10 Cara Membuat Es Krim di Rumah Tanpa Peralatan Fancy dan Anti Ribet

Rabu, 19 Juni 2019 00:01 Penulis: Ayu Miranti
10 Cara Membuat Es Krim di Rumah Tanpa Peralatan Fancy dan Anti Ribet
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Akhir-akhir ini, suhu udara yang panas bikin tubuh merasa gerah. Keringetan dan bad mood ngga bakal jadi kombinasi yang seru buat menghabiskan harimu. Hibur diri sendiri dengan es loli yang punya warna-warni cerah dan rasa yang menyegarkan. Nggak harus beli kok, kamu bisa memanfaatkan peralatan dapur dan bahan-bahan yang mudah didapatkan untuk mengeksekusi 10 cara membuat es krim di rumah.

1. Berbahan Jus Buah

©Pexels©Pexels

Punya persediaan stik es krim yang terbuat dari kayu? Daripada hanya dimanfaatkan untuk cara membuat rumah dari stik es krim, gunakan untuk membuat es krim di rumah. Cukup pilih jus buah favorit keluarga lalu tuangkan ke dalam wadah atau cetakan. Bekukan dengan stik kayu yang berada di bagian tengah.

Variasi rasanya pun tak terbatas, bahkan hanya perlu dua bahan saja untuk membuatnya. Mulai dari es krim blackberry dan anggur, melon dan strawberry, mangga dan pisang, semangka dan nanas, atau jeruk dan strawberry yang menyegarkan.

2. Tambahkan Sayuran

Cara membuat es krim yang satu ini memungkinkanmu untuk menyelipkan sayuran ke dalamnya. Cocok banget buat anak-anak yang kurang doyan sayuran atau siapa saja yang ingin meningkatkan asupan sayuran sehari-hari.

Pilih sayuran yang tepat untuk hasil es krim yang enak dan sehat, misalnya memilih yang punya citarasa manis seperti bit dan wortel. Jangan lupa saring jusnya untuk menghilangkan serat-serat sayur. Coba kombinasikan dengan herba seperti mint untuk memberikan sensasi segar pada jus sayuran dan lemon yang asyik dinikmati di tengah musim kemarau.

Buat yang ingin detoks dengan cara seru, blender timun, daun kale, pisang, air kelapa, dan perasan jeruk lemon dan bekukan menjadi es krim. Ingin yang anti-mainstream, jajal kombinasi strawberry, asparagus, pisang, air kelapa, daun mint, dan jeruk nipis yang punya warna cantik dan rasa super segar.

3.  Tambahkan Tekstur

Berikan sedikit tekstur ketika menjajal cara membuat es krim di rumah dengan menambahkan potongan buah atau sayuran yang tetap enak walau dimakan mentah. Hasil blender memang lebih kental dibandingkan jus buah biasa tapi masih bisa dituangkan ke dalam wadah es krim.

Jajal deh resep es krim semangka dan kelapa yang punya tekstur unik dan menyegarkan. Pertama, blender potongan semangka hingga lembut lalu tambahkan potongan daging kelapa dan blender sebentar agar teksturnya tetap terlihat. Masukkan ke dalam wadah lalu tambahkan stik es krim di bagian tengahnya dan bekukan. Siap dinikmati setelah 4 jam di dalam freezer untuk kesegaran maksimal!

4. Punya Tekstur Creamy

©Unsplash©Unsplash

Membuat es krim yang menyerupai tekstur buatan pabrikan memang nggak gampang, apalagi jika hanya mengandalkan peralatan dapur biasa. Tapi kamu bisa menjajal cara membuat es krim yang mudah berikut ini dengan menambahkan bahan-bahan yang bikin teksturnya lebih creamy. Gunakan formula berbahan dasar susu, baik susu, cream, yogurt atau susu kental manis.

Tapi jika ingin lebih sehat atau menghindari produk susu karena alergi, bisa menggunakan santan sebagai alternatifnya. Tambahkan bahan penyedap seperti jahe, vanilla, atau sereh lalu saring hasil blender sebelum dituangkan ke dalam wadah es krim.

Jika mau, sertakan juga buah kering cincang, irisan buah segar atau kacang cincang. Coba kombinasi yogurt vanilla dan jus jeruk, strawberry dan santan, krim dan perasan jeruk lemon, atau cookies and cream popsicle yang super yummy.

5. Gunakan Pemanis yang Tepat

Hindari menambahkan gula pasir di tahap terakhir yang bakal merusak tekstur es krim dan citarasa yang tak seimbang. Sebaiknya gunakan pemanis cair pada suhu kamar seperti maple syrup, agave, atau sirup yang terbuat dari campuran gula dan air yang sebelumnya telah dilarutkan di atas api.

Jangan lupa untuk mencicipi jus sebelum menambahkan pemanis. Buah-buah yang digunakan dalam cara membuat es krim di rumah mungkin sudah cukup manis, tanpa membutuhkan tambahan pemanis.

6. Bekukan Sebentar Sebelum Menambahkan Stik Es Krim

Salah satu kesulitan yang dialami saat menjajal cara membuat es krim sendiri di rumah adalah stik es krim yang terus miring atau bahkan cenderung mengapung. Untuk memastikan pegangannya lurus ke bawah dan mampu menahan tekstur es krim, masukkan cetakan berisi jus buah ke dalam freezer selama 30 hingga 40 menit. Setelah sedikit mengeras, masukkan stik es krim ke dalamnya dan hasilnya bakal berdiri tegak saat isi wadah es krim tersebut membeku sepenuhnya.

7. Jangan Isi Terlalu Penuh

Saking semangatnya saat menjajal cara membuat es krim sendiri, kamu mengisi cetakan hingga penuh. Padahal cairan bakal mengembang saat membeku, belum lagi penambahan stik es krim yang akan meningkatkan volumenya. Hasilnya, jus buah bisa tumpah dan hasilnya jadi kurang cantik. Hindari kekacauan ini dengan menuangkan jus hingga tiga perempat dari cetakan yang digunakan.

8. Bikin Es Krim Warna-Warni? Bisa Banget!

©Pexels©Pexels

Bukan hanya satu warna, kamu pun bisa bikin es krim dengan kombinasi beberapa warna dan citarasa sekaligus. Cara membuat es krim jenis ini yang paling efektif adalah memulainya dengan warna yang paling ringan terlebih dahulu.

Siapkan jus yang ingin dibekukan lalu masukkan 1/3 dari cetakan es krim, bekukan selama 20 menit lalu tuangkan jus kedua. Kembalikan ke dalam freezer dan bekukan lagi sekitar 15 menit lagi. Untuk membuat lapisan ketiga atau terakhir, ambil cetakan dari freezer dan isi dengan menyisakan sedikit ruang untuk es krim membeku.

Jangan lupa masukkan stik es krim di bagian tengah dan bekukan kembali hingga padat sekitar 4 hingga 6 jam. Untuk mengeluarkan es loli dari cetakan, siramkan air hangat di luar wadah selama 30-60 detik. Beri sedikit tarikan dan es krim akan keluar dengan sempurna.

Jajal kombinasi es krim berbahan pisang atau mangga untuk warna kuning, kiwi untuk hijau, strawberry untuk merah, blueberry untuk biru, santan dan strawberry untuk warna pink, mangga dan strawberry untuk warna oranye, serta santan dan vanilla untuk warna putih. Tinggal variasikan untuk mendapatkan warna dan rasa es krim yang diinginkan saja, lho.

9. Tak Perlu Cetakan Khusus

Cetakan es krim yang dapat digunakan berulang-ulang merupakan cara paling mudah dalam membuat es krim. Tapi bukan berarti harus memiliki cetakan khusus, kok. Ada beberapa cara untuk menyiasatinya misalnya dengan membekukan jus buah di dalam cetakan kue kecil, gelas plastik berukuran kecil, hingga baki es batu untuk ukuran es krim yang lebih kecil.

Bisa juga menggunakan loyang kue atau roti, tapi sebelumnya lapisi dengan kertas roti atau plastic wrap agar mudah dilepaskan. Nantinya setelah es krim sebagian membeku, masukkan stik es krim dengan jarak yang sama. Begitu es krim sudah benar-benar membeku, potong jadi bagian yang lebih kecil.

Ingin membuat es krim dalam hitungan menit? Manfaatkan saja yogurt, susu, atau jus buah dalam kemasan kotak atau bulat. Tinggal buka tutupnya, bekukan sebentar lalu masukkan stik es krim di bagian tengah dan bekukan kembali. Es krim lezat tak harus ribet, kan!

10. Kreasikan Sesukamu!

Ini serunya mencoba cara membuat es krim sendiri di rumah. Kamu bisa menciptakan kreasi es krim baru sesuai dengan keinginanmu. Mulai dari kombinasi pisang dan Nutella yang creamy, campuran susu almond dan selai kacang atau padupadan strawberry dan milk chocolate yang bakal jadi favorit anak-anak.

Sedangkan buat citarasa yang bakal digilai orang dewasa, jajal sensasi root beer float yang menggoyang lidah, kopi susu yang dibekukan dan dinikmati dengan stik es krim, maupun gummy bear dan soda yang punya rasa maupun tampilan yang unik. Temukan rasa favoritmu dan jadikan es krim untuk menghilangkan gerah di tengah hari yang panas.

Siapa bilang cara membuat es krim di rumah itu sulit dan ribet? Hanya dengan memanfaatkan wadah yang dimiliki, stik es krim, dan berbagai bahan di dalam kulkas, kamu bisa membuat kudapan dingin favorit keluarga. Murah, praktis, dan tentunya menyehatkan, yakin nggak mau cobain?

 

(kpl/eth/ayu)

Editor:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI