8 Wisata Kuliner Khas Bali yang Wajib Dicoba Minimal Sekali Seumur Hidup

Senin, 13 Januari 2020 19:48 Penulis: Iwan Tantomi
8 Wisata Kuliner Khas Bali yang Wajib Dicoba Minimal Sekali Seumur Hidup
©Shutterstock

Kapanlagi Plus - Bali memang nggak ada matinya soal pariwisata. Apalagi ada banyak sekali opsi wisata di Bali yang bisa kamu pilih. Ingin menghirup udara segar dan menikmati indahnya pemandangan hijau, Bali punya sawah-sawah berundak atau terasiring dengan subak yang sudah diakui sebagai warisan tak benda oleh UNESCO.

Selain itu, Bali juga memiliki berbagai tujuan wisata alam berupa pemandangan perbukitan hingga gunung, yang tersebar di seantero pulau. Sebut saja gunung Batur dan gunung Agung yang menjadi favorit pendaki, karena bisa menikmati panorama matahari terbit yang begitu ciamik.

Ada juga pantai-pantai eksotis Bali yang sudah tak perlu diragukan lagi pamornya. Bahkan, berulang kali pelaku wisata internasional mendaulat pantai-pantai di Bali sebagai salah satu yang terindah di dunia. Menariknya, Bali bukan saja terkenal karena wisata alamnya. Bali juga dikenal sebagai salah satu surga kuliner, di samping budayanya yang masih lestari.

Setidaknya, beberapa wisata kuliner khas Bali ini wajib kamu coba minimal sekali seumur hidup, karena kelezatannya yang begitu menggugah selera. Penasaran apa saja? Berikut daftar kuliner khas Bali selengkapnya.

1. Sate Plecing Sapi Arjuna

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Bosan makan sate yang gitu-gitu aja, coba datang dan makan langsung nikmati sate plecing. Bukan hanya khas tetapi benar-benar menumbuhkan selera makan. Salah satu sate plecing sapi yang bisa kamu coba adalah Sate Plecing Sapi Arjuna.

Kombinasi rasa manis, empuk dan gurihnya begitu terasa. Rasanya pun makin mantap dengan tambahan bumbu plecing yang pedas, serta sepiring nasi putih yang panas. Selain itu, sate plecing Arjuna juga menjual sate babi yang cukup difavoritkan banyak wisatawan.

2. Bebek Betutu Gilimanuk

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Bukan hanya ayam yang bisa diolah menjadi betutu. Bali juga punya kuliner khas berbahan dasar bebek, bernama Bebek Betutu. Kuliner yang berasal dari Gilimanuk itu pun nggak boleh sampai kelewatan disantap saat liburan ke Bali.

Pasalnya, bebek betutunya begitu lembut dan tak bau amis. Paling penting lagi, rasa rempahnya begitu nikmat dengan citarasa pedas yang begitu menggugah selera untuk cepat-cepat makan.

Salah satu tempat makan bebek betutu yang bisa kamu kunjungi adalah Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Tenang, ayam bukan satu-satunya hidangan di rumah makan tersebut, justru bebek betutunya yang super lezat wajib banget kamu coba.

Seporsi bebek betutu yang kamu pesan, bakal disajikan dengan nasi, bebek betutu, plecing kangkung, kacang tanah, juga sambal matah khas Bali yang siap bikin kamu tambah sepiring lagi.

3. Nasi Pedas Bali Ibu Andika

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Lokasi yang nyaman buat berlibur, memang lebih pas untuk menyantap beragam hidangan pedas di Bali. Salah satu hidangan khas yang nggak boleh sampai kamu lewatkan adalah Nasi Pedas Bali Ibu Andika. Ada banyak lauk yang bisa kamu pilih langsung, seperti olahan ayam, jerohan, babat, hingga lawar.

Hampir sebagian besar menunya berasa pedas. Namun, jika kamu ingin merasakan sensasi pedas yang lebih nampol lagi, jangan lupa untuk menikmati sambalnya. Dijamin kamu bakal dibikin nagih dan pengin makan lagi dan lagi.

4. Warung Nasi Bali Men Wati

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Nama Men Wati bukan saja populer, tetapi begitu melegenda di dunia wisata kuliner khas Bali. Saat kamu liburan ke Bali, wajib banget rasanya untuk berkunjung dan datang langsung ke sana. Warungnya tampak sederhana, tetapi hampir selalu banjir pengunjung yang ingin mencoba kelezatannya.

Seporsi Nasi Bali Men Wati biasanya berisi sayur urap Bali, ayam betutu, pindang sambal tomat, sambal matah, telur pindang, hingga keripik kulit ayam yang bikin makan makin lahap. Dengan kelezatan yang terus dipertahankan oleh pemiliknya, nggak heran jika nasi Bali Men Wati kerap habis dengan cepat.

5. Warung Sop Kepala Ikan Mak Beng

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Di Bali nama Warung Mak Beng begitu terkenal, hingga menjadi salah satu kuliner hits. Salah satu menu khas Bali yang wajib banget dicoba di Warung Mak Beng adalah sop kepala ikan. Sajian tersebut diramu dengan bumbu kuning khas Bali, sehingga menjadikan citarasa dari sop kepala ikan nggak hanya berbeda, tetapi benar-benar lezat tiada tara.

Selain sop kepala ikan, di Warung Mak Beng juga terkenal Ikan Goreng yang begitu empuk, tak bau amis, serta kaya rempah dengan jeruk nipis yang menyempurnakan kelezatannya. Semua menu tersebut tersaji sempurna dengan paket sop kepala ikan, ikan goreng, nasi juga sambal spesial ala Mak Beng. Tak heran jika warung yang sudah ada sejak 1941 ini begitu banjir pembeli.

6. Nasi Ayam Betutu Bu Oki

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Ayam betutu menjadi salah satu menu khas Bali yang wajib dicoba, setidaknya sekali seumur hidup saat liburan ke sana. Salah satu nasi ayam betutu yang rasanya nendang abis adalah Nasi Ayam Betutu Bu Oki.

Rasa rempah-rempahnya begitu nampol di lidah. Begitu juga dengan rasa pedasnya yang siap bikin kamu puas menikmati sajian ayam betutu di Warung Bu Oki. Baik makan di tempat maupun dibungkus, porsi nasi ayam betutu di Warung Bu Oki sanggup bikin kamu kenyang.

7. Warung Lawar Kuwir Bu Wit

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Banyak makanan khas Bali, terutama makanan tradisional yang bertahan hingga sekarang berbahan dasar sayur-sayuran, seperti lawar. Makanan ini sendiri biasanya diramu dengan rempah-rempah khas Bali, dan dicampur dengan daging cincang.

Salah satu tempat kuliner lawar yang enak dan wajib banget kamu coba saat di Bali adalah Warung Lawar Kuwir Bu Wit. Lawar di sana salah satu favorit di Bali. Biasanya orang Bali suka makan lawar dengan tambahan daging Babi, tetapi di Warung Lawar Kuwir Bu Wit kamu bisa memilih lawar kuwir yang dicampur daging bebek.

8. Nasi Campur Ayam Kedewetan

Ilustrasi ©ShutterstockIlustrasi ©Shutterstock

Bali terkenal dengan nasi campur yang begitu lezat. Salah satunya yang wajib banget dicoba adalah Nasi Campur Ayam Kedewetan Ibu Mangku. Nasi campur ayam di sini sangat enak, hingga kamu harus rela antre untuk menikmati seporsinya. Uniknya, Nasi Campur Ayam Kedewetan Ibu Mangku ini sudah ada sejak 1962 lho.

Seporsi nasi campur yang dibeli di sana, berisikan nasi putih, ayam dengan bumbu garang asem atau betutu yang bisa dipilih sesuai selera. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan ayam suwir, pepes ayam urap, oseng ati ampela, kacang goreng, sayur buncis potong, telur, hingga yang nggak sampai ketinggalan adalah sate lilit ayam yang begitu bisa menggoyang lidah karena kelezatannya.

Dari kedelapan wisata kuliner khas Bali tersebut adakah yang sudah pernah kamu coba? Citarasanya yang menggoda, kadang memang membuat ragam kuliner tersebut bikin nagih dan ingin makan berulang kali. Bahkan, meski sudah mencobanya lebih dari sekali, makanan-makanan tersebut dirindukan setiap kali datang ke Bali. 

Sementara buat kamu yang belum pernah mencobanya, tenang, masih ada kesempatan untuk merasakan kelezatan dari makanan tersebut satu per satu. Tinggal sekarang mulai menabung, agar rencana liburan dan wisata kuliner khas Bali bisa kesampaian.

 

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI