Vitamin Adalah Zat Gizi Penting Bagi Tubuh, Ketahui Bentuk, Jenis dan Takarannya

Kamis, 09 September 2021 13:33 Penulis: Dhia Amira
Vitamin Adalah Zat Gizi Penting Bagi Tubuh, Ketahui Bentuk, Jenis dan Takarannya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Vitamin adalah sebuah zat gizi penting bagi tubuh. Vitamin menjadi sebuah asupan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh agar tetap sehat. Ada banyak sekali jenis dan bentuk vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Namun, vitamin dan suplemen merupakan bentuk yang berbeda ya KLovers. Vitamin sudah pasti suplemen, tetapi tidak semua suplemen adalah vitamin.

Zat gizi ini tergolong sebagai mikronutrien atau zat gizi mikro, yang berarti tubuh memerlukannya dalam jumlah sedikit. Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat membentuk vitamin sendiri ataupun menyimpan cadangannya. Itulah mengapa kita harus mendapatkan asupan vitamin dari makanan yang kaya akan zat gizi.

Namun kalian juga harus memahami apa sih sebenarnya vitamin itu? Apa saja jenisnya? Dan bagaimana kadar dari vitamin yang baik untuk tubuh. Untuk itu berikut itu pengertian vitamin yang telah dilansir dari berbagai sumber. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Pengertian Vitamin

Untuk yang pertama yaitu ada pengertian dari vitamin, ya vitamin adalah nutrisi tambahan yang diperlukan bagi tubuh untuk bisa menunjang kinerja tubuh. Umumnya, vitamin berasal dari makanan dan buah-buahan yang bersifat organik.

Tubuh manusia tentu saja membutuhkan vitamin, hal ini dikarenakan tubuh tidak memiliki asupan sendiri untuk sebuah vitamin, sehingga kita tetap membutuhkan vitamin sebagai nutrisi tambahan. Vitamin yang berbeda diperoleh dari jenis makanan yang berbeda pula.

Vitamin memang memegang peranan penting bagi tubuh, tetapi kalian tidak membutuhkan vitamin dalam jumlah yang terlalu banyak setiap harinya. Semua itu tergantung dengan takaran yang dibutuhkan tubuh kalian, bahkan ada beberapa vitamin yang tak perlu dikonsumsi setiap hari.

 

2. Bentuk Vitamin

Sebenarnya vitamin hanya dibedakan menjadi 2 bagian, ada vitamin larut air dan vitamin larut lemak. Namun hal ini tentu harus kalian pahami ya KLovers. Dan berikut ini beberapa bentuk vitamin larut air dan vitamin yang larut lemak tersebut:

1. Vitamin larut air

Untuk jenis vitamin larut air, semua jenis vitamin ini tergolong larut pada air. Jenis vitamin tersebut seperti, vitamin C dan B kompleks
(vitamin B1, B6, dan B12). Jenis vitamin ini harus terurai dalam air terlebih dulu agar dapat diserap dan digunakan oleh tubuh.

Namun perlu diingat ya KLovers, tubuh tidak bisa menyimpan kelebihan vitamin larut air. Jika jumlahnya berlebih, maka tubuh akan membuangnya lewat sistem ekskresi, terutama melalui urine. Kelebihan asupan vitamin larut air juga bisa menyebabkan keracunan, namun untuk risiko ini lebih kecil.

Sehingga kalian harus mendapatkan asupan vitamin larut air setiap hari dengan jumlah yang sesuai. Kalian bisa menemukan vitamin ini dalam makanan sehari-hari serta suplemen bila diperlukan.

 

3. Jenis Vitamin dan Manfaatnya

Ada berbagai jenis vitamin dalam tubuh, beserta dengan manfaat yang bisa kalian dapatkan. Dan berikut ini beberapa jenis vitamin beserta dengan manfaatnya yang bisa kalian ketahui:

1. Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin ini membantu mata untuk melihat dalam cahaya yang redup dan membedakan warna benda. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu sistem imun melawan infeksi.

Makanan sumber vitamin A biasanya identik dengan wortel. Padahal, Anda juga bisa menemukan vitamin ini dalam hati sapi, udang, telur, dan ikan. Beberapa produk seperti mentega, keju, dan susu kadang juga diperkaya dengan vitamin A.

2. Vitamin D

Selain itu ada pula vitamin D atau biasa disebut dengan kalsiferol. Vitamin ini berfungsi mempertahankan jumlah fosfor dan kalsium darah guna menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan penyakit rakitis pada anak-anak dan osteomalasia pada orang dewasa.

Ada banyak cara untuk mendapatkan vitamin D, kalian bisa mendapatkan vitamin D cukup dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain itu, vitamin D juga terkandung dalam ikan berlemak seperti salmon, tuna, tenggiri, daging merah, hati, dan masih banyak lagi jenis makanan yang mengandung vitamin D.

3. Vitamin E

Kemudian ada pula jenis vitamin E yang sangat diperlukan tubuh. Sebagai antioksidan, fungsi vitamin E yaitu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin ini juga memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan melindungi vitamin A dari molekul tertentu yang bisa merusaknya.

Makanan kaya vitamin E sangat beragam, di antaranya ada minyak nabati, margarin, bulir biji utuh, dan mata gandum. Beberapa jenis sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, serta biji-bijian seperti kuaci juga mengandung vitamin ini.

4. Vitamin K

Bagi tubuh, vitamin K memang sangat diperlukan dengan baik. Tubuh membutuhkan vitamin K untuk mengaktifkan protein dan kalsium yang penting dalam proses pembekuan darah. Beberapa penelitian lain menemukan bahwa, vitamin K berpotensi menjaga kesehatan tulang dan mencegah patah pinggul.

Makanan yang kaya akan vitamin K antara lain sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, dan bayam. Tak hanya itu, kalian juga bisa mendapatkan asupan vitamin K dari minyak nabati dan biji-bijian serealia seperti gandum, barley, dan sorgum.

5. Vitamin C

Untuk vitamin jenis ini bukan menjadi sebuah hal yang baru untuk kalian. Ada banyak manfaat vitamin C, antara lain melawan efek radikal bebas, menjaga kesehatan pembuluh darah dan tulang, membantu penyembuhan luka, serta meningkatkan produksi kolagen.

Sumber terbaik vitamin C yaitu buah-buahan sitrus, tomat, stroberi, serta jambu biji. Ada pula beberapa jenis sayuran yang kaya vitamin C, seperti paprika, brokoli, bayam, dan brussels sprouts.

6. Vitamin B Kompleks

Dan jenis vitamin yang terakhir yaitu ada vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks merupakan fondasi dari tubuh yang sehat. Zat gizi ini berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan psikis, fungsi otak, perubahan energi di dalam sel tubuh, hingga ketahanan tubuh kalian dalam melawan penyakit. Namun Vitamin B Kompleks juga memiliki manfaat sesuai dengan jenisnya.

Vitamin B1 untuk kesehatan rambut, kulit, otot, otak, dan sel-sel saraf. Vitamin B2 untuk membentuk sel darah merah dan melakukan fungsi yang sama dengan vitamin B1. Kemudian, vitamin B3 untuk membantu proses pencernaan, menjaga kesehatan kulit dan saraf, serta mengubah makanan menjadi energi. Kemudian ada pula vitamin B5 yang membantu membentuk energi, lemak, zat kimia otak, hormon steroid, dan hemoglobin.

Lalu ada vitamin B6 yang membantu pengaturan mood dan siklus tidur, menjaga fungsi otak, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin B7 membentuk energi dan glukosa, menguraikan asam lemak, serta menjaga kesehatan tulang dan rambut. Dan terakhir ada vitamin B12 untuk melindungi sel saraf serta membantu membentuk sel-sel baru, sel darah, dan DNA.

4. Takaran dalam Vitamin

Dan yang terakhir yaitu ada takaran untuk sebuah vitamin. Takaran dalam vitamin sesuai dengan jenis dan kebutuhannya bagi tubuh. Jadi tidak boleh berlebihan ataupun kekurangan. Dan berikut ini beberapa takaran dalam vitamin yang bisa kalian konsumsi yang dilansir dari alodokter.com:

1. Vitamin A membutuhkan sekitar sekitar 0,5-0,6 mg per hari.

2. Vitamin B1 membutuhkan sekitar sekitar 1,1-1,5 mg per hari.

3. Vitamin B2 membutuhkan sekitar sekitar 1,0-1,6 mg per hari.

4. Vitamin B3 membutuhkan sekitar sekitar 10-15 mg per hari.

5. Vitamin B5 membutuhkan sekitar sekitar 5-6 mg per hari.

6. Vitamin B6 membutuhkan sekitar sekitar 1,2-1,7 mg per hari.

7. Vitamin B7 membutuhkan sekitar sekitar 0,02-0,03 mg per hari.

8. Vitamin B9 membutuhkan sekitar sekitar 0,4-0,6 mg per hari.

9. Vitamin B12 membutuhkan sekitar sekitar 1,8-2,4 mcg per hari.

10. Vitamin C membutuhkan sekitar sekitar 50-90 mg per hari.

11. Vitamin D membutuhkan sekitar sekitar 15-20 mikrogram per hari.

12. Vitamin E membutuhkan sekitar sekitar 11-15 mikrogram per hari.

13. Vitamin K membutuhkan sekitar sekitar 35-65 mikrogram per hari.

Vitamin adalah sebuah sumber gizi yang baik untuk tubuh, namun kalian juga perlu memahami jenis dan takarannya agar tidak salah dalam mengonsumsi vitamin.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI