10 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari

Penulis: Wuri Anggarini

Diperbarui: Diterbitkan:

10 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari ┬ęShutterstock

Kapanlagi.com - Hari ini tiba-tiba muncul benjolan warna merah di ujung hidung. Padahal besok ada presentasi yang sangat menentukan perjalanan karier dalam pekerjaanmu. Ingin marah, tapi pada siapa? Jerawat sudah terlanjur nongol. Yang harus kamu lakukan adalah menemukan cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari.

Buat generasi masa kini, masalah jerawat pada wajah adalah gangguan yang sangat nggak diinginkan. Dengan kebutuhan untuk selalu tampil prima, kapan pun dan di mana pun, problem jerawat bakal bikin kepercayaan diri menurun drastis.Imbasnya juga banyak, lho. Buat yang masih jomblo, makin susah ngedeketin gebetan. Untuk yang sedang berkarir, hadirnya si benjolan merah ini bisa mengancam masa depanmu, seperti contoh yang sudah disebutkan di atas.

Secara kimia, jerawat mungkin bisa diatasi dengan beberapa antibiotik, seperti tetracycline, doxycycline, minocycline, dan erythromycin. Tapi semuanya bukanlah cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan hasilnya sehingga nggak bisa diandalkan untuk menghilangkan tonjolan-tonjolan kemerahan yang mengganggu ini dalam sekejap.

Sebelum mengetahui cara-cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari, sebaiknya kenali lebih dekat tentang jerawat. Penyakit ini terjadi saat kondisi kulit wajah mengalami infeksi dan radang pada kelenjar minyak. Jerawat akan terasa sakit saat disentuh. Sayangnya situasi ini malah bikin penderita seringkali gemas dan pengen memencet biang jerawat ke luar dari pori-pori, yang justru makin memperburuk keadaan.

Sebagai catatan, peradangan ini diawali saat sebum berlebih menembus dinding folikel. Lalu di dalam pori-pori, sebum tersebut bercampur dengan sel kulit mati yang kemudian menimbulkan penyumbatan pada lubang pori-pori. Karena sumbatan ini, bakteri dan radikal bebas berkembang biak, serta merusak jaringan kulit, yang akhirnya menimbulkan kemerahan, tanda terjadinya peradangan.

Penasaran dengan strategi manjur hadapi dan musnahkan gangguan ini secara cepat dan tepat? Nah, kini saatnya untuk tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari lewat tips-tips di bawah ini.

1. Es Batu

©Pexels

Hal pertama sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari adalah menggunakan es batu. Sensasi dingin diharapkan mampu meredam terjadinya peradangan sehingga ruam merah bisa menghilang secepat mungkin.

Untuk langkahnya, bungkus potongan-potongan es batu dalam kain. Setelah itu tempelkan kain berisi es batu pada bagian wajah yang terinfeksi. Tahan selama beberapa menit dan lakukan selama berulang hingga kemerahan berkurang dengan sendirinya. Pastikan juga nggak terlalu gemas dan kuat saat menempelkan kain dan es batu karena bisa menimbulkan luka pada jerawat dan membuat situasi makin parah.

2. Obat Tetes Mata

Percaya nggak percaya, ternyata obat tetes mata bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Kandungan tetrahydrozoline hydrochloride konon bisa membantu meredakan kemerahan pada kulit akibat radang secara cepat pada jerawat.

Metode menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari ini adalah membasahi kapas  menggunakan cairan tetes mata, lalu letakkan dalam freezer. Biarkan kapas itu terkena dingin semalaman, kemudian gunakan untuk mengompres bagian yang mengalami radang. Tempelkan selama beberapa menit di atas jerawat agar cairannya terserap ke dalam kulit dan membantu mengecilkan pembuluh darah. Bila tanda kemerahan nggak juga menghilang, coba ulangi lagi dengan cara yang sama.

3. Bawang Putih

©Pexels

Bawang putih selain bikin masakan jadi sedap juga bisa kamu andalkan untuk cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Karena bisa didapatkan dengan mudah dan dari bahan alami, sangat disarankan untuk mencoba menggunakan masker bawang putih ini untuk bantu hilangkan jerawat secara cepat.

Untuk bikin masker bawang putih, siapkan beberapa siung untuk ditumbuk hingga halus. Setelah itu gunakan masker tersebut pada bagian kulit yang berjerawat dan diamkan beberapa saat. Sesudah itu cuci wajah hingga bersih. Jangan lupa pakai pembersih muka untuk hilangkan aroma bawang putih.
Selain dengan ditumbuk halus, kamu juga bisa manfaatkan irisan-irisan tipis bawang putih untuk ditempelkan pada bagian wajah yang berjerawat.

4. Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis untuk kehidupan manusia itu benar-benar luar biasa. Salah satunya adalah sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Kandungan citrit acid yang dimiliki oleh jeruk nipis dipercaya bisa membersihkan sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab utama terjadinya jerawat pada wajah.

Untuk menggunakan buah ini dalam mengobati jerawat dengan cepat, iris jeruk nipis dan peras airnya. Kemudian campurkan perasan air jeruk nipis dengan air mawar, lalu aduk hingga merata. Gunakan masker campuran ini pada daerah-daerah wajah yang berjerawat dan diamkan hingga maksimal 15 menit. Kalau sudah, bersihkan sisa-sisa masker tersebut dengan menggunakan air hangat.

5. Pepaya

©Pexels

Buah pepaya punya kandungan vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan manusia, salah satunya adalah untuk memelihara kulit agar tetap segar dan sehat. Kamu juga bisa manfaatkan buah manis ini untuk membantu meredakan peradangan akibat jerawat.

Sebagai persiapannya, kupas pepaya secukupnya, kemudian blender irisan buahnya hingga lembut. Nggak perlu repot-repot lagi, langsung saja oleskan ramuan pepaya tersebut pada bagian kulit yang berjerawat, lalu diamkan selama 20 menit. Setelahnya, bersihkan sisa-sisa masker pepaya di wajah dengan menggunakan air hingga bersih.

6. Aspirin

Nggak hanya berguna untuk melawan sakit kepala, aspirin ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Kandungan asam salisilat yang dimiliki aspirin dipercaya juga mampu mengurangi peradangan. Kinerjanya adalah dengan menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi kemerahan.

Kalau kamu pilih aspirin untuk obati jerawat dalam sehari, sebutir aspirin dibelah jadi dua. Gunakan separuh bagiannya dan larutkan bersama air. Setelah itu, oleskan ‘ramuan’ ini pada jerawat, lalu tutup dengan plester dan biarkan selama 30 menit.

7. Minyak Lavender

©Pexels

Kalau punya minyak lavender di rumah, gunakan untuk melawan jerawat menjemukan yang tiba-tiba muncul di wajahmu. Sifat anti-mikroba yang dimiliki oleh minyak ini bisa membantu kulit untuk mengurangi efek peradangan, sekaligus mendorongnya untuk membentuk sel-sel baru.

Penggunaannya nggak repot, kok. Cukup siapkan minyak lavender secukupnya, kemudian usapkan pada bagian kulit yang mengalami peradangan akibat jerawat. Diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

8. Putih Telur

Satu lagi bahan yang mudah didapatkan dan digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari, yaitu putih telur. Bahkan lebih dari itu, sudah banyak orang yang memanfaatkan masker dari putih telur untuk membuat kulit terlihat lebih cerah, kencang, dan segar, lho.

Untuk menggunakan putih telur dalam pengobatan jerawat, langkah pertama adalah menyiapkan sebutir telur. Pecahkan telur tersebut, lalu pisahkan bagian putihnya dengan kuning telur. Setelah mendapatkan putih telur, kocok hingga berbusa. Lalu oleskan masker tersebut pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Jangan lupa bersihkan wajah dengan air hangat untuk membilas sisa-sisa putih telur.

9. Pasta Gigi

Nggak cuma bermanfaat untuk melindungi dan memperkuat gigi, pasta gigi juga bisa kamu pakai sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Kandungan silica yang dimiliki oleh benda yang sering disebut odol oleh masyarakat Indonesia ini dipercaya bisa mengeringkan jerawat.

Tapi harus diingat, untuk menggunakan pasta gigi sebagai cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari, gunakan yang nggak memiliki kandungan mint/mentol dan fluoride. Soalnya, bahan-bahan ini bisa bikin kulit jadi iritasi dan bahkan bisa bikin jerawatan makin parah.

10. Kulit Pisang

©Pexels

Ingin tahu cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari? Kulit pisang bisa menjadi alternatifnya. Bahan yang satu ini dapat bekerja efektif mengurangi pembengkakan pada kulit yang diakibatkan oleh benjolan jerawat. Cara aplikasinya juga gampang kok. Usapkan kulit pisang dengan lembut di area yang memiliki jerawat membandel.

Alternatif lain, campurkan kulit pisang, garam, 1 sendok teh cuka dan 1 sendok makan sirup maple, lalu blender hingga rata. Gunakan masker ini untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Diamkan 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Ketika segala cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari nggak juga memunculkan hasil sesuai dengan yang diinginkan, saatnya untuk memanfaatkan gaya make up untuk menyamarkan benjolan merah yang mengganggu penampilan.

Yang penting, pilih produk-produk yang sesuai dengan kondisi kulit, serta nggak berminyak dan non-komedo. Misalnya, kosmetik berbahan mineral dengan kandungan titanium dioksida, zinc oksida, dan silica yang cukup aman bagi kulit. Supaya maksimal, jangan lupa untuk menggunakan bedak agar makeup nggak gampang luntur.

Jerawat memang menyebalkan, apalagi kalau munculnya di saat yang nggak tepat. Beruntung, ada banyak cara hilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari, baik dengan bantuan kimiawi, atau dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selamat mencoba dan nggak usah takut lagi hadapi jerawat!

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/xap)

Editor:

Wuri Anggarini

Rekomendasi
Trending