10 Cara Mengobati Herpes dengan Bahan Alami, Salah Satunya Menggunakan Tepung Jagung

Selasa, 17 November 2020 19:44 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Mengobati Herpes dengan Bahan Alami, Salah Satunya Menggunakan Tepung Jagung
Ilustrasi (credit: Wikimedia Commons)


Kapanlagi Plus - Herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang sering terjadi di sekitar area wajah. Herpes sendiri penyakit kulit yang timbul akibat serangan virus HSV. Sedangkan virus herpes yang paling terkenal adalah herpes simplex virus. Gangguan kulit yang satu ini biasanya muncul di permukaan kulit berupa luka kemerahan atau gelembung berisi air. Biasanya luka yang terjadi akibat herpes ini juga disertai dengan gejala lain, seperti rasa gatal dan perih.

Herpes dikenal sebagai penyakit kulit yang bisa menular. Tentu saja keberadaannya di wajah akan membuat orang lain jadi enggan mendekat dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Meski biasanya, ruam dan lepuh pada kulit bisa timbul di mana saja. Jika tidak mendapatkan perawatan yang benar, ruam dan lepuh ini akan meninggalkan bekas di kulit. Tentu saja permasalahan ini kalian hindari bukan? Lalu bagaimana cara mengobati herpes secara alami dan mudah dilakukan? Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

 

1. Lidah Buaya

Tak hanya untuk kesehatan rambut, lidah buaya memang terbukti mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya dapat mengobati herpes. Kalian bisa memanfaatkan gel lidah buaya untuk mengurangi rasa sakit dan panas karena herpes. Caranya, kalian hanya perlu menempelkan gel lidah buaya pada wajah yang terkena herpes. Lakukan cara ini secara rutin sampai herpes menghilang.

 

2. Teh Hijau

Cara mengobati herpes selanjutnya yaitu dengan menggunakan teh hijau. Hal ini lantaran Teh hijau memiliki sifat sebagai antioksidan dan antivirus. Keduanya bisa membantu mencegah infeksi yang datang untuk kedua kali.

Hal ini penting sekali dilakukan, karena herpes termasuk penyakit kulit seumur hidup dan bisa muncul berulang-ulang.Katekin yang dimiliki teh hijau akan menghambat pertumbuhan bakteri dan virus pemicu herpes. Selain itu, mengonsumsinya juga bisa mempercepat pemulihannya.

 

3. Es Batu

Cara mengobati herpes dengan mudah dan sederhana yaitu menggunakan es batu. Sensasi dingin yang diberikan es batu bisa membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi terjadinya inflames yang dapat membuat herpes semakin menyebar.

Cara mengobati herpes menggunakan es batu yaitu dengan menyiapkan es batu, dan kain untuk mengompres. Setelah itu, masukkan es batu ke dalam air. Jika dirasa sudah dingin, celupkan kain ke air es. Tempelkan pada wajah yang sakit dan ganti kain jika suhunya sudah berubah.

 

4. Cuka Apel

Cara mengobati herpes selanjutnya yaitu dengan cuka apel. Sifat antiradang dan antivirus yang dimiliki oleh cuka apel inilah yang dapat mengobati herpes. Cara menggunakannya, kalian hanya perlu mencampurkan 1 sendok cuka apel dengan 3 sendok air. Aduk keduanya dengan merata dan oleskan campuran ini ke wajah yang terinfeksi. Selain itu, kalian nggak perlu khawatir ya, sebab cuka apel termasuk aman ketika digunakan di wajah.

 

5. Bawang Putih

Bawang putih juga di klaim bisa mengobati herpes lho. hal ini karena bawang putih mengandung antivirus yang mampu melemahkan virus herpes. Cara mengobati herpes menggunakan bawang putih yaitu dengan mencincang halus satu siung bawang putih. Setelah itu, kalian bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun, lalu oleskan campuran tersebut ke area yang terkena herpes sebanyak 3 kali sehari.

 

6. Baking Soda

Tahukah kalian jika mengoleskan baking soda yang telah dicampur dengan air pada area yang terinfeksi dipercaya dapat mengobati penyakit herpes lho. Campuran tersebut dapat membuat luka menjadi cepat kering dan mengurangi rasa gatal.

Cara menggunakannya pun terbilang sangat mudah. Pertama-tama campurkan baking soda dengan air sampai berubah menjadi pasta. Dengan bantuan bola kapas, kalian bisa langsung mengoleskan campuran tersebut ke area yang terinfeksi agar luka kering.

 

7. Tepung Jagung

 Tepung jagung atau tepung maizena juga menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mengurangi efek gatal dari herpes. Selain itu, tepung ini juga mampu untuk mempercepat pengeringan luka akibat herpes. Cara menggunakannya, siapkan tepung jagung dan air dingin 30-100 ml/sesuai kebutuhan.

Setelah itu, larutkan tepung ke dalam air dingin yang telah disiapkan. Usahakan untuk tidak terlalu ecer. Dengan bantuan kapas, celupkan kapas ke dalam larutan jagung lalu usapkan ke daerah sekitar herpes secara perlahan.

 

8. Minyak Kelapa

Diketahui minyak kelapa memang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Tak heran jika minyak kelapa juga dapat membantu penyembuhan herpes di kulit. Asam laurat yang memiliki sifat antibakteri ini dapat menyembuhkan luka dan mengurangi rasa perih dari herpes.

Cara mengobati herpes menggunakan minyak kelapa yaitu dengan menyiapkan larutan minyak kelapa seberat 10-30 ml. Setelah itu, minum minyak kelapa maksimal 2x sehari. Kalian bisa mendapatkan ekstrak minyak kelapa di apotek terdekat.

 

9. Susu Kambing

Selanjutnya, susu kambing bisa menjadi alternatif sebagai obat alami herpes lho. Sebab, susu kambing mengandung bahan antivirus, sehingga dapat digunakan sebagai obat herpes untuk melemahkan virus herpes.cara menggunakannya, kalian dapat mengoleskan susu kambing ke area infeksi secara langsung tanpa perlu dilarutkan terlebih dahulu.

 

10. Mengonsumsi Yogurt

Mengonsumsi yogurt secara rutin ketika kulit terkena herpes, hal tersebut akan membantu mengobati penyakit ini. Yogurt dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah penyakit lain menyerang tubuh. Oleh karenanya, kalian bisa mengonsumsi yogurt supaya terhindar maupun mengobati herpes.

Itulah sederet cara mengobati herpes secara alami yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI