10 Cara Mengecilkan Perut Secara Alami, Selamat Tinggal Perut Buncit!

Kamis, 20 Juni 2019 17:10 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Cara Mengecilkan Perut Secara Alami, Selamat Tinggal Perut Buncit!
ilustrasi cara mengecilkan perut secara alami (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Perut yang buncit memang sangat mengganggu penampilan. Untuk menutupinya kadang harus pintar memilih outfit yang akan digunakan. Jika menggunakan baju yang terlalu tipis atau kecil, perut buncit akan sangat membuat PD-mu menurun. Gimana ya cara yang efektif untuk mengecilkan perut secara alami? Sebelum beralih ke caranya, kita ketahui dulu, yuk, beberapa penyebab perut buncit!


Perut, merupakan bagian tubuh yang memiliki elastisitas tinggi, makanya, bagian perut sangat mudah mendapatkan lemak. Bukan hanya orang-orang obesitas atau berlebihan berat badan yang bisa mendapatkan perut buncit, bahkan, yang memiliki badan proporsional pun juga dapat mendapatkan perut buncit, lho, KLovers! Kenapa bisa ya?


Dilansir dari merdeka.com, penyebab perut buncit bisa jadi karena jarang olahraga. Sehingga, otot-otot pada bagian perut tidak atau hanya sedikit mengalami proses pembakaran lemak dan kalori. Ditambah lagi jika hanya melakukan aktivitas duduk, makan, dan lain-lain yang tidak membutuhkan gerakan tubuh yang banyak, perut bisa buncit, deh!


Penyebab lainnya yaitu makan sebelum tidur. Hayo, siapa di sini yang sering langsung tiduran setelah makan? Jangan dibiasakan, ya, KLovers! Walaupun dengan tidur memang dapat membantu membakar sebagian lemak, namun jika langsung tidur setelah makan, pembakaran lemak tidak akan bekerja secara efisien dan justru malah menambah timbunan lemak di perut kamu. Usahakan setidaknya beri jeda selama dua sampai tiga jam setelah makan terlebih dahulu, kemudian kamu bisa tidur tanpa perlu khawatir perut semakin membuncit.
Berikut adalah beberapa cara untuk mengecilkan perut secara alami.


1. Cardio


Melakukan cardio secara rutin akan membantu mengecilkan perut yang membuncit secara alami. Cardio merupakan jenis olahraga yang melibatkan hampir semua anggota tubuh. Contohnya adalah jogging, bersepeda, berenang, dan lain-lain. Saat melakukan cardio, otot-otot seperti pada betis, paha, punggung, perut, lengan, dan pundak akan bekerja untuk membakar lemak.


2. Yoga


Bagi yang belum tahu, sebuah penelitian di India membuktikan yoga dapat membantu menghilangkan gas yang berlebih pada perut. Sehingga, dapat membantu melancarkan pencernaan dan menghilangkan lemak pada perut secara alami. Selain itu, yoga juga dapat membuat kamu lebih rileks dan mengeluarkan hormon yang dapat membantu proses pembakaran lemak pada tubuh. Lakukan yoga setiap hari agar dapat mengecilkan perut secara optimal. Tidak perlu biaya banyak, kamu dapat melakukannya di rumah dengan bantuan instruktur terlatih maupun mempelajarinya melalui internet.


3. Sit-up dan push-up


Sudah menjadi pengetahuan umum kalau melakukan sit-up dan push-up dapat membantu mengecilkan perut buncit. Asalkan disiplin melakukannya rutin setiap hari, perut yang buncit akan hilang secara cepat. Disarankan untuk melakukannya setiap pagi karena akan membantu mengontrol nafsu makan.


4. Teh hijau


Minuman yang dikenal sebagai minuman favorit orang Jepang ini memang memiliki sangat banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya dapat mengecilkan perut secara efektif dan alami. Dan pastinya juga dapat menurunkan berat badan. Minum teh hijau setiap hari dan usahakan tanpa gula, ya, KLovers! Kamu juga dapat meminum teh hijau setiap sebelum makan, karena teh hijau akan membuat perut terasa lebih kenyang dan kamu akan makan secukupnya saja setelahnya. Menarik, bukan?


5. Teh jeruk nipis


Selain teh hijau, untuk mengecilkan perut secara alami juga dapat dilakukan dengan meminum teh biasa yang dicampur dengan perasa jeruk nipis. Sangat mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jeruk nipis yang kamu tambahkan pada teh cukup satu sendok makan saja. Selain sehat, rasanya juga segar, lho.


6. Madu dan jahe


Kandungan zat fruktosa pada madu dapat membantu membakar lemak pada tubuh, sehingga madu dapat digunakan untuk mengecilkan perut secara alami. Selain membakar lemak, banyak manfaat lainnya yang terkandung pada madu, seperti mencegah dan mengobati beberapa penyakit.
Sementara jahe, dapat membantu menekan nafsu makan secara alami. Sehingga, jika kamu ingin berdiet dan mengurangi asupan makanan, jahe adalah salah satu solusinya. Jahe dapat dikonsumsi bersama dengan madu, cara membuatnya sangat mudah.
Siapkan air putih yang sudah diseduh di dalam gelas. Kemudian, masukkan tiga sendok madu dan dua sendok perasan jahe, aduk sampai merata dan siap untuk diminum. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat meminum campuran air madu dan jahe ini dua kali sehari setiap hari dan lihat saja hasilnya!


7. Sayur dan buah


Untuk mengecilkan perut secara alami, mulailah mengurangi konsumsi makanan yang berlemak dan beralih ke sayur dan buah setiap hari. Sayur dan buah adalah makanan rendah lemak dan hanya mengandung sedikit kalori, namun, kaya akan serat.
Nah, kandungan serat yang tinggi pada sayur dan buah akan membantu mengikat kandungan air pada tubuh sehingga dapat melancarkan pencernaan dan melarutkan lemak. Sebuah studi mengatakan bahwa mengkonsumsi 14 gram serat setiap hari akan menurunkan 10 persen kalori dan 4 persen lemak pada perut.

 

8. Mengurangi konsumsi gula

 

Tahukah kamu jika ada dua macam gula yang biasa terdapat pada makanan? Yaitu glukosa dan fruktosa. Nah, kalian pasti sudah banyak mendengar mengenai glukosa. Bagaimana dengan fruktosa? Ternyata fruktosa hanya bisa dimetabolisme di bagian hati, lho, KLovers! Bahkan dalam takaran tertentu. Sehingga, kalau kamu mengkonsumsi banyak makanan dan minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi, hati tidak akan sanggup untuk memetabolisme seluruh fruktosa dan akan mengubahnya menjadi lemak yang biasanya menumpuk pada perut! Yuk, kurangi asupan gula dari sekarang!

 

9. Minum air putih


Sering mendengar “minum air putih 8 gelas per hari”, kan? Ternyata sangat penting untuk meminum air putih yang cukup bagi tubuh, selain untuk menjaga kesehatan, hal ini juga dapat membantu cara mengecilkan perut, lho! Air putih dapat membuat kita merasa lebih kenyang. Sehingga, dapat mencegah makan dalam porsi yang besar.


10. Tidur teratur


Seperti yang dilansir pada detik.com, salah satu penyebab perut buncit yaitu tidak mendapat waktu tidur yang cukup dan teratur. Jika kekurangan jam tidur, tubuh akan membentuk hormon stres yaitu kortisol yang berefek pada menambah timbunan lemak di area perut. Tidur yang teratur, ya, KLovers!

Berakhir sudah informasi mengenai penyebab perut buncit dan cara mengecilkannya secara alami yang mudah dan ampuh jika kamu melakukannya secara rutin! Yuk mulai disiplin merawat kesehatan tubuh dari sekarang, ajak sahabat dan keluarga tercinta jua, ya, KLovers!

 


Penulis: Shahfara Raida Utami

 

 

 

(kpl/mag/fff)



MORE STORIES




REKOMENDASI