Website Adalah Sekumpulan Halaman Web yang Terhubung Internet, Pahami Fungsi dan Cara Mengaksesnya

Selasa, 02 Februari 2021 09:44
Website Adalah Sekumpulan Halaman Web yang Terhubung Internet, Pahami Fungsi dan Cara Mengaksesnya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kemajuan teknologi informasi telah berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan teknologi tersebut semakin didukung dengan munculnya internet. Tak bisa dipungkiri, internet memang membawa banyak hal baru, salah satunya munculnya istilah-istilah baru seperti website. Secara umum, website adalah pusat laman yang terhubung dengan internet.

Di era yang serba digital seperti saat ini, website adalah istilah yang sudah tidak asing lagi. Istilah website sudah biasa disebutkan dan dipakai di keseharian. Website yang mengandung sejumlah informasi juga banyak diakses masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, website berita yang diakses untuk mengakses informasi.

Selain penjelasan singkat di atas, masih ada hal-hal penting lain mengenai website yang perlu diketahui. Apa sajakah itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan mendalam mengenai pengertian dari website.

1. Pengertian Website Adalah

Nama lain dari website adalah situs. Website juga sering kali diartikan sebagai sekumpulan halaman web yang saling terhubung dengan suatu domain yang diakses menggunakan browser. Website atau web juga dikenal dengan istilah World Wide Web. Saat ini website menjadi salah satu bagian penting dan besar dari teknologi internet.

Pada dasarnya, website adalah sistem server internet yang dapat memuat dokumen dengan format khusus, dalam bahasa markup yang disebut HTML HyperText Markup Language). Format ini dapat digunakan untuk didukung jenis dokumen lain, serta filegrafik, audio, dan video dalam bentuk tautan.

Pada era digital saat ini, website dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan. Oleh karena itu, dalam praktiknya website bisa dikelola oleh individu atau kelompok organisasi untuk berbagai kepentingan dan tujuan, misal untuk bisnis, pendidikan, dan sebagainya. Kini, website juga diketahui mempunyai banyak variasi, di antaranya situs pendidikan, situs berita, forum, situs media sosial, situs e-commerce, dan sebagainya.

2. Fungsi Website

Website adalah bagian terpenting dalam pemanfaatan teknologi internet. Website digunakan sesuai dengan kebutuhan, kepentingan, dan tujuan pengelolanya. Suatu website bisa difungsikan untuk berbagai kebutuhan, seperti situs pendidikan, situs berita, forum, situs media sosial, situs e-commerce, dan lainnya. Fitur-fitur dalam website juga bisa diatur oleh pengelola, untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari pembuatan website. 

3. Apa Itu Domain?

Dalam bagian pengertian website, sempat disinggung istilah domain. Lantas, apa itu domain? Seberapa penting keberadaan domain dalam website? Sekilas, domain merupakan alamat sebuah situs atau website. Bentuk dasar dari domain adalah angka-angka yang sering disebut dengan alamat IP. Namun, pada akhirnya domain lebih menggunakan kata-kata yang lebih mudah diingat, dibandingkan harus menghapalkan suatu deretan angka.

Seorang pengelola website bebas dalam memilih dan menggunakan suatu domain yang diinginkan. Contoh dari domain antara lain .com, .edu, .co.id, .gov, .org dan sebagainya. Namun, ada beberapa domain yang bersifat khusus yang mengharuskan adanya izin khusus saat akan menggunakannya, misalnya edu, .gov, .go.id dan berbagai ekstensi penting lainnya.

4. Cara Mengakses Website

Website adalah sekumpulan halaman web yang menggunakan bahasa HTML. Artinya, untuk mengakses dokumen atau informasi lainnya dalam website, hanya bisa dilakukan dalam jaringan internet. Penggunaan bahasa HTML membuat pengguna dapat mengakses suatu web melalui link khusus. Pasalnya suatu web biasanya menggunakan protokol HTTP untuk mengirimkan data dan berbagi informasi.

Selain itu cara untuk mengakses website adalah dengan memanfaatkan aplikasi browser, seperti Internet Explorer, Google Chrome atau Mozilla Firefox. Melalui aplikasi browser yang terhubung link, pengguna dapat megakses halaman dan dokumen web.

Caranya dengan membuka apllikasi browser, kemudian mengetikkan alamat situs web dengan memasukkan URL pada kolom alamat situs di bagian atas. Namun, apabila alamat atau URL dari website yang akan diakses belum diketahui, kita bisa menemukannya dengan menggunakan mesin pencarian di internet.

5. Jenis-Jenis Website

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat ini website adalah hal yang cukup umum digunakan. Pemanfaatan website sudah dilakukan secara maksimal untuk berbagai kebutuhan dan kepentingan. Bahkan, hingga saat ini jumlah website di internet sudah tak terhitung lagi.

Seiring perkembangannya website juga diketahui mempunyai beragam jenis, berdasarkan kegunaannya. Misalnya website yang berupa forum, email web, blog, mesin pencari, dan sebagainya. Selain itu berdasarkan pemanfaatan atau tujuan pembuatannya, website juga dibedakan menjadi beberapa golongan, seperti website berita, pendidikan, e-commerce, pemerintahan, dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah di antaranya ulasan mengenai website adalah sekumpulan halaman web yang terhubung dalam jejaring internet. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI