Terjadi Lonjakan Massa Saat Perayaan Halloween, 50 Orang Alami 'Henti Jantung' di Itaewon

Minggu, 30 Oktober 2022 01:01
Terjadi Lonjakan Massa Saat Perayaan Halloween, 50 Orang Alami 'Henti Jantung' di Itaewon
tragedi Halloween di Itaewon (credit: Yonhap News)


Kapanlagi Plus - Pada 29 Oktober malam di Seoul, lebih dari 100.000 orang berkumpul di sekitar Itaewon untuk merayakan Halloween sekaligus berakhir pekan. Karena dugaan lonjakan massa, orang-orang dilaporkan mengalami "henti jantung" di tempat.

Petugas pemadam kebakaran menyatakan bahwa fenomena ini terjadi sekitar pukul 22.15 waktu setempat. Yonhap News melaporkan, sekitar 50 orang mengalami "henti jantung" karena terinjak-injak di Itaewon.

Raphael Rashid, wartawan asing yang berada di lokasi kejadian juga mengabarkan melalui akun Twitter-nya bahwa setidaknya ada 20 orang dalam kondisi "henti jantung" sedang dipindahkan ke berbagai rumah sakit untuk perawatan, yang kebanyakan adalah wanita muda. Sedikitnya 2 orang dipastikan tewas, namun bisa terlihat bahwa jumlah korban tewas jelas lebih tinggi. Terlihat pula puluhan kantong mayat berwarna biru di lokasi kejadian.

1. Tragedi Itaewon

Lebih lanjut, Raphael Rashid juga mengabarkan bahwa petugas pemadam kebakaran berusaha mati-matian untuk menerobos ribuan orang. Polisi berdiri di atas mobil-mobil menyuruh orang-orang meninggalkan daerah itu untuk memberi jalan bagi ambulans.

Ada 142 mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk membantu upaya penyelamatan di Itaewon malam ini. Karena malam kejadian bertepatan dengan perayaan Halloween dan Itaewon sudah ramai sejak tadi, ada terlalu banyak orang di jalanan sehingga sulit untuk bergerak.

2. Tindakan Pemerintah

Walikota Seoul Oh Se-hoon yang saat ini berada di Eropa diketahui membatalkan semua jadwalnya. Oh Se-hoon dilaporkan langsung kembali ke bandara untuk mengejar penerbangan pertama kembali ke Seoul sehubungan dengan tragedi yang terjadi di Itaewon.

Sementara itu, Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo saat ini mendesak semua otoritas terkait untuk melakukan yang terbaik untuk "meminimalisir korban manusia" sehubungan dengan tragedi Itaewon malam ini. Kabar terjadinya tragedi memilukan ini juga sudah sampai ke telinga Presiden Yoon Suk-yeol yang segera meminta agar semua otoritas terkait melakukan segala cara untuk membantu para korban.

(kpl/rsp)



MORE STORIES




REKOMENDASI