9 Manfaat Jus Mangga untuk Kesehatan Tubuh, Dapat Mengatasi Diare - Memberikan Kesehatan Mata

Kamis, 07 Januari 2021 08:20 Penulis: Dhia Amira
9 Manfaat Jus Mangga untuk Kesehatan Tubuh, Dapat Mengatasi Diare - Memberikan Kesehatan Mata
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Mangga memang menjadi salah satu buah yang begitu populer dan disukai banyak orang. Memiliki warna yang menggugah selera, hingga rasa yang segar, tidak heran bila buah yang satu ini sering dibuat minuman segar seperti jus. Dan tentu saja manfaat jus mangga ini tidak kalah luar biasa bila dimakan secara langsung.

Walaupun terlihat sama, namun mangga memiliki jenis, rasa, dan aroma yang sedikit berbeda loh KLovers. Ada mangga yang memiliki rasa sangat manis, ada mangga yang memiliki rasa yang cukup asam, ada mangga dengan daging yang tebal, hingga mangga dengan serat yang cukup banyak. Tapi walaupun memiliki perbedaan, buah yang satu ini tetap menjadi primadona.

Dalam satu buah mangga, terdapat kandungan seperti protein, serat, kalori dalam ukuran sedikit, karbohidrat, dan gula alami. Kemudian kandungan vitamin C pada mangga juga bisa mencukupi lebih dari setengah kebutuhan harian tubuh per hari. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin K, folat, dan zat antioksidan yang dapat dimaksimalkan kebutuhan tubuh sehari-hari.

Namun kira-kira apa saja ya manfaat jus mangga untuk kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 9 manfaat jus mangga untuk kesehatan tubuh. Langsung saja dicek KLovers.

1. Nutrisi Dalam Jus Mangga

Sebelum mengetahui apa saja manfaat jus mangga, maka kalian harus mengetahui dulu apa saja nutrisi dalam jus mangga. Buah mangga pada dasarnya merupakan golongan buah rendah kalori. Dalam satu buah mangga hanya terkandung sekitar 100 - 110 kalori. Dan berikut ini aneka nutrisi dalam satu buah mangga:

  • 1,5 - 2 gram serat
  • 15 gram karbohidrat
  • 1- 1,5 gram protein
  • 55 - 60 mikrogram vitamin A
  • 35 - 60 mg vitamin C
  • 9 mg vitamin E
  • 40 - 45 mikrogram folat
  • 10 - 15 mg kalsium
  • 10 - 15mg magnesium
  • 200 mg kalium
  • 14 - 20 mg fosfor
  • Vitamin B
  • Vitamin K
  • Likopen
  • Air
Dan semua kandungan nutrisi ini tergantung pada ukuran buah mangga. Semakin besar ukurannya, maka semakin tinggi kandungan nutrisinya. Bahkan dengan kandungan yang luar biasa ini, tidak heran bila manfaat jus mangga sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

2. Menyehatkan Jantung

Manfaat jus mangga yang pertama yaitu, sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena, di dalam mangga terdapat kandungan berupa magnesium dan potasium di dalamnya. Kedua mineral ini diperlukan tubuh untuk membuat pembuluh darah bekerja dengan lebih rileks sehingga mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Mangga juga mengandung zat antioksidan unik bernama mangiferin yang terbukti dapat melindungi jantung dari peradangan serta stres oksidatif. Mangiferin juga disebut dapat menurunkan kolesterol dalam darah dengan mengurangi trigliserida, namun hasil uji ini ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Menyehatkan Mata

Kemudian manfaat jus mangga yang kedua yaitu, dapat menyehatkan mata. Bukan hanya wortel saja loh yang dapat memberikan kesehatan mata, namun nyatanya mangga juga bisa memberikan kesehatan pada mata kalian. Manfaat jus mangga yang satu ini adalah karena adanya zat antioksidan bernama lutein dan zeaxanthin.

Pada retina, lutein dan zeaxanthin memiliki fungsi mirip dengan tabir surya, yaitu menyerap sinar berlebih sehingga cahaya tersebut tidak merusak mata kalian. Kandungan vitamin A pada mangga juga berfungsi mencegah mata kering dan mengalami rabun ayam. Dalam kasus yang parah, kekurangan vitamin A ini dapat mengakibatkan luka pada kornea mata. Jadi bila kalian ingin memiliki mata yang sehat, kalian bisa mengonsumsi jus mangga secara rutin.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Tidak hanya memberikan kesehatan pada mata saja loh, nyatanya manfaat jus mangga juga bisa mencegah dan menurunkan risiko kanker tertentu pada tubuh kalian. Pasalnya, di dalam buah mangga terkandung polifenol yang dapat memerangi salah satu penyebab munculnya sel kanker, yakni stres oksidatif.

Dalam percobaan pada hewan, polifenol pada mangga dapat menghentikan perkembangan sel kanker darah putih (leukemia), kanker usus, paru-paru, prostat, dan kanker payudara. Fungsi yang sama juga didapat dari mangiferin, yang bukan hanya mampu menghentikan perkembangan sel kanker, tapi juga membunuh sel yang telah ada.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun, atau kekebalan tubuh memang sangat penting untuk ditingkatkan. Hal ini karena, bila sistem kekebalan tubuh menurun maka tubuh kalian akan mudah diserang berbagai macam penyakit. Selain olahraga, pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat juga bisa meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh. Salah satunya dengan menggunakan manfaat jus mangga.

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah mangga akan membuat sistem imun kalian bekerja lebih optimal. Sistem imun akan memproduksi lebih banyak darah putih bila diperlukan untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Mangga juga mengandung vitamin K, vitamin E, dan vitamin B yang juga memiliki fungsi pada imunitas yang sama dengan vitamin A dan vitamin C.

6. Menstabilkan Tekanan Darah

Bagi kalian yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat jus mangga ini. Dalam sebuah penelitian berjudul 'Vascular effects of the Mangifera indica L. extract (Vimang)' menunjukkan bahwa, kandungan potasium pada jus mangga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dalam tubuh kalian.

7. Mencegah Efek Buruk Radikal Bebas

Radikal bebas adalah zat sisa metabolisme yang terbentuk secara alami di dalam tubuh. Namun, jumlah radikal bebas bisa meningkat apabila tubuh sering terpapar sinar ultraviolet dalam jangka panjang, zat beracun, seperti asap rokok atau kendaraan, stres, serta kebiasaan sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti gorengan atau junkfood.

Jika jumlahnya berlebihan, radikal bebas dapat memicu munculnya penuaan dini pada kulit kalian. Lebih buruknya lagi, radikal bebas yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko untuk mengalami beberapa penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Untuk mengurangi risiko tersebut, kalian perlu menjalani pola hidup dan diet yang sehat. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi jus mangga. Hal ini karena jus mangga mengandung antioksidan yang cukup tinggi, seperti polifenol, vitamin C, likopen, serta beta karoten, yang bertugas melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas.

8. Mengatasi Anemia

Manfaat jus mangga lainnya yaitu dapat mengatasi anemia atau kurang darah. Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Penyebab anemia bermacam-macam dan umumnya ditandai dengan gejala seperti kelelahan, pusing, dan pucat.

Selain mengonsumsi obat penambah darah, kalian juga bisa mengonsumsi makanan atau minuman tertentu untuk mengatasi anemia. Salah satunya menggunakan manfaat jus mangga, yang memiliki kandungan zat besi. Kandungan zat besi merupakan salah satu pilihan yang tepat karena zat besi merupakan mineral yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah.

9. Menyehatkan Pencernaan

Sering digunakan sebagai makanan orang diet, membuat manfaat jus mangga dapat menyehatkan pencernaan. Kandungan enzim amilase dalam buah mangga menjadikan manfaat jus mangga sebagai penyehat saluran pencernaan. Enzim ini dapat memecah makanan yang berukuran besar, sehingga nutrisi dalam makanan tersebut lebih cepat diserap oleh tubuh.

Fungsi yang sama juga bisa disebabkan oleh kandungan air dan serat pada mangga. Keduanya terbukti dapat menurunkan risiko terkena masalah pencernaan, seperti konstipasi maupun diare. Jadi bila sedang diare, kalian jangan takut untuk mengonsumsi jus mangga ya KLovers.

10. Menyehatkan Kulit

Dan manfaat jus mangga yang terakhir yaitu, dapat memberikan kesehatan pada kulit. Produksi kolagen dapat dirangsang dengan banyak mengonsumsi vitamin C, salah satunya dalam bentuk jus mangga. Kolagen adalah protein yang dapat memberi kekuatan pada kulit agar tidak cepat kendur maupun keriput. Tak hanya itu saja di dalam jus mangga juga terdapat kandungan vitamin A dan vitamin E.

Vitamin A memiliki fungsi untuk membantu menghidrasi kulit dan mencegah kulit kering. Bahkan kandungan vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit. Selain itu, vitamin C dan vitamin E juga memiliki fungsi untuk menjaga kecerahan kulit wajah kalian.

Itulah 9 manfaat jus mangga untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kalian. Tak hanya dimakan secara langsung, kalian bisa mengonsumsi jus mangga untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang luar biasa setiap harinya.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI