Tingkatkan Kualitas Anak, Pemerintah Luncurkan RAN PAUD HI

Kamis, 24 Juni 2021 16:27 Penulis: Umar Sjadjaah
Tingkatkan Kualitas Anak, Pemerintah Luncurkan RAN PAUD HI
Presiden Joko Widodo - instagram.com/jokowi


Kapanlagi Plus - Pemerintah resmi meluncurkan Rencana Aksi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (RAN PAUD HI) 2020-2024, Kamis (24/6/2021).

Peluncuran RAN PAUD HI dilakukan secara simbolik oleh perwakilan dari lima kementrian, yakni Kemenko PMK, Kemendikbud, Kementrian PPN/Bappenas, Kemendagri, dan KemenPPA.

RAN PAUD HI merupakan wujud komitmen Pemerintah dalam menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden No.60 Tahun 2013 tentang PAUD Holistik Integratif.

1. Harus Dapat Perhatian Besar

Menurut Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri, periode anak usia dini sangat krusial bagi masa depan dan harus mendapat prioritas besar.

"Anak usia dini merupakan periode pertama dan utama serta sangat penting dalam siklus kehidupan manusia yang harus mendapatkan perhatian besar dari keluarga, pemerintah dan masyarakat. Investasi anak usia dini harus diprioritaskan," ujar Femmy Eka Kartika Putri.

2.

Dr. Ir. Subandi MSC - bappenas.go.idDr. Ir. Subandi MSC - bappenas.go.id

Dengan RAN PAUD HI, pemerintah berharap bisa membentuk anak yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia agar Indonesia memiliki generasi berkualitas dan memiliki daya saing.

"Semoga yang kita lakukan bisa meningkatkan kualitas anak anak kita yang berdaya saing," kata Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Bappenas Dr. Ir. Subandi MSC.

(kpl/dan/ums)

Reporter:

Dadan Deva



MORE STORIES




REKOMENDASI