Viral Meme Biawak Raksasa Panjat Pagar, Apa Beda Biawak dan Komodo?

Sabtu, 06 Juli 2019 13:20 Penulis: Rezka Aulia
Viral Meme Biawak Raksasa Panjat Pagar, Apa Beda Biawak dan Komodo?
© Twitter/mmademoiseIIe - live science


Kapanlagi Plus - Lini masa KLovers saat ini mungkin sedang 'diteror' oleh meme biawak raksasa yang memanjat pagar. Seekor kadal raksasa terlihat memanjat pagar. Usut punya usut kejadian unik ini terjadi di Distrik Batu Pahat, Johor, Malaysia.

Kejadian ngeri ini malah menjadi meme di media sosial yang mengocok perut. Kreativitas netizen Indonesia dalam 'menyulap' si biawak menjadi tukang antar paket, penjual abate, sampai ajakan bermain patut diacungi jempol.

Besarnya biawak dalam meme itu sempat membuat banyak netizen mengira ini adalah seekor komodo. Pasalnya dua jenis reptil ini sekilas terlihat sama-sama menakutkan kan? Lantas apa yang membedakan biawak dan komodo?

1. Satu Genus

Sama-sama dikategorikan sebagai reptil, biawak dan komodo memang berbagi genus Varanus dalam klasifikasi genetiknya. Dua jenis reptil ini memiliki beberapa kesamaan dalam segi fisik. Secara umum bentuk tubuh, kerangka, gigi bahkan sistem organ biawak dan komodo hampir sama.

Namun tak banyak biawak yang bisa memiliki tubuh sebesar komodo. Kulit Komodo juga lebih tebal dan kasar dibanding biawak. Lebih dari itu, Komodo memiliki racun yang cukup mematikan di liur mereka. Komodo sebagai hewan purba yang masih tersisa hingga saat ini memang menempati posisi predator dalam rantai makanan.

2. Perbedaan

Satu hal utama yang membedakan Komodo dan Biawak selain tampilan kulit dan racun adalah habitat. Hingga saat ini komodo hanya ada dan hidup bebas di kawasan Pulau Komodo, NTT. Beberapa ekor Komodo mungkin ada di kebun binatang di beberapa wilayah, namun mereka hidup dalam pengawasan ketat dan dilindungi secara hukum.

Biawak sendiri persebarannya cukup merata, hampir ada di seluruh dunia. Mulai dari Afrika, China, Jepang, Asia Tenggara sampai di benua Amerika pun menjadi tempat berkembang Biawak.

 

3. Pemanfaatan

Bahkan beberapa orang menjadikan biawak sebagai hewan peliharaan secara bebas. Ada juga yang menangkarkan biawak untuk dimanfaatkan kulitnya sebagai bahan tekstil, organ dalamnya sebagai obat, bahkan di Vietnam biawak juga dikonsumsi.

Jangan harap melakukan hal serupa pada komodo. Karena menyelundupkan komodo keluar Taman Nasional Pulau Komodo bisa dikenakan pasal yang cukup serius! Sekarang KLovers tau kan bedanya biawak dan komodo? Jangan salah lagi ya!

 

(kpl/rna)

Editor:

Rezka Aulia



MORE STORIES




REKOMENDASI