10 Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami, Salah Satunya dengan Gerakan Foster

Jum'at, 27 November 2020 10:44 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami, Salah Satunya dengan Gerakan Foster
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cara mengatasi vertigo kambuh bagi kalian yang memiliki riwayat maupun memiliki gejala vertigo patut kalian ketahui. Vertigo sendiri merupakan suatu kondisi di mana seseorang mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan dan sensasi kepala berputar-putar. Vertigo juga bisa timbul beberapa menit hingga beberapa jam.

Jika kalian salah satu orang yang pernah merasakan sensasi kepala terasa berputar atau lingkungan di sekitar berputar-putar, kemungkinan besar kalian mengalami vertigo. Penyebab vertigo juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti diabetes, migrain, stroke, penyakit parkinson, dan tumor otak. Vertigo juga lebih berisiko terjadi pada seseorang yang memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Penyakit ini bisa dikatakan berbahaya. Bahkan ketika kambuh, seringkali tidak menunjukkan adanya peringatan. Jika sudah kambuh dan timbul pusing luar biasa dapat menyebabkan kehilangan fokus bahkan hingga terjatuh. Oleh sebabnya, karena vertigo sering muncul tiba-tiba, kalian wajib melakukan langkah tepat untuk penanganan pertama. Berikut ini beberapa cara mengatasi vertigo kambuh yang perlu kalian ketahui.

 

1. Berhenti Melakukan Aktivitas

Vertigo dapat menyerang kapan pun tanpa adanya peringatan maupun tanda-tanda. Oleh sebabnya, jika dirasa kepala kalian berputar dan sakit luar biasa, segeralah berhenti melakukan aktivitas. Tenangkan pikiran terlebih dahulu dan atur napas dengan cara tarik napas dan hembuskan secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah yang tersumbat menuju otak agar lancar kembali.

 

2. Minum Air Putih

Cara mengatasi vertigo kambuh dengan sederhana salah satunya yaitu segera meminum air putih hangat. Hal tersebut sangat baik bagi tubuh, karena dapat melemaskan otot-otot yang tegang karena serangan vertigo. Jika memungkinkan, tambahkan jahe pada air hangat karena rempah yang satu ini memiliki manfaat yakni mampu menenangkan.

 

3. Teh Jahe

Cara alami mengatasi vertigo yang selanjutnya selain air putih yaitu dengan teh jahe. Rempah yang satu ini dapat mengurangi efek vertigo lebih baik dan cepat. Kalian bisa merendam jahe dalam air mendidih selama 5 menit. Berikan madu sebagai penambah rasa. Minumlah teh jahe ini dua kali sehari untuk meredakan pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya.

 

4. Konsumsi Susu dan Olahan Sejenisnya

Susu maupun olahan sejenisnya ternyata menjadi obat alami untuk meredakan vertigo nih. Hal ini lantaran susu dan olahan sejenisnya salah satu cara yang baik untuk menangani vertigo secara alami. Selain menambah asupan gizi dan menunjang kesehatan, susu akan membuat kalian lebih mudah beristirahat.

 

5. Konsumsi Kacang Almond

Kacang almond memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk dapat mengatasi vertigo. Kandungan vitamin A, B, dan E pada kacang almond lah yang mampu mengurangi gejala vertigo. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup dengan rutin mengonsumsi segenggam kacang almond setiap harinya. Dengan begitu juga meminimalisir supaya vertigo nggak kambuh lagi.

 

6. Jangan Tinggalkan Sarapan

Sarapan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Namun, seringkali banyak orang yang masih melewatkan sarapan. Bagi kalian penderita vertigo, melewatkan sarapan bisa memicu serangan vertigo secara tiba-tiba. Sarapan juga menjadi salah satu asupan nutrisi dan energi sebelum tubuh memulai aktivitas di pagi hari. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi gizi dengan makan 3 kali dalam sehari.

 

7. Lakukan Gerakan Foster

Kalian bisa melakukan gerakan foster apabila sakit di kepala sudah mulai mereda. Gerakan foster sendiri bisa dilakukan dengan cara tekuk perlahan tubuh ke posisi berlutut dengan muka menatap ke langit-langit ruangan selama beberapa detik.

Setelah itu, bungkukkan badan dengan kepala berada di antara kedua lutut, lakukan hal tersebut selama beberapa detik hingga rasa sakit berkurang. Selain itu, lakukan gerakan dengan memposisikan kepala ke sisi telinga, lalu lakukan ke sisi telinga satunya. Setelah itu cobalah untuk berdiri secara perlahan. Tujuan dari gerakan foster ini untuk mengurangi rasa sakit di kepala.

 

8. Lakukan Gerakan Epley

Melakukan gerakan epley merupakan salah satu cara mengatasi vertigo yang sudah banyak dilakukan. Ketika tiba-tiba kalian merasakan vertigo kambuh dan muncul di sisi kiri kepala kalian bisa coba duduk di pinggir kasur dan memutar kepala 45 derajat ke kiri. Tahan kepala dan berbaring segera dengan kepala menghadap kasur. Setelah itu, putar kelapa 90 derajat ke arah kanan tanpa mengangkat kepala dan duduklah secara perlahan tanpa terburu-buru.

 

9. Menghirup Aromaterapi

Cara mengatasi vertigo secara tiba-tiba yaitu dengan menghirup aroma terapi. Pilihlah aroma terapi yang memiliki aroma segar seperti citrus. Hal ini mampu meredakan rasa mual dan juga pusing akibat gejala dari vertigo. Selain aromaterapi citrus, kalian juga bisa coba aromaterapi minyak kayu putih. Cobalah hirup aromanya dalam-dalam agar tubuh dan pikiran kembali rileks.

 

10. Menundukkan Kepala dan Jongkok

Selanjutnya, cara mengatasi vertigo apabila muncul secara tiba-tiba yaitu dengan menundukkan kepala dan jongkok. Bersandarlah dan lakukan kembali mengatur napas dalam posisi duduk. Hal ini supaya lebih rileks dan darah dapat mengalir dengan normal.

Itulah sederet cara mengatasi vertigo yang perlu kalian ketahui. Selain itu, bagi penderita vertigo ada baiknya untuk menghindari makanan bersantan. mengandung gula, serta gorengan. Mulailah menjaga tubuh dengan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI