Tata Cara Sholat Idul Fitri yang Tepat, Beserta Kegiatan Sunnah yang Baik Dilakukan Sebelumnya

Diperbarui: Diterbitkan:

Tata Cara Sholat Idul Fitri yang Tepat, Beserta Kegiatan Sunnah yang Baik Dilakukan Sebelumnya
Tata Cara Sholat Idul Fitri (credit: Pexels)

Kapanlagi.com - Sholat Idul Fitri sendiri dilaksanakan pada pagi hari dan juga hukumnya sunnah muakkad, yakni sangat dianjurkan. Sehingga, KLovers yang akan melaksanakan sholat Idul Fitri perlu tahu bagaimana tata cara sholat Idul Fitri yang tepat.

Sholat idul fitri sendiri lebih baik jika dikerjakan secara berjamaah, meskipun boleh saja dilakukan secara sendiri (munfarid) jika memang benar-benar berhalangan untuk menunaikannya secara berjamaah. Melaksanakan sholat idul fitri sangat dianjurkan.

Bahkan untuk wanita yang sedang berhalangan pun tetap dianjurkan untuk datang meskipun harus menjauhi tempat sholat sebagaimana diriwayatkan dalam hadist dari Ummu 'Athiyah yang mana beliau berkata,

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kepada kami pada saat shalat 'ied (Idul Fitri ataupun Idul Adha) agar mengeluarkan para gadis (yang baru beranjak dewasa) dan wanita yang dipingit, begitu pula wanita yang sedang haidh. Namun beliau memerintahkan pada wanita yang sedang haidh untuk menjauhi tempat shalat." (HR. Muslim no. 890, dari Muhammad, dari Ummu 'Athiyah.)

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah bagaimana tata cara sholat Idul Fitri yang bisa KLovers ketahui dan juga pahami. Beserta dengan bacaan takbir 7x saat ibadah sholat dan kegiatan sunnah lainnya yang baik dilakukan.

 

 

1. Niat Sholat Idul Fitri

Dalam tata cara sholat Idul Fitri KLovers harus membaca niat sholat terlebih dahulu. Ya, niat memang dilakukan untuk kegiatan apapun dalam Islam, salah satunya sholat. Dan berikut ini bacaan niat sholat Idul Fitri yang bisa KLovers baca beserta dengan artinya:

"Ushallii sunnatan lii'idil fitri rak'ataini (imaaman/makmuuman) lillahi ta'aala."

Artinya: Aku berniat salat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta'ala.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Tata Cara Sholat Idul Fitri

Setelah mengetahui bacaan niat, tata cara sholat Idul Fitri yang kedua yaitu dengan melangsungkan sholat Idul Fitri. Dan berikut ini bagaimana tata cara sholat Idul Fitri yang tepat:

1. Sebelum sholat Idul Fitri, disunnahkan untuk memperbanyak bacaan takbir, tahmid, dan tasbih.

2. Sholat Idul Fitri dimulai dengan menyeru "ash-shalatu jami'ah" yang artinya "Sholat jamaah akan segera didirikan. Selain itu, sholat Idul Fitri dilaksanakan tanpa didahului adzan dan iqamah.

3. Membaca niat sholat Idul Fitri

4. Membaca takbiratul ihram

5. Tujuh takbir pada rakaat pertama sholat Idul Fitri yaitu dengan membaca takbir sebanyak tujuh kali, setelah membaca doa iftitah. Takbir sebanyak tujuh kali tersebut diucapkan sambil mengangkat tangan.

6. Membaca Surah al-Fatihah Setelah takbir tujuh kali. Setelah itu, disunnahkan membaca surah al-A'la.

7. Kemudian dilanjutkan dengan ruku', iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan sujud kedua, seperti sholat biasa. Lalu, berdiri kembali untuk melaksanakan rakaat kedua.

8. Lima takbir pada rakaat kedua sambil mengangkat tangan seperti sebelumnya.

9. Setelah lima takbir, membaca surah al-Fatihah, dan kemudian disunnahkan membaca surah al-Ghasyiyah.

10. Kemudian dilanjutkan dengan rukuk, Iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, duduk tasyahud akhir dan salam.

11. Setelah sholat, ada baiknya kita mendengarkan khutbah Idul Fitri dengan khusyuk.

 

 

3. Bacaan Takbir 7x Sholat Idul Fitri

Tidak hanya mengetahui tata cara sholat Idul Fitri, KLovers juga perlu tahu nih dengan bacaan takbir 7x saat sholat Idul Fitri. Ya, pada sholat Idul Fitri kita akan melakukan takbir awal sebanyak 7x yang dilakukan pada rakaat pertama dan 5x yang dilakukan pada rakaat kedua. Sebenarnya takbir tambahan ini bersifat sunnah ya.

Sehingga bila terlupa tidak akan membatalkan sholat Idul Fitri kalian. Namun, saat melakukan takbir nyatanya ada bacaannya loh. Bagi yang belum tahu, berikut ini bacaan takbir 7x dalam sholat Idul Fitri tersebut beserta dengan artinya:

"Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar, wa la haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil azhim."

Artinya: Maha suci Allah, segala puji bagi-Nya, tiada tuhan selain Dia, Allah maha besar, dan tiada daya serta upaya selain berkat pertolongan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.

 

 

4. Hal Sunnah Sebelum Melaksanakan Sholat

Tata cara sholat Idul Fitri sudah bisa kita ketahui, kali ini KLovers juga bisa mengetahui hal-hal sunnah yang bisa dikerjakan sebelum melaksanakan kegiatan sholat Idul Fitri. Dan berikut beberapa hal sunnah yang baik dilakukan tersebut:

1. Pertama KLovers ada baiknya mandi atau membersihkan diri sebelum berangkat ke tempat sholat Idul Fitri.

2. Kemudian yang kedua, ada baiknya KLovers melaksanakan makan dan minum sebelum berangkat.

3. Menggunakan pakaian terbaik yang dimiliki, tentu saja tidak perlu yang baru ataupun mahal.

4. Hal sunnah lainnya yaitu dengan memakai wangi-wangian.

5. Dan yang terakhir dengan menempuh jarak yang berbeda pada saat berangkat dan pulang setelah menunaikan sholat Idul Fitri.

Itulah bagaimana tata cara sholat Idul Fitri yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya tata cara sholat Idul Fitri saja, namun juga ada bacaan takbir 7x saat sholat hingga kegiatan sunnah sebelum melangsungkan ibadah.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending