15 Cara Menggemukan Badan Anak Dengan Memberi Makanan Yang Tetap Sehat Dan Aman

Sabtu, 15 Juni 2019 10:15 Penulis: Editor KapanLagi.com
15 Cara Menggemukan Badan Anak Dengan Memberi Makanan Yang Tetap Sehat Dan Aman
Ilustrasi Cara Menggemukan Badan Anak (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Orang tua mana yang rela jika anaknya memiliki badan yang terlalu kurus. Setiap anak pasti memiliki tumbuh kembang yang berbeda-beda, ada yang memang dengan mudah mendapatkan badan yang gemuk, ada yang kurang berisi, dan bahkan ada yang terlalu kurus. Anak, sudah sepantasnya mendapatkan makanan yang sehat dan aman agar dapat membantu menjaga kecukupan gizinya dan dapat menaikkan berat badan.


Dilansir dari haibunda.com, berikut beberapa cara menggemukan berat badan anak.


1. Menyiapkan bekal roti dengan selai kacang


Kacang merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dilansir dari hellosehat.com, kacang memiliki kandungan lemak tak jenuh serta protein yang kaya nutrisi, hal ini membuat anak tetap sehat dan kenyang. Sarapan dengan roti dan selai kacang sangat baik untuk anak, apalagi dengan takaran yang sesuai yaitu oleskan dua sendok makan selai kacang pada roti. Agar lebih aman, pilih selai kacang yang terbuat dari bahan organik agar terhindar dari bahan kimiawi berbahaya bagi tubuh anak.


2. Menambahkan butter pada makanan anak


Butter, dilansir dari fimela.com, memiliki kandungan lemak sebesar 80%. Menambahkan butter pada makanan seperti pada tumisan atau olesan roti bisa menjadi alternatif cara menggemukan badan anak. Meskipun mengandung lemak yang banyak, butter memiliki banyak nutrisi, vitamin, dan kolestrol baik. Lemak tersebut juga dapat menjadi sumber energi pada anak, sehingga tetap kuat untuk beraktivitas.


3. Sarapan telur


Telur merupakan makanan yang dapat dimasak dengan berbagai macam cara, seperti digoreng, direbus, dan sebagainya. Dalam masa pertumbuhannya, anak akan mendapatkan protein, vitamin A, dan B12 setiapkali mengkonsumsi telur, lho.


4. Minum susu setiap hari


Anak, setidaknya harus mengkonsumsi 2 gelas susu per harinya. Susu sangat baik untuk anak karena merupakan sumber protein, karbohidrat, dan nutrisi baik lainnya. Selain sehat, susu juga dapat membantu untuk cara menggemukan badan anak. Susu juga bisa diolah menjadi bervariasi seperti diblender agar menjadi milkshake dan smoothies, atau dikonsumsi bersama sereal.


5. Rutin makan pisang


Buah yang manis satu ini merupakan sumber energi yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Pisang juga dapat membantu menggemukkan badan karena mengandung 105 kalori di dalamnya. Jika anak bosan memakan buah yang satu ini setiap hari, kamu bisa, lho, membuatnya menjadi pudding atau milkshake, atau mencampurkan pisang dengan selai coklat.


6. Mengkonsumsi alpukat


Nah, buah yang satu ini selain enak, ternyata mengandung banyak lemak dan kalori yang sehat agar dapat membantu cara menggemukan badan anak. Anak yang terlalu kurus, perlu banyak lemak dan kalori untuk mengatasinya. Alpukat bisa diolah sebagai jus atau campuran pada salad buah yang pastinya enak dan baik untuk anak.

 

7. Makan malam dengan daging merah


Dalam masa pertumbuhan, daging merah sangat baik untuk anak karena dapat menjadi penyeimbang gizi secara optimal. Dilansir dari sindonews.com, daging merah dapat membantu meningkatkan zat besi dan hemaglobin, sehingga anak akan menjadi cerdas dan tidak gampang sakit.


8. Makan daging ayam


Otot-otot tubuh anak dapat dibangun oleh bantuan protein yang terkandung pada ayam. Protein ini sangat penting untuk pertumbuhan dan cara menggemukan badan anak. Selain itu, dilansir dari nakita.id, ayam juga mengandung zinc dan magnesium yang dapat menjaga kekebalan tubuh, sehingga, anak tidak gampang sakit. Ayam dapat diolah dengan berbagai macam cara agar menjadi hidangan yang enak dan sehat. Namun, jangan lupa untuk tetap memilih daging ayam yang higenis, ya!


9. Kentang untuk camilan sore


Untuk menggemukan badan anak, ternyata bisa dengan rutin mengkonsumsi kentang. Kandungan asam amino seperti arginin dan glutamine pada kentang baik untuk menaikkan berat badan. Kentang bisa ditumis dengan sayuran lainnya atau digoreng dengan potongan tipis-tipis untuk dikonsumsi sebagai camilan yang enak.


10. Jangan lupakan buah dan sayur setiap hari


Membiasakan anak memakan buah dan sayur setiap hari merupakan cara yang baik agar anak mendapatkan energi yang cukup setiap harinya, dan dapat membantu proses menggemukan berat badan. Buah, seperti mangga, apel, papaya, dan sebagainya adalah sumber gula alami yang sangat baik bagi tubuh. Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari akan menghindarkan anak dari berbagai macam penyakit.


11. Makan secara teratur


Selain makan buah, sayur, dan makanan sehat lainnya, tidak akan cukup jika anak makan tidak teratur. Jangan pernah melewatkan makan tiga kali sehari, sarapan, makan siang, dan makan malam. Akan lebih baik lagi jika ditambah makanan tambahan snack seperti coklat atau kacang-kacangan yang bernutrisi.


12. Menambah asupan karbohidrat


Dilansir dari hallosehat.com, setiap mengkonsumsi satu gram karbohidrat, anak akan mendapatkan kalori sebanyak 4 kkal. Karbohidrat yang tinggi bisa didapat dari cemilan seperti kismis, buah-buahan kering, dan granola. Cemilan tersebut akan sangat lezat jika ditambahkan ke dalam semangkuk yogurt atau sereal.


13. Makan buah pear


Buah yang memiliki rasa yang hampir sama dengan buah apel ini ternyata dapat membantu menggemukan berat badan anak, lho. Pear mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh seperti zat besi, vitamin B6 dan vitamin C. Untuk anak di bawah umur 1 tahun, kamu dapat mengolah pear dengan cara dihaluskan dengan blender, atau memotongnya kecil-kecil agar menjadi finger foods.


14. Oatmeal


Dilansir dari mylittlemoppet.com, oatmeal telah teruji sebagai makanan paling sehat di dunia karena dapat mengobati sejumlah penyakit. Oatmeal ternyata dapat menjadi solusi untuk cara menggemukan badan anak. Oat merupakan satu-satunya sereal yang mengandung protein seperti kacang-kacangan. Selain itu, mengkonsumsi oat akan membantu anak mendapatkan serat yang tinggi dari kandungan gandum.


15. Berkonsultasi dengan dokter


Jika terasa sulit untuk menemukan cara yang cocok untuk menggemukan berat badan anak, jangan khawatir, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter terpercaya. Terkadang, anak yang terlalu kurus juga bisa disebabkan oleh alergi makanan, pencernaan yang bermasalah, dan permasalahan medis lainnya. Tidak perlu malu untuk berkonsultasi dengan dokter, kamu justru lebih mudah untuk mendapatkan solusi yang cocok untuk menambah berat badan anak.


Itulah 15 cara untuk menggemukan berat badan anak. Sudah sepantasnya anak mendapatkan gizi yang cukup dengan dibiasakan memakan makanan yang aman dan sehat setiap harinya. Karena, anak yang sehat adalah impian setiap orang tua. Semoga tulisan ini bermanfaat, selamat mencoba!

 

Penulis: Shahfara Raida Utami

 

 

 

 

(kpl/mag/fff)



MORE STORIES




REKOMENDASI