10 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami, Ampuh dan Mudah

Jum'at, 13 November 2020 16:22 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami, Ampuh dan Mudah
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mengalami sakit mata yang terkadang terjadi kapan saja dan dimana saja ini memang harus segera ditangani. Selain mengganggu penglihatan, sakit mata pun juga menyebabkan rasa gatal dan perih yang timbul sehingga membuat warna kemerahan pada mata. Tak heran jika kondisi ini sangat mengganggu dan ingin cepat-cepat mengetahui cara mengobati sakit mata.

Biasanya sakit mata sendiri disebabkan oleh alergi, infeksi, atau kurangnya cairan pada mata yang mengakibatkan mata menjadi kering dan terasa perih. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti alergi, bakteri, virus konjungtiva, hingga kontaminasi bahan kimia. Meski sakit mata bisa membaik dengan sendirinya, namun kalian juga harus segera mengatasinya supaya tidak mengganggu kenyamanan.

Nah, lalu bagaimana cara mengobati sakit mata dengan mudah dan ampuh? Tenang, sebab ada sederet cara mengobati sakit mata menggunakan bahan alami dan rumahan yang tentunya aman digunakan. Yuk langsung saja cari tau cara mengobati sakit mata yang mengganggu.

 

1. Air Mawar

Cara mengobati sakit mata yang pertama yaitu menggunakan air mawar. Tak hanya memiliki khasiat yang bagus untuk kecantikan, akan tetapi air mawar juga mampu mengobati sakit mata secara alami. Sebab, air sari mawar dapat digunakan untuk membersihkan mata sehingga mampu meringankan sakit mata juga. Kalian bisa mempraktikkan cara alami ini tiga kali dalam sehari. Setelah itu, rasa sakit pada mata akan segera menghilang.

 

2. Susu

Cara mengobati sakit mata selanjutnya, kalian bisa memanfaatkan susu murni untuk meredakannya. Susu murni ini bisa bantu kalian untuk mengobati sakit yang diakibatkan alergi ataupun iritasi debu. 

Cara mengobati sakit mata dengan menggunakan susu murni ini cukup menggunakan kapas yang ditetesi susu murni dan kompreskan kapas tersebut pada area mata yang sakit. Diamkan beberapa saat dan lakukan cara ini secara rutin untuk mengurangi rasa tanda-tanda sakit mata.

 

3. Madu

Madu memiliki sifat pembersihan dan antibakteri alami yang melindungi mata dari penyakit. Maka dari itu madu bisa menjadi cara mengobati sakit mata. Cara menggunakannya, oleskan satu tetes madu ke dalam mata yang sakit.

Jika kalian merasa terbakar pada mata saat dioleskan, maka jangan khawatir karena itu normal. Cara ini akan semakin cepat menunjukkan hasil yang baik jika dilakukan secara rutin tiga kali sehari hingga mata membaik.

 

4. Daun Sirih

Selanjutnya, cara mengobati sakit mata dengan cepat dan alami bisa juga menggunakan daun sirih. Cara menggunakannya, siapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun sirih yang telah dicuci bersih, lalu rebus dengan menambahkan sedikit garam sampai mendidih.

Diamkan sampai rebusan menjadi dingin, lalu saring sampai menyisakan airnya. Gunakan air sisa rebusan untuk mencuci mata tiga kali sehari.

 

5. Jus Kentang

Siapa sangka nih kentang yang diubah menjadi jus kentang ternyata mempunyai khasiat untuk mengobati sakit mata lho. langkah ini terbukti efektif untuk mengobati mata yang memerah.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencuci bersih kentang, lalu kupas dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu, bungkus kentang dalam kain halus, lalu gunakan sebagai kompresan pada mata sekitar 15 menit. Setelah itu, bersihkan area mata dengan air bersih.

 

6. Bawang Putih

Cara mengobati sakit mata yang tak kalah mudah selanjutnya yaitu hanya dengan menggunakan bawang putih. Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, namun juga dapat mengobati mata merah. Cara menggunakannya, pertama-tama cuci bersih bawang putih dan keringkan.

Potong ujung bawang putih dan oleskan pada kelopak mata bagian bawah. Diamkan sampai air mata keluar, lalu ulangi mengoleskan kedua kalinya. Ada baiknya, kalian melakukannya sebelum tidur agar tidak mengganggu aktivitas.

 

7. Kantung Teh

Kantung teh yang biasanya langsung kalian buang, ternyata bermanfaat sebagai cara mengobati sakit mata seperti meredakan pembengkakan, mata merah, kering, serta iritasi dalam lantaran kandungan antioksidannya. Kalian juga bisa menggunakan jenis teh apapun mulai dari teh hijau, teh hitam, maupun teh celup biasa.

Cara menggunakannya yaitu dengan dinginkan kantung teh yang masih basah di dalam kulkas selama 3 sampai 5 menit. Setelah itu, kompres pada bagian mata yang membengkak selama 20 menit. Pengobatan ini bisa dilakukan sebanyak sekali sampai tiga kali dalam sehari.

 

8. Mentimun

Mentimun menjadi salah satu bahan alami yang efektif untuk meredakan sakit mata. Sebab, mentimun mengandung zat bersifat anti iritasi yang dapat mengurangi rasa sakit, gatal, dan bengkak pada mata. Pertama-tama, kalian cukup mengiris mentimun, lalu tempelkan mentimun pada mata selama kurang lebih 10 menit setiap harinya.

 

9. Kompres Air Hangat

Selanjutnya, cara mengobati mata sakit dengan cara yang paling sederhana yaitu hanya dengan mengkompres. Kalian bisa memanfaatkan air hangat sebab dipercaya dapat meredakan iritasi mata, mata kering, hingga mata merah.

Tak hanya itu, mengkompres mata dengan air hangat juga dapat meredakan nyeri pada mata dan merelaksasi otot mata. Caranya, kalian hanya perlu merendam air pada air hangat. Setelah itu peras dan kompres kain tersebut pada mata yang sakit selama 20 menit.

 

10. Kompres Air Dingin

Tak hanya mengkompres menggunakan air hangat, kompres air dingin pun juga dapat meringankan sakit mata lho. Untuk mendapatkan manfaatnya, kalian bisa merendam kain bersih yang lembut dalam air dingin. Kemudian masukkan ke dalam freezer selama beberapa menit. Setelah itu, kompres kain tersebut pada mata yang sakit selama 20 menit.

Itulah sederet cara mengobati sakit mata. Itulah sederet cara mengobati mata sakit secara alami dan mudah. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mencegah sakit mata dengan tidak mengucek mata, cuci tangan teratur, dan rajin ganti sprei. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI