5 Cara Menggemukkan Badan Dengan Susu Yang Tepat, Say Bye Tubuh Kurus!

Sabtu, 22 Juni 2019 11:18 Penulis: Editor KapanLagi.com
5 Cara Menggemukkan Badan Dengan Susu Yang Tepat, Say Bye Tubuh Kurus!
Ilustrasi minum susu (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Nggak cuma kegemukan aja yang seringkali dikeluhkan kebanyakan orang, tubuh yang terlalu kurus pun juga bisa jadi masalah. Jadi sebenernya nggak cuma diet sempurna aja yang diidamkan banyak orang tapi juga tubuh yang berisi dan bentet juga menjadi idaman bagi mereka yang merasa tubuhnya terlalu kurus. Jadi buat kamu yang merasa ingin selalu terlihat kurusan bak bintang korea, mungkin kamu lupa dengan orang-orang di luar sana yang justru envy sama badan kamu sekarang. Hanya sedikit gemuk saja bukan menjadi hal yang besar kan?

Seperti dilansir dari Merdeka.com, sebuah studi ilmu kedokteran mengatakan bahwa orang dewasa dengan badan kurus atau di bawah rata-rata lebih rentan dengan umur yang tidak lama. Nggak hanya itu, studi juga menjelaskan bahwa beberapa penyakit seperti paru-paru, keguguran, anemia, dan gagal jantung bisa terjadi pada orang dengan berat badan di bawah normal. Bukan untuk menakuti, statement ini bisa kamu jadikan peringatan bahwa tubuh yang terlalu kurus itu nggak baik. Gimana, masih mau ngeluh karena mau kurusan terus? Jangan ya guys, mau terlihat gemuk atau tubuh belum kayak artis korea, udah deh yang penting tubuh kamu sehat.

Sebenarnya ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang berbadan kurus. Ada yang kurus karena gen tapi ada juga karena faktor-faktor di bawah ini:

  • Stress
  • Kurang Minum Air Putih
  • Gemar minum-minuman beralkohol
  • Kurang asupan nutrisi

Dari ke empat faktor ini ada beberapa yang berkaitan. Seperti contoh, stress bisa membuat nafsu makan seseorang berkurang sehingga asupan nutrisi untuk tubuh hanya sedikit. Dan biasanya yang dilakukan orang stress adalah menghibur diri seperti minum-minuman beralkohol.

Dari beberapa cara menggemukkan badan yang bisa kamu lakukan, minum susu adalah salah satunya. Karena susu dipercaya dapat secara efektif menggemukkan badan. Dikutip dari hellosehat, penelitian dalam jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine menemukan bahwa minum susu tiga kali sehari mampu menambah asupan protein dan lemak ke dalam tubuh sehingga massa otot dan berat badan jadi bertambah. Banyak sekali orang yang percaya kalau menguruskan badan itu susah, sedangkan naikin berat badan gampang banget. Eits, tak semudah itu juga ya ferguso. Langsung aja di bawah ini adalah 5 cara menggemukkan badan dengan susu.

1. Konsumsi Makanan Olahan Susu

Selain minum susu kamu juga bisa mengonsumsi makanan olahan dari itu sendiri. Misalnya saja yogurt, puding, es krim, dan keju. Semua makanan ini mengandung kalori, lemak, dan protein yang hampir setara dengan susu. Dengan begitu bisa membantu menggemukkan badan kamu. Terutama keju, keju ini mengandung 21 gram protein yang cocok sekali untuk menggemukkan badan. Nah, supaya hasilnya lebih efektif, makan makanan olahan susu ini sebagai camilan. Atau kamu juga bisa mengonsumsinya sebagai makanan penutup.

2. Minum Susu Pagi Hari Sebelum Olahraga

Cara menggemukkan badan dengan susu selanjutnya adalah dengan meminum susu setiap pagi sebelum olahraga. Mengapa demikian? Karena menurut Doktersehat, waktu terbaik untuk mengonsumsi susu adalah di pagi hari karena akan memenuhi kebutuhan energi yang kita butuhkan untuk beraktivitas seharian. Beberapa pakar kesehatan juga memaparkan bahwa tubuh akan jadi fit dan stamina jadi bertambah setelah minum susu di pagi hari.

Apalagi jika susu diminum sebelum olahraga. Kandungan protein dan kalsium nya akan membantu mengembangkan otot dan tulang sehingga badan kamu akan terlihat lebih segar dan berisi jika dilakukan secara rutin.

3. Minum Susu Malam Hari Sebelum Tidur

Waktu yang baik lainnya selain pagi hari untuk mengonsumsi susu adalah ketika malam hari menjelang tidur. Konon kebiasaan ini dapat secara ampuh menaikkan berat badan. Karena kandungan triptofan dalam susu bekerja dengan melepaskan hormon melatonin. Nah hormon inilah yang mencegah kita dari insomnia sehingga kita tidak begadang. Alhasil tidur kita akan jadi nyenyak sampai keesokan harinya.

4. Minum Susu + Makan Camilan Tinggi Kalori

Sebenarnya minum susu saja tidak cukup ampuh untuk menggemukkan badan. Maka dari itu harus diimbangi dengan makanan dengan asupan kalori yang banyak. Seperti dilansir dari hellosehat, Jika kamu minum susu dua gelas setiap harinya itu artinya kamu mengonsumsi 400 sampai 440 kalori dalam sehari. Sedangkan, idealnya kamu harus mampu mengonsumsi sampai dengan 500 kalori dalam sehari. Untuk itu kamu membutuhkan asupan camilan dengan kadar kalori tinggi misalnya saja buah-buahan seperti alpukat atau buah pisang.

5. Target Kenaikan Berat Badan dan Jangan Berlebihan

Cara menggemukkan badan dengan susu ini sangat penting diperhatikan. Walaupun memang khasiat susu sangat baik untuk menggemukkan badan tetapi tetap ada batasan untuk mengonsumsinya. Karena jika berlebihan akan menimbulkan efek samping seperti diabetes dan liver. Jika kamu mengonsumsi susu tiga gelas sehari artinya kamu mengonsumsi 51 gr gula sedangkan normalnya kamu hanya dapat mendapat asupan 50 gr gula per harinya. Apa jadinya jika lebih dari 4 gelas sehari? Pasti akan lebih buruk lagi akibatnya.

Nah, itulah makanya supaya aman targetkan kenaikan berat badan 0.5 kg per minggu nya. Menurut hellosehat, itu sudah sangat normal. Caranya yaitu dengan minum dua gelas susu setiap harinya pagi dan malam hari. Kemudian untuk selebihnya bisa kamu tambahkan dengan asupan makanan olahan susu atau camilan berkalori dan berprotein lainnya. Selamat mencoba guys, good luck!

 

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI