dimana mual di pagi hari menjadi hal wajar dan umum terjadi pada ibu hamil.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat buah sawo untuk kesehatan bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Salah satunya dapat memperkuat daya ingat yang biasanya mulai mengalami penurunan saat usia semakin bertambah.

Mengutip dari healthbenefitstimes.com kandungan zat besi dalam buah sawo dapat membantu mengantarkan oksigen ke otak dan menjaga daya ingat otak tetap sehat dan baik. Sehingga buah sawo dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi otak dan mencegah menurunnya daya ingat.

6. Mencegah Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang biasanya disebabkan rendahnya jumlah sel darah merah dari batas wajarnya. Manfaat buah sawo bagi kesehatan diantaranya juga dapat membantu mencegah anemia pada tubuh. Kandungan zat besi dalam buah sawo berperan untuk meningkatkan produksi hemoglobin dan mencegah sakit anemia.

7. Sumber Antioksidan

Cukup banyak buah-buahan miliki kandungan antioksidan di dalamnya. Termasuk buah sawo yang tak ketinggalan punya kandungan antioksidan tinggi. Dimana antioksidan tersebut berperan untuk melawan paparan radikal bebas yang menyerang tubuh.

Radikal bebas sendiri dapat bersumber dari polusi udara, zat kimia, ataupun makanan dan minuman tak sehat. Namun kandungan antioksidan polifenolik dalam buah sawo diketahui dapat membantu menangkal radikal bebas.

8. Baik Untuk Tulang dan Gigi

Tulang dan gigi yang kuat tentunya dapat membuat kinerja tubuh tetap stabil dan sehat. Salah satu cara untuk menjaga kesehatannya adalah dengan konsumsi makanan sehat termasuk buah-buahan.

Dalam hal ini manfaat buah sawo juga bisa berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan vitamin A, zat besi, dan fosfor bisa membantu meningkatkan kualitas tulang dan gigi pada tubuh. termasuk mencegah kerusakan yang bisa terjadi pada tulang dan gigi seperti keropos dan gigi berlubang.

9. Kontrol Berat Badan

Berat badan ideal kerap menjadi impian banyak orang. mereka pun banyak melakukan berbagai aktivitas untuk menjaga berat badannya tetap normal. Salah satunya dengan konsumsi buah dan sayur sehat yang mampu menjaga berat badan tersebut.

Manfaat buah sawo untuk kesehatan termasuk bisa menjadi buah yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab kandungan serat tinggi dapat membuat tubuh kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan makan. Termasuk dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Nah itulah 9 manfaat buah sawo untuk kesehatan sumber antioksidan dan baik bagi ibu hamil. Namun buah sawo dianjurkan dikonsumsi dalam batas normal dan tidak berlebihan. Akan lebih baik juga untuk melakukan konsultasi dengan dokter apabila ingin menggunakan buah sawo untuk mengatasi masalah kesehatan seperti disebutkan di atas.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI