10 Cara Menambah Nafsu Makan Anak Secara Alami

Sabtu, 17 Juli 2021 11:22
10 Cara Menambah Nafsu Makan Anak Secara Alami
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Ada beragam penyebab anak susah makan bahkan tidak selera makan. Salah satu cirinya adalah anak pilih-pilih makanan sehingga hanya mau makan makanan tertentu. Kondisi ini tentunya membuat orang tua khawatir. Namun ada cara menambah nafsu makan anak secara alami yang bisa dijadikan referensi bagi ibu buat meningkatkan selera makan si kecil.

Anak-anak termasuk kelompok usia yang masih membutuhkan banyak asupan nutrisi dan vitamin. Ini bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang mereka. Tidak heran jika kebutuhan asupan makanan dan nutrisi anak penting diperhatikan orang tua.

Sayangnya sejumlah anak mengalami susah makan atau tidak nafsu makan. Penyebab anak tidak nafsu makan dapat terjadi karena beberapa penyebab seperti kondisi medis tertentu bahkan perubahan selera makan anak. Ketika kondisi ini terjadi, ibu tentu berusaha mencari trik buat menambah dan meningkatkan nafsu makan si kecil.

Nah, berikut ini ada sejumlah cara menambah nafsu makan anak secara alami. Sehingga dengan mengetahui cara menambah nafsu makan anak di bawah ini, bisa membantu ibu mencukupi dan menjaga kebutuhan nutrisi si kecil.

1. Penyebab Anak Tidak Selera Makan

Anak susah makan menjadi salah satu kondisi yang seringkali dihadapi orang tua. Kondisi ini bisa terjadi karena beragam faktor penyebab. Untuk mengetahuinya, beberapa ulasan di bawah ini mungkin bisa membantu kalian mengenali penyebab anak tidak selera makan. Maka dari itu, langsung saja simak ulasannya tentang penyebab anak tidak selera makan sebagai berikut.

1) Anak cenderung pemilih makan: memasuki usia tertentu, anak mulai mengenali beberapa jenis makanan dengan aneka rasa, tekstur, warna beragam. Sejumlah anak juga bisa menjadi pemilih makanan sehingga menyebabkan mereka mungkin menolak makan.

2) Alergi makanan tertentu: alergi makanan tertentu seperti susu, gandum, telur, kacang bisa dialami sejumlah anak sehingga bisa jadi penyebab si kecil tidak selera makan.

3) Lebih banyak makan camilan: camilan sehat memang penting buat si kecil. Sayangnya terlalu banyak makan camilan justru membuat mereka cepat kenyang sebelum konsumsi makanan utamanya.

4) Sensitif pada rasa dan tekstur makanan: sensitif pada tekstur dan rasa makanan juga dapat menyebabkan anak tidak selera makan seperti terlalu lembek, kasar, ataupun basah.

5) Minum berlebihan: minum berlebih bisa menyebabkan si kecil cenderung lebih cepat kenyang. Sehingga bisa jadi penyebab anak tidak selera makan.

6) Bosan dengan makanan: kurang bervariasi dalam menghidangkan menu makanan bisa jadi penyebab anak juga tidak selera makan. Sehingga mereka cenderung bosan dengan makanan dan menolak makan.

7) Anak tengah sakit: saat sakit, anak juga lebih susah makan bahkan tidak selera makan. Kondisi ini mungkin saja bisa jadi penyebabnya.

2. Hidangkan Menu Menarik - Cegah Terlalu Banyak Minum

Setelah mengetahui penyebab anak susah makan seperti ulasan sebelumnya, kali ini kita memasuki bahasan tentang cara menambah nafsu makan anak secara alami. Cara menambah nafsu makan anak secara alami bisa dilakukan dengan trik mudah dan sederhana. Seperti penjelasan di bawah ini tentang cara menambah nafsu makan anak.

1. Hidangkan Menu yang Menarik

Cara menambah nafsu makan anak yang pertama adalah dengan menghidangkan menu yang menarik. Ibu bisa membuat aneka variasi menu menarik dan unik buat si kecil. Misalnya saja membuat kreasi  hidangan berbentuk karakter kartun favorit anak. Selain itu, ibu juga bisa variasikan menu kesukaan anak dengan tampilan menarik dan unik. Sebab, anak-anak biasanya cenderung tertarik pada hal-hal yang mereka sukai.

2. Hindari Terlalu Banyak Minum

Cara menambah nafsu makan anak selanjutnya adalah dengan mencegah anak terlalu banyak minum terutama saat mereka tengah menyantap hidangan utamanya. Sebab, terlalu banyak minum dapat membuat anak cenderung cepat kenyang sehingga bisa kurang selera makan. Padahal asupan nutrisinya belum terpenuhi secara cukup. Oleh sebab itu, ibu dapat mengontrol asupan minum anak saat waktu makan ataupun sebelum makan. Asupan air bisa ibu berikan setelah anak menyelesaikan menyantap hidangan utamanya.

3. Sesuaikan Porsinya - Siapkan Camilan Sehat

Selain penjelasan di atas, berikut ini ada juga referensi cara menambah nafsu makan anak yang perlu ibu perhatikan. Langsung saja simak ulasannya tentang cara menambah nafsu makan anak secara alami di bawah ini.

3. Sesuaikan Porsinya

Cara menambah nafsu makan anak berikutnya adalah dengan menyesuaikan porsi makanannya. Sebab terlalu banyak porsi makan anak biasanya membuat mereka cenderung menyisakan makanannya. Sehingga orang tua bisa membagi porsi makan anak lebih kecil namun dalam frekuensi lebih sering. Artinya makan sedikit demi sedikit namun habis bisa membantu anak memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin dan gizinya.

4. Siapkan Camilan Sehat

Cara menambah nafsu makan anak selanjutnya adalah dengan menyiapkan camilan sehat. Camilan sehat bisa jadi alternatif buat ibu menambah nafsu makanan anak apabila mereka kurang selera makan. Melansir dari halodoc.com, ketika anak cenderung makan sedikit, cobalah untuk menyiasati dengan camilan sehat agar meningkatkan kembali nafsu makannya.

4. Jangan Memaksa - Memasak Bareng Anak

Beberapa trik meningkatkan nafsu makan anak berikutnya dapat ibu coba seperti penjelasan berikut ini. Langsung saja simak ulasannya tentang cara menambah nafsu makan anak secara alami.

5. Jangan Memaksa Anak

Cara menambah nafsu makan anak secara alami salah satunya adalah dengan tidak memaksa anak menyantap makanannya. Sebab cara ini bisa membuat mereka cenderung tertekan. Selain itu, melansir dari alodokter.com, memaksa anak untuk makan bisa memicu anak kurang sensitif terhadap rasa lapar. Maka dari itu, ibu bisa menyiasatinya dengan beberapa trik sebelumnya seperti membuat tampilan menu lebih menarik.

6. Memasak Bareng Anak

Selain bisa membangun kedekatan dengan anak, kegiatan memasak bareng buah hati juga bisa menambah nafsu makannya. Sebab, anak bisa memilih dan berkreasi dengan makanannya sendiri sehingga dapat meningkatkan nafsu makannya. Sembari memasak bareng anak, cobalah untuk mengenalkan beberapa jenis makanan tertentu dan manfaatnya. Selain itu jangan lupa untuk ibu tetap memastikan keamanan anak saat memasak.

5. Atur Jadwal Makan - Perhatikan Nutrisi Anak

Mengatur jadwal makan anak dengan tepat juga bisa menjadi cara menambah nafsu makan si keci. Selain itu, ibu juga perlu memperhatikan kandungan nutrisi, vitamin, dan gizi anak agar tetap terpenuhi. Berikut ini ulasan tentang cara menambah nafsu makan anak secara alami.

7. Atur Jadwal Makan

Seperti ulasan sebelumnya, untuk menambah nafsu makan anak, ibu bisa mengatur jadwal makannya. Sebab dengan mengatur jadwal makan anak secara tepat. Sebab hal ini bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan asupannya tetap baik. Selain itu, cara ini juga dapat bermanfaat baik buat anak ke depannya.

8. Perhatikan Nutrisi Anak

Cara menambah nafsu makan anak berikutnya adalah memperhatikan nutrisi anak. Artinya pastikan bahwa ibu menghidangkan makanan bernutrisi seperti mengandung mineral, vitamin, serat, karbohidrat dan lainnya untuk membantu menjaga kesehatan anak.

6. Alternatif Ramuan Rempah Pilihan - Konsultasi Dokter

Cara menambah nafsu makan anak berikutnya adalah alternatif ramuan rempah pilihan dan berkonsultasi dengan dokter. Berikut ulasannya terkait cara menambah nafsu makan si kecil secara alami.

9. Alternatif Ramuan Rempah Pilihan

Sejumlah rempah pilihan ternyata bisa menjadi cara alami meningkatkan nafsu makan anak. Melansir dari liputan6.com, di antara ramuan rempah pilihan tersebut seperti jahe, kunyit, kencur, kayu manis, bahkan temulawak. Ramuan rempah ini seringkali digunakan untuk alternatif meningkatkan nafsu makan anak. Di mana ibu bisa menambahkan dalam makanan ataupun membuatnya sebagai ramuan minuman. Namun pastikan anak tidak sensitif pada jenis ramuan rempah tertentu.

10. Konsultasi Dokter

Jika beberapa cara menambah nafsu makan anak seperti ulasan di atas tidak juga mengatasi masalah susah makan si kecil, konsultasi dokter bisa jadi pilihan tepat. Dengan begitu, ibu bisa mengetahui penyebab anak tidak nafsu makan. Cara ini juga bisa mencegah risiko kesehatan lebih lanjut akibat si kecil tidak nafsu makan.

Nah itulah 10 cara menambah nafsu makan anak secara alami. Beberapa cara menambah nafsu makan anak di atas bisa jadi referensi meningkatkan selera makan si kecil. Selain itu, pastikan penyebab susah makan anak agar tepat dalam mengatasinya.

Sumber: halodoc.com, alodokter.com, hellosehat.com, liputan6.com

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI