10 Cara Membuat Donat Goreng, Mulai Isi Durian Sampai Coklat Lumer!

Senin, 10 Juni 2019 15:18 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Cara Membuat Donat Goreng, Mulai Isi Durian Sampai Coklat Lumer!
Ilustrasi kue donat (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Seperti yang kamu tahu bahwa sekarang donat sudah banyak sekali varian nya mulai dari original, donat kentang, donat ubi, dan masih banyak lagi. Ditambah topping nya yang bermacam-macam membuat semua orang jadi suka. Salah satunya adalah donat goreng. Terlampaui dari namanya, donat goreng pun bisa kamu kreasikan menjadi donat goreng yang nggak biasa-biasa aja. Malah bisa kamu manfaatkan untuk menciptakan inovasi donat yang baru dan menerjang lapak bisnis, siapa tau aja ya kan? Nah berikut ini adalah resep cara membuat donat goreng mulai dari isi durian sampai isi coklat yang lumer yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

1. Donat Goreng Original

Donat goreng yang original biasanya memiliki tekstur yang lembut. Bahan untuk membuatnya juga sederhana yaitu tepung terigu, ragi, gula, susu, telur, margarin dan air. Nah, buat kamu nih yang nggak suka ribet bisa banget menggunakan resep yang satu ini untuk membuat donat goreng. Cara membuat donat goreng adalah kalian perlu menyiapkan:

• 300 gr tepung terigu protein tinggi dan 120 gram protein sedang
• 1 sdt ragi instan
• 15 gr susu bubuk
• 40 gr gula halus
• 1 butir telur ayam
• 225 ml air es
• 30 gr margarin dan,
• 1 sdt garam

Pertama yang harus kamu lakukan adalah campur dan aduk tepung terigu (semuanya), ragi instan dan gula halus dalam sebuah wadah. Setelah tercampur rata masukkan juga telur dan beri air es sedikit demi sedikit jangan sampai encer. Selanjutnya tambahkan margarin dan garam, kemudian uleni adonan sampai kalis. Setelah itu kamu perlu menutupi adonan dalam wadah tadi dengan kain basah dan biarkan selama 15 menit. Jika adonan mengembang kempeskan dengan cara menguleninya lagi. Nah, baru kamu bisa membentuk adonan menjadi bentuk bulat seperti donat. Jika sudah selesai diamkan lagi sebentar dan tutupi dengan kain selama 30 menit. Terakhir, goreng donat dengan api sedang dan beri topping sesuai selera.

2. Donat Goreng Mini

Seperti namanya, donat goreng mini adalah donat goreng versi mini. Jadi nggak jauh berbeda dengan donat goreng ori, hanya saja ukurannya yang kecil dan cara buatnya lebih simpel dibandingkan donat ori. Atau kamu juga bisa membuat donat goreng mini dengan bahan pembuat yang berbeda. Simak cara membuat donat goreng mini kali ini. Pertama siapkan 250 gr tepung terigu (cakra), 4 sdm gula pasir , 1 sdt fermipan, 1 butir telur, susu cair, dan 3 sdm mentega. Nah, setelah semua bahan siap, pertama-tama campurkan tepung terigu, gula, fermipan, dan telur kemudian aduk sampai merata. Setelah itu tambahkan susu sedikit demi sedikit dan mentega. Baru kamu bisa uleni adonan sampai kalis. Setelah selesai jangan lupa tutup adonan dengan kain basah selama 45 menit. Kemudian jangan lupa juga kempeskan adonan setelah mengembang. Nah, kali ini kamu bisa membentuk adonan menjadi donat berukuran kecil, diamkan selama 15 menit. Terakhir, tinggal goreng deh. Jangan lupa goreng dengan volume api yang kecil supaya tidak gosong. Untuk topping bisa kamu tambahkan sesuai selera.

3. Donat Goreng Kampung

Penasaran nggak nih dengan nama donat yang satu ini? Donat goreng kampung identik dengan cara membuatnya yang sangat sederhana dan teksturnya yang padat dan empuk. Topping nya sendiri juga dengan gula halus. Nah mungkin karena kesederhanaannya itulah donat ini dinamakan donat goreng kampung. Yuhu, untuk cara membuat donat goreng kampung ini kalian bisa simak bahan-bahan pembuatnya seperti berikut ini.

• 500 gr tepung terigu protein tinggi
• 3 butir telur (kuningnya saja)
• 50 gr susu bubuk
• 100 gr gula pasir
• 75 gr mentega
• 2 sdt ragi instan
• 225 ml air hangat
• butter

Pertama-tama campurkan semua bahan kemudian adu dengan mixer supaya tercampur merata dan kalis. Setelah itu biarkan adonan selama 30 sampai 45 menit sampai mengembang. Jangan lupa kempeskan adonan setelah adonan mengembang. Untuk mencetaknya menjadi bentuk donat kamu bisa gunakan cara manual dengan tangan atau cetakan khusus donat. Jika selesai mencetak kamu sudah bisa mulai untuk menggoreng. Tapi sebelumnya masukkan 1 sdm butter ke dalam minyak goreng. Nah baru setelah itu kamu bisa mulai menggoreng donat nya.

4. Donat Goreng Kentang Isi Durian

Resep donat goreng berikutnya ini nggak kalah enak dong pastinya. Ditambah dengan kelembutan kentang nya dan rasa durian yang khas dengan wanginya, pasti bikin donat goreng kamu jadi spesial. Yuk langsung aja bahan yang harus kamu siapkan adalah:

• 500 gr tepung terigu
• ½ Bungkus ragi instan
• 1 sdt baking powder
• 250 gr kentang kukus
• 100 gr mentega
• 4 butir kuning telur
• 10 gr gula halus
• 2 bungkus susu dancow
• 50 ml air
• 1 sdt garam dan,
• 100 gr durian matang

Cara membuat donat goreng kentang isi durian yaitu pertama tuangkan semua bahan kecuali mentega ke dalam sebuah wadah. Setelah itu tambahan air sedikit demi sedikit sambil diuleni. Baru setelah itu tambahkan mentega dan uleni lagi adonan sampai kalis. Selanjutnya tutup adonan dalam wadah dengan kain basah selama 30 menit. Baru kali ini kamu bisa membentuk adonan donat. Kemudian goreng dengan api sedang dan terakhir, belah donat menjadi dua bagian dan isi dengan, dengan buah durian yang matang.

5. Donat Goreng Kentang Keju

Kamu bisa gunakan resep yang sama seperti donat goreng isi durian, hanya saja kamu tidak perlu menambahkan isian durian di dalam donat nya. Kamu hanya perlu mengoleskan buttercream setelah donat digoreng dan tinggal menaburkan keju di atas donat nya. Rasa keju yang khas pasti bisa bikin donat kentang keju kamu sempurna, buruan cobain.

6. Donat Goreng Baby

Ilustrasi donat mungil (credit: Shutterstock)Ilustrasi donat mungil (credit: Shutterstock)

Donat goreng baby atau bisa disebut dengan baby donut ini bisa dibilang sangatlah unik karena bentuknya bulat saja tanpa ada lubang di tengahnya seperti bentuk donat pada umumnya. Langsung saja, bahan yang perlu kamu siapkan adalah 250 gr tepung terigu, susu bubuk putih, air dingin, 2 sdm gula pasir, 1 bungkus fermipan, 2 sdm butter, dan 2 butir kuning telur. Untuk cara membuat donat goreng baby ini pertama yang harus kamu lakukan adalah campurkan seluruh bahan dan tambahkan air dingin sedikit demi sedikit. Setelah selesai, jangan lupa masukkan butter kemudian uleni adonan sampai kalis. Selanjutnya seperti biasa tutup adonan dengan kain bersih dan biarkan mengembang selama satu jam. Setelah mengembang, kempeskan adonan dan bentuk adonan menjadi bentuk bulat seperti bakso. Setelah itu, biarkan lagi selama kurang lebih 15 sampai 25 menit. Terakhir, goreng dengan api sedang. Jangan lupa beri topping sesuai selera.

7. Donat Goreng Ketan Korea

Donat goreng kentang? Ah mungkin sudah biasa. Sekarang waktunya kamu bikin donat goreng yang berbeda dari biasanya supaya nggak itu-itu aja. Resep donat goreng kali ini adalah dengan menggunakan bahan tepung ketan. Langsung aja bahan-bahannya adalah garam 38 gr tepung terigu protein rendah, 1 sdt baking powder, 2,5 sdm gula pasir, 213 gr tepung ketan, dan 200 ml air. Cara membuat donat goreng ketan korea ini juga simpel kok. Pertama, campurkan semua bahan ke dalam sebuah wadah kemudian uleni sampai kalis. Setelah itu bentuk adonan menjadi bulat seperti bentuk bakso (untuk ukuran bisa sesuai selera). Terakhir, goreng dengan api sedang. Kamu bisa gunakan gula halus atau bubuk kayu manis sebagai topping. Tada, donat goreng ketan korea kamu sudah jadi.

8. Donat Goreng Maizena

Ilustrasi donat goreng maizena (credit: Shutterstock)Ilustrasi donat goreng maizena (credit: Shutterstock)

Mungkin sudah bisa ditebak nih kira-kira bagaimana bentuk dan tekstur dari donat goreng yang satu ini. Nah seperti yang sudah kamu ketahui, tepung maizena atau tepung kanji terkenal dengan kekenyalan nya. Oleh karena itu biasanya tepung maizena digunakan untuk membuat cilok atau bakso. Untuk bahan yang perlu kalian siapkan adalah 3 sdm tepung maizena, 2 sdm susu bubuk, 500 gr tepung terigu, 1 sdt garam, 3 sdm gula pasir, dan 2 sdm mentega. Sedangkan untuk bahan biangnya perlu kamu siapkan 280 ml air hangat, 2 sdt ragi instan, dan 1 sdm gula pasir. Langkah pertama campurkan semua bahan biang dan tunggu selama 10 menit. Setelah terlihat mengembang dan berbusa, tambahkan tepung maizena, terigu, garam, susu bubuk dan gula. Setelah itu uleni sampai adonan kalis. Jangan lupa tutupi dengan kain basah yang bersih dan biarkan selama 30 menit. Selanjutnya kempeskan adonan dan bentuk menjadi donat. Terakhir goreng dengan sedang. Kamu juga bisa gunakan coklat sebagai topping atau isian sesuai selera.

9. Donat Goreng Labu Kuning

Labu yang biasanya dimasak untuk sayur ini ternyata bisa dibuat sebagai campuran bahan pembuat donat loh. Nggak heran karena rasa labu yang manis sendiri membuatnya cocok untuk dijadikan bahan pembuat donat. Nah untuk resep cara membuat donat goreng labu kuning kalian harus menyiapkan sebagai berikut.

• 200 gr tepung terigu
• 1 butir telur
• 100 gr tepung segitiga biru
• 50 gr margarin
• 100 gr labu kuning kukus
• 7 sdm gula pasir
• ½ sdt garam
• 1 sdt ragi
• 3 sdm air hangat
• meses coklat

Pertama-tama campurkan semua bahan kecuali margarin dan garam. Kemudian uleni sampai bahan tercampur. Setelah itu masukkan margarin dan uleni lagi sampai adonan menjadi benar-benar kalis. Selanjutnya tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 30 menit. Setelah mengembang, segera kempeskan adonan. Nah baru kamu bisa cetak adonan menjadi bentuk pipih kemudian beri meses ke dalamnya, tutup atau kuncupkan adonan kembali sampai meses tak terlihat. Setelah itu diamkan lagi selama 15 menit. Terakhir, goreng donat dengan api sedang. Bagian luarnya yang crunchy dan lelehan meses coklat di dalamnya pasti bikin lidah kamu ketagihan.

10. Donat Goreng Coklat Lumer

Jangan salah, resep donat yang terakhir kali ini nggak kalah menggugah selera guys. Dari kata lumernya saja kamu sudah bisa menebak tekstur dari si donat ini. Langsung saja bahan yang perlu kamu siapkan adalah 75 ml susu cair, 150 gr terigu segitiga, 1 butir putih telur dan 2 butir kuning telur, 150 ml air es, 350 gr cakra, ½ bungkus ragi, 80 gr gula pasir, mentega serta sedikit garam, juga coklat untuk isi. Langkah-langkah cara membuat donat goreng lumer yaitu pertama-tama campur semua bahan kemudian uleni sampai kalis. Seperti biasa, setelah itu pipihkan adonan dan masukkan coklat di dalamnya kemudian bentuk adonan menjadi bulat bakso dan diamkan selama 10 menit. Selanjutnya letakkan donat dalam wadah yang telah ditaburi tepung. Diamkan lagi selama kurang lebih satu jam. Terakhir, goreng donat dengan api sedang. Tada, donat goreng lumer siap disajikan.

Nah gimana nih, sebenernya nggak susah-susah amat kan bikin donat goreng? Bahan untuk membuatnya pun sangat lumrah dan pastinya hemat di kantong. Hanya saja tergantung bagaimana kamu mengolahnya supaya rasanya jadi enak dan nggak biasa. Selamat mencoba.

 

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI