Wibu Adalah: Beserta Ciri dan Bedanya dengan Otaku

Rabu, 08 September 2021 12:55 Penulis: Dhia Amira
Wibu Adalah: Beserta Ciri dan Bedanya dengan Otaku
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Mungkin istilah wibu bukan menjadi hal yang asing lagi bagi kita yang tinggal di Indonesia. Namun masih banyak yang belum bisa membedakan perbedaan wibu dan otaku. Padahal wibu sendiri memiliki arti yang berbeda loh dari otaku. Wibu adalah orang yang terbosesi dengan budaya Jepang berlebihan. Namun hal ini tentu akan kita jelaskan lebih dalam lagi di bawah ya KLovers.

Apa sih arti wibu sebenarnya, dan bagaimana seseorang sudah digolongkan sebagai wibu. Bahkan ada ciri-ciri yang nyata bisa menunjukkan bahwa seseorang itu merupakan seorang wibu. Tak hanya itu saja, kita akan membedakan apa bedanya seorang wibu dan otaku. Nah untuk itu dilansir dari berbagai sumber, pengertian wibu beserta ciri dan perbedaan dengan otaku. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Apa Itu Wibu?

Wibu bila diucapkan dalam dalam bahasa Inggris yaitu, Weeaboo dan dalam bahasa Jepang Wannabe, merupakan sebuah istilah yang sering ditujukan kepada mereka yang menyukai budaya Jepang secara berlebihan. Kendati demikian wibu sendiri bisa berkaitan dengan lagu-lagu Jepang, idol dari Jepang, penampilan ala Jepang, kebiasaan menggunakan bahasa Jepang, dan lain sebagainya.

Mereka yang seorang wibu biasanya sering menggunakan unsur Jepang dalam kehidupan sehari-harinya meskipun masih belum tinggal di Jepang. Misalnya saja, mereka memakai style Jepang atau menggunakan unsur bahasa Jepang. Hal ini juga datang pada obsesi wibu yang muncul dari anime Jepang favoritnya, di mana pada akhirnya akan menjadi sebuah stereotipe.

 

 

2. Tanda Menjadi Seorang Wibu

Bagaimana sih seseorang bisa mendapatkan gelar atau tanda sebagai seorang wibu? Dalam praktiknya, seseorang bisa dikatakan sebagai wibu apabila dirinya sering mempublikasikan tentang budaya Jepang, menggunakan pakaian ala Jepang, serta selalu membahas apapun yang berbau Jepang.

Bahkan yang lebih parah sampai menggunakan aksen berbicara ala Jepang. Kemudian, ada juga seseorang yang disebut sebagai wibu karena orang tersebut tidak peduli dengan budaya sendiri, lebih sering berkumpul dengan komunitas Jepang, suka menyendiri serta anti sosial.

Di sisi lain, gelar wibu tersebut juga diberikan pada seseorang yang menyukai lagu-lagu Jepang, idol dari Jepang, berpenampilan ala Jepang, dan hal lain sebagainya yang berkaitan dengan Anime Jepang. Walaupun sering dicap negatif oleh lingkungan, wibu juga masih ada yang menjunjung tinggi hal-hal berbau Indonesia loh KLovers.

 

 

3. Ciri-ciri Wibu

Kemudian ada pula ciri-ciri wibu yang bisa kalian ketahui. Ya, wibu adalah seseorang yang mencintai budaya Jepang, sehingga akan terlihat bagaimana orang tersebut bisa dikatakan sebagai seorang wibu. Dan berikut beberapa ciri-ciri wibu tersebut:

1. Memiliki obsesi lebih dengan Jepang

Ciri-ciri pertama wibu adalah memiliki obsesi lebih dengan hal yang berbau Jepang. Wibu umumnya menganggap seluruh kehidupan yang ada di Jepang adalah hal keren dan lebih unggul dari budaya mana pun, bahkan jika dibandingkan budayanya sendiri.


2. Meniru perilaku orang Jepang

Masih dalam hal serupa, karena obsesinya membuat seorang wibu sering meniru perilaku orang Jepang. Mereka akan mencoba meniru bagaimana gaya hidup orang Jepang. Mulai dari pilihan kata, sikap, serta perilaku, mereka akan menjadikan gaya hidup orang Jepang sebagai panduan.


3. Menyisipkan bahasa Jepang

Ya, karena kecintaan mereka pada dunia Jepang, membuat wibu sering meniru gaya berbicara atau menulis dengan menyisipkan bahasa Jepang dalam setiap kesempatan. Contohnya seperti kata "Ohayo", "Sumimasen", "Nani", atau "Gomen" akan mungkin akan sering terdengar dari mulut mereka.


4. Punya pacar khayalan

Hal ini tentu akan menjadi sebuah point yang banyak diketahui orang. Ya, biasanya wibu akan memiliki pacar khayalan. Bahkan wibu banyak yang memiliki pacar khayalan. Bentuk pacar khayalan wibu biasanya seperti karakter anime atau karakter game.

 

 

4. Perbedaan Wibu dan Otaku

Dan sebenarnya adakah perbedaan antara wibu serta otaku? Sebenarnya, istilah otaku di Jepang ditujukan untuk orang-orang yang hanya fanatik pada anime Jepang. Pasalnya pada tahun 90-an, seseorang yang mendapat julukan otaku adalah orang yang hanya menekuni salah satu hobi atau bidang, hal ini sama seperti pengertian "Geek" dalam dunia barat.

Ya, geek menjadi sebuah ungkapan bagi mereka yang gila akan teknologi atau dunia game. Sehingga bisa dikatakan bahwa otaku dan geek menjadi sebuah ungkapan yang sama untuk seseorang yang menekuni sesuatu dengan berlebih. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, istilah otaku ditujukan sebagai hinaan dan diskriminasi.

Sedangkan otaku memiliki arti yang berbeda dengan wibu. Wibu adalah julukan untuk seseorang yang fanatik bukan hanya dengan anime, namun juga fanatik dengan segala hal berbau Jepang. Bila Otaku hanya untuk mereka yang fanatik dengan dunia anime, seperti buku komik dan tontonan serial anime.

 

 

5. Apa Itu Waifu dan Husbando

Setelah mengetahui pengertian wibu, maka kalian perlu mengetahui istilah dalam dunia wibu. Ya, istilah dalam dunia wibu adalah waifu dan husbando. Istilah ini diplesetkan dari bahasa Inggris yaitu, wife, yang memiliki arti istri.

Sama seperti istilah waifu, husbando juga merupakan kata husband yang memiliki arti suami. Dua hal itu menjadi istilah atau panggilan untuk mereka yang memiliki pasangan khayalan di dunia wibu.

Wibu adalah orang yang terobsesi dengan budaya Jepang berlebihan, dan menjadi sebuah istilah negatif yang saat ini tertanam. Namun meski begitu, kita tetap harus menghargai setiap pilihan dan kesukaan seseorang ya KLovers. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi sebuah ilmu baru untuk kalian.

 

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI