10 Cara Alami Menggemukan Badan, Gak Perlu Minder Lagi Sama Badan Kurus!

Senin, 24 Juni 2019 14:10 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Cara Alami Menggemukan Badan, Gak Perlu Minder Lagi Sama Badan Kurus!
Ilustrasi cara menggemukan badan (credit: shutterstock).

Kapanlagi Plus - Hai, KLovers! Kali ini kita akan mencari tahu gimana sih caranya menggemukkan badan secara alami. Pastinya banyak orang yang kurang puas dengan bentuk tubuh mereka. Hal itu wajar, ada yang kurang percaya diri dengan tubuhnya yang dia piker terlalu gendut dan sebaliknya. Bahkan, ada banyak orang yang memang susah untuk menggemukan badan. Nah, untuk kamu yang ingin menggemukan berat badan tapi tetap memakai cara yang alami, coba cara-cara di bawah ini, yuk!


1. Makan makanan yang bernutrisi tinggi


Untuk menggemukan berat badan, bukan berarti kamu harus selalu memakan makanan yang berlemak dan berkalori tinggi. Seperti yang dilansir dari fimela.com, malah kamu sebaiknya memakan banyak buah, sayur, dan kacang-kacangan yang tinggi akan nutrisi.


2. Mengatur pola makan


Nah, selain memakan makanan yang tinggi akan nutrisi, untuk menggemukan berat badanmu secara alami kamu harus makan lebih sering, ya, KLovers! Bukan berarti kamu harus memperbanyak porsi makanmu saat makan tiga kali sehari, tapi kamu dapat mengatur polanya dengan cara seperti makan lima sampai enam kali dalam sehari. Namun, dalam porsi kecil saja.


3. Minum jus atau smoothies


Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, untuk menggemukan berat badan kamu dapat mengkonsumsi banyak makanan bernutrisi tinggi seperti sayur dan buah. Kamu dapat melakukannya dengan cara membuat sayur atau buah menjadi jus maupun smoothies. Agar lebih nikmat, tambahkan susu atau yogurt saat membuatnya untuk dikonsumsi saat sarapan.


4. Tidak minum terlalu banyak sebelum makan


Minum air putih sebelum makan akan membuat perut kenyang, cara ini biasa dilakukan orang yang berdiet untuk menurunkan berat badan. Nah, ini berarti, untuk menggemukan badan, kamu tidak perlu minum banyak sebelum makan. Cukup minum satu sampai dua teguk air putih sebelum makan agar perutmu tidak kenyang duluan, ya , KLovers!


5. Olahraga


Olahraga, bukan hanya dilakukan untuk membuat badan menjadi lebih kurus, lho. Tapi, olahraga juga dapat dilakukan untuk menggemukan badan. Selain itu, juga agar tetap menjaga tubuh yang sehat. Caranya yaitu lakukan olahraga apapun kesukaanmu secara rutin. Setelah lelah berolahraga, nafsu makan pun akan naik dan tubuh cenderung dapat menerima asupan kalori lebih banyak saat makan setelah berolahraga. Mudah bukan?


6. Membatasi latihan kardio


Tetap rutin berolahraga agar tubuh selalu sehat, tapi batasi olahraga jenis kardio, ya, KLovers! Agar dapat menggemukan badan, kamu juga perlu mengurangi olahraga senam aerobik, bersepeda, maupun lari. Bukan berarti kamu tidak olahraga sama sekali, ya. Cukup menguranginya saja agar lemak pada tubuhmu tidak terbakar terlalu banyak.


7. Mengonsumsi kalori dan karbohidrat tambahan


Kalori merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh untuk menggemukan badan. Caranya untuk menambah asupan kalori yaitu dengan makan roti yang ditambahkan keju atau memakan telur yang dikombinasikan dengan sup ayam, atau cara lainnya. Sementara untuk asupan karbohidrat, kamu bisa mendapatkannya dari makanan seperti nasi, kentang, singkong, ubi, gandum, dan tepung.


8. Mengonsumsi cemilan sehat


Untuk kamu yang tidak biasa memakan cemilan setiap hari, agar dapat menggemukan badan, cobalah membiasakan memakan cemilan. Agar tetap sehat, kamu dapat menyediakan buah-buahan di rumah setiap hari agar dapat dimakan saat bersantai di waktu luang. Kamu pun dapat memakan cemilan yang tinggi nutrisi seperti kacang-kacangan. Namun, hindari makanan yang digoreng, ya, KLovers! Biar kadar kolestrolmu tidak naik.


9. Minum banyak air putih


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, minum air putih sebelum makan akan membuat perut kenyang duluan. Namun, bukan berarti kamu tidak minum air sama sekali, lho! Justru jika kekurangan air putih, akan berdampak buruk bagi kesehatan. Menurut riset, 70 persen orang yang memiliki badan kurus ternyata kekurangan cairan. Ini berarti, untuk dapat menggemukan badan, kamu harus tetap minum air putih yang cukup. Air, diperlukan untuk lambung dan usus agar dapat menyerap nutrisi. So, minum air putih yang cukup, ya, KLovers!


10. Memenuhi kebutuhan lemak tubuh


Untuk menggemukan berat badan, pastinya kamu harus memenuhi kebutuhan lemak. Sumber lemak, bisa didapat dari beberapa makanan berikut, seperti minyak sayur, kelapa, ikan, jangung, dan lain-lain. Agar tetap sehat, selalu perhatikan porsinya ya, KLovers! Kalau berlebihan, justru akan berdampak tidak baik bagi kesehatan.


Demikian 10 cara mudah dan alami yang dapat kamu lakukan untuk menggemukan badan. Dengan badan yang lebih berisi, kamu pun akan lebih percaya diri tampil dan melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, karena dengan cara yang alami, kamu pun akan tetap sehat. Selamat mencoba!

 


Penulis: Shahfara Raida Utami

 

 

(kpl/mag/fff)



MORE STORIES




REKOMENDASI