10 Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami, Ampuh dan Sederhana

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

10 Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami, Ampuh dan Sederhana
Ilustrasi (credit: via merdeka.com)

Kapanlagi.com - Cara mengobati mata bintitan seringkali banyak orang yang belum mengetahuinya. Masalah kesehatan yang satu ini rupanya juga sudah banyak dialami oleh kebanyakan orang. Bintitan sendiri merupakan kondisi benjolan yang menyakitkan mirip jerawat yang tumbuh di tepi kelopak mata. Umumnya, bintitan disebabkan oleh infeksi bakteri yang biasanya hanya muncul pada salah satu kelompok mata. Tak hanya rasa sakit, rasa percaya diri juga akan berkurang karena bintitan.

Pada dasarnya, ada beberapa penyebab terjadinya mata bintitan seperti menyentuh mata dengan tangan kotor, memakai makeup kadaluwarsa sehingga tidak cocok dengan kulit, dan tidak membersihkan riasan makeup sebelum tidur. Nah, kotoran yang menyumbat di kelenjar minyak bulu mata inilah yang menyebabkan bintitan.

Bahkan, terkadang beberapa orang merasa risi ketika bintitan terus membesar dan ingin sekali memencetnya. Padahal, hal ini tidaklah disarankan karena dapat menimbulkan infeksi. Untuk itulah, ada sederet cara mengobati mata bintitan menggunakan bahan alami yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi bintitan. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

 

1. Daun Jambu Biji

Cara mengobati mata bintitan dengan cara alami yaitu memanfaatkan daun jambu biji. Hal ini lantaran daun jambu biji memiliki zat antiinflamasi yang dapat menyembuhkan peradangan dan pembengkakan dengan cepat. Selain itu, daun jambu biji juga disebut ampuh mengurangi rasa gatal akibat bakteri pada mata bintitan.

Cara mengobati mata bintitan dengan daun jambu biji dengan menyiapkan lima lembar daun jambu biji, kemudian rebus selama lima menit. Setelah itu, gunakan air rebusan daun jambu biji tersebut untuk mengompres mata yang bintitan.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kompres Air Hangat

Cara mengobati mata bintitan yang mudah dan sederhana yaitu hanya dengan mengompres air hangat. Kompresan air hangat dinilai cukup efektif untuk mengobati mata bintitan agar lekas mengempis. Kalian hanya perlu menyiapkan handuk bersih untuk mengompres. Setelah itu, tempelkan kompresan air hangat pada mata dan tahan selama 5 hingga 10 menit. Ulangi cara ini sebanyak tiga kali sehari supaya bintitan segera sembuh.

 

3. Kantung Teh Hangat

Kantung teh yang masih hangat bisa digunakan untuk mengobati mata bintitan lho. Teh hitam diyakini menjadi bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan akibat mata bintitan.

Cara menggunakannya, rebus air dan masukkan kantong teh ke dalam cangkir seperti saat sedang membuat teh pada umumnya. Biarkanlah teh selama satu menit. Tunggu sampai kantong teh cukup hangat untuk ditempatkan di atas mata. Tempelkan pada kelopak mata selama 5 hingga 10 menit.

 

4. Kompres dengan Getah Lidah Buaya

Lidah buaya rupanya memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan, salah satunya dapat mengobati mata bintitan. Cara mengobati mata bintitan dengan getah lidah buaya yaitu cukup mengoleskan getah lidah buaya ke area mata yang bintitan. Lidah buaya mampu menyembuhkan karena sifatnya yang analgesik dan anti bakteri.

 

5. Bersihkan Mata

Bintitan memang disebabkan karena kotoran yang menyumbat lubang sejenis pori-pori di kelopak mata. Dengan begitu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan membersihkan mata, khususnya bagian kelopak mata. Kalian bisa membersihkan mata dengan menggunakan sabun atau sampo. Namun, tentu harus dilakukan secara hati-hati.

Disarankan untuk memakai sabun atau sampo bayi yang relatif tidak pedih di mata. Baiknya, membersihkan kelopak mata memang dilakukan secara rutin sampai bintitan mengempis dan hilang. Cara ini juga bisa kalian lakukan sebagai bentuk pencegahan.

 

6. Daun Ketumbar

Mata bintitan rupanya juga bisa diobati menggunakan daun ketumbar lho. Hal ini lantaran daun ketumbar kaya akan zat antibakteri dan antiradang. Cara mengobati mata bintitan menggunakan daun ketumbar yaitu dengan merebus terlebih dahulu daun ketumbar. Setelah itu, gunakan air rebusan daun ketumbar untuk mengompres area mata yang bintitan.

 

7. Daun Paterseli

Daun paterseli tak kalah mempunyai manfaat yang ampuh untuk mengobati mata bintitan. Caranya pun terbilang cukup mudah, pertama-tama rebus beberapa lembar daun peterseli sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat kemudian dinginkan sebentar.

Lalu, saring airnya dan rendam kain bersih di dalamnya. Jika sudah, kalian bisa langsung meletakkan kain basah tersebut di atas mata yang terkena bintitan sekitar 10 menit. Daun peterseli akan membantu mengurangi peradangan atau bengkak pada mata.

 

8. Memijat Bagian Luar Kelopak Mata

Cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi bintitan adalah dengan melakukan pijatan pelan di sekitar luar kelopak mata. Memijat kelopak mata yang bintitan biasanya dilakukan untuk membuat bintit di mata lekas kempis. Selain itu, pijitan-pijitan perlahan di kelopak mata juga bisa membuat otot mata yang bengkak lebih rileks dan tak begitu menyakitkan.

 

9. Bawang Putih

Meski memiliki bau yang menyengat, namun rupanya bawang putih bisa kalian gunakan sebagai cara mengobati bintitan lho. hal ini karena bawang putih mengandung zat anti bakteri yang bisa menyembuhkan bintitan.

Cara menggunakannya, bersihkan mata terlebih dahulu menggunakan air hangat dan siapkan bawang putih. Setelah itu, haluskan bawang dan oleskan pada daerah kelopak mata yang bintitan. Mengoleskannya secara rutin dapat menghilangkan bintitan dengan cepat.

 

10. Kentang

Cara mengobati bintitan secara alami selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan kentang. Bahkan, cara menggunakannya pun terbilang mudah. Pertama-tama, potonglah kentang dan kemudian oleskan getahnya pada mata yang bintitan. Cara ini diyakini efektif untuk mengempeskan mata bengkak karena bintitan.

Itulah sederet cara mengobati mata bintitan secara alami, mudah sehingga benjolan di mata pun cepat menghilang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending