10 Ciri-Ciri Orang Munafik Menurut Agama Islam, Wajib Tahu dan Harus Dihindari

Penulis: Puput Saputro

Diperbarui: Diterbitkan:

10 Ciri-Ciri Orang Munafik Menurut Agama Islam, Wajib Tahu dan Harus Dihindari
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Munafik jadi salah satu sifat tercela yang harus dihindari. Bahkan dalam agama Islam, munafik merupakan sifat yang dibenci Allah SWT. Meski begitu, dalam akaran agama apapun sifat munafik tetap harus dijauhi. Sebab, sifat munafik bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Untuk terhindar dari sifat buruk ini, kita perlu tahu apa saja ciri-ciri orang munafik.

Munafik adalah sifat seseorang yang suka menampakkan kebenaran di hadapan orang banyak, padahal hal itu tidak sesuai dengan hati dan perbuatannya. Di agama Islam, cukup banyak bahasan mengenai sifat munafik, mulai dari dalam alquran hingga hadits. Salah satu hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Rasulullah pernah menyebut tiga ciri orang munafik, yaitu suka berdusta, ingkar janji, dan suka berkhianat.

Namun ternyata, ciri-ciri orang munafik tidak hanya tiga itu saja. Melainkan, masih ada beberapa hal yang bisa menjadi ciri-ciri dari orang munafik. Apa saja itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

 

 

 

1. Suka Berkata Dusta

Seperti yang disinggung sebelumnya, salah satu ciri-ciri orang munafik adalah suka berkata dusta. Padahal berkata dusta atau bohong merupakan hal yang tidak dianjurkan dalam setiap agama. Namun, orang munafik tak segan mengumbar perkataan dusta. Bahkan, terkadang orang munafik berdusta hanya untuk berusaha membuat orang lain terkesan. 

 

 

 

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Suka Ingkar Janji

Ciri-ciri orang munafik yang kedua yaitu suka mengingkari janji. Hal ini masih berkaitan dengan ciri-ciri yang sebelumnya. Orang munafik cenderung mudah mengingkari janji dengan alasan-alasan bohong yang dibuat-buat. Pada akhirnya, sifat suka berdusta dan ingkar janji inilah yang membuat orang munafik tidak bisa dipercaya.

 

 

 

 

 

 

3. Jika Dipercaya Berkhianat

Orang munafik memang jadi golongan yang tidak bisa dipercaya. Bahkan, orang munafik tak segan berkhianat dan mengkhianati kepercayaan yang sudah diberikan padanya. Selain berkata dusta dan ingkar janji, berkhianat jadi salah satu sifat orang munafik yang disebutkan langsung oleh Rasulullah lewat haditsnya. 

 

 

 

 

 

 

4. Bermuka Dua

Orang yang punya sifat munafik juga cenderung bermuka dua. Hal ini dikarenakan, orang-orang munafik tidak punya pendirian yang teguh. Bahkan, ada pula orang-orang munafik yang meragukan kebenaran dari Islam. Hal itu sebagaimana yang terkandung dalam firman Allah berikut.

"Dan apabila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman mereka berkata: 'Kami telah beriman'. Tetapi apabila mereka berjumpa kembali dengan setan-setan mereka berkata: Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok" (QS Al-Baqarah ayat 14).

 

 

 

 

 

 

5. Malas Beribadah

Orang munafik mungkin akan menunjukkan dirinya terlihat taat dan rajin beribadah di mata orang lain. Namun, dalam hatinya dia justru merasa malas dan terbebani untuk beribadah. Seperti dalam firman Allah berikut:

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk sholat, mereka berdiri dengan malas" (QS An-Nisa' ayat 142).

 

 

 

 

 

 

6. Menghalalkan Segala Cara

Orang munafik juga cenderung licik dan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Di kehidupan kesehariannya, orang-orang munafik tak jarang menebar tipu daya.

"Dan di antara manusia ada yang berkata "Kami beriman kepada Allah dan hari akhir," padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman. Mereka menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanyalah menipu diri sendiri tanpa mereka sadari. Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapatkan azab yang pedih, karena mereka berdusta" (QS Al-Baqarah ayat 8-10).

 

 

 

 

 

 

7. Riya'

Riya' termasuk salah satu perbuatan tercela yang harus dihindari. Ternyata, riya' juga tergolong salah satu ciri orang munafik. Hal ini terkandung kutipan ayat berikut:

" Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allahlah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk salat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud riya (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali" (QS An-Nisa' ayat 142).

 

 

 

 

 

 

8. Bangga Akan Dosa yang Diperbuat

Sejatinya perbuatan dosa merupakan aib. Sebagai orang yang beriman, kita harus menutupnya dengan taubat dan berjanji tak akan mengulanginya. Namun berbeda bagi orang munafik. Baginya, beberapa dosa yang diperbuat adalah hal yang membanggakan. Dia akan terus mencari pembenaran untuk bisa melakukan dosa tersebut secara terus menerus.

Hal tersebut sebagaimana yang terkandung dalam penggalan ayat berikut ini:

"Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa, "Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Mekah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Dia (Allah) berfirman, "Dan kepada orang yang kafir dan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali" (QS Al-Baqarah ayat 126).

 

 

 

 

 

 

9. Dengki

Perbuatan tercela lainnya yang bisa jadi ciri orang munafik ialah dengki. Orang yang munafik akan mempunyai penyakit hati berupa iri dan dengki. Meski orang munafik tak pernah menampakkannya. Penjelasan mengenai hal ini terdapat pada penggalan ayat di bawah ini.

"Jika kamu memperoleh kebaikan, (niscaya) mereka bersedih hati, tetapi jika kamu tertimpa bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, tipu daya mereka tidak akan menyusahkan kamu sedikitpun. Sungguh, Allah Maha meliputi segala apa yang mereka kerjakan."n (QS Al-Imran ayat 120).

 

 

 

 

 

 

10. Sholat dengan Terburu-buru

Ternyata ciri orang munafik juga bisa dilihat dari bagaimana dia beribadah, khususnya saat mengerjakan sholat. Orang munafik cenderung akan mengerjakan sholat dengan terburu-buru, sehingga tidak khusyuk. Ciri-ciri ini langsung disampaikan oleh nabi Muhammad SAW.

"Itulah sholat orang munafik. Itulah sholat orang munafik. Itulah sholat orang munafik. (Yaitu) dia menunggu matahari sampai hampir terbenam kemudian dia berdiri (untuk sholat ashar), lalu mempercepat (tanpa ada rasa khusyuk sedikitpun) empat rakaat, tanpa mengingat Allah di dalamnya kecuali sedikit sekali" (HR Muslim).

Itulah di antaranya 10 tanda-tanda orang munafik. Semoga kita dihindarkan berbagai perbuatan tercela yang menjadi ciri-ciri di atas. Amin.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending