10 Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami, Aman dan Ampuh

Jum'at, 27 November 2020 14:44 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami, Aman dan Ampuh
Cara menghilangkan kutu anjing (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Anjing memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang pandai dan menggemaskan. Tingkahnya yang lucu tersebut memang selalu sukses memperbaiki suasana hati sang pemiliknya. Tak heran jika banyak orang yang begitu mengidolakannya. Namun, kebanyakan orang yang memelihara anjing juga dihadapkan oleh permasalahan kesehatan anjing seperti kutu yang tentunya membuat kepanikan tersendiri pagi pemilik anjing.

Ya, kutu memang sering menyerang hewan peliharaan dan menyebabkan rasa gatal pada hewan. Gigitan kutu ini bisa menimbulkan luka dan juga bentol, bahkan bisa membuat si anjing menjadi stres. Belum lagi ketika anjing menggaruk-garuk bulunya dan menyebabkan kerontokan pada bulu indahnya itu.

Sebagai pemilik anjing, tentu kalian tidak ingin melihat anjing kalian selalu menggaruk-garuk tubuh lantaran adanya kutu yang bersarang di bulunya itu. Oleh sebab itu, permasalahan ini memang harus segera diatasi supaya anjing kembali nyaman dan terawat. Nah, berikut ini sederet cara menghilangkan kutu anjing yang perlu kalian ketahui. Yuk langsung saja simak ulasannya.

 

1. Lemon

Cara menghilangkan kutu anjing yang pertama yaitu bisa menggunakan lemon. Buah dengan cita rasa asam ini terbukti ampuh digunakan sebagai obat semprot kutu. Cara menggunakannya, iris terlebih dahulu buah lemon lalu rebus dengan sedikit air sampai mendidih.

Kemudian tunggu hingga larutan tersebut dingin lalu semprotkan pada anjing. Namun, perlu kalian ingat untuk selalu berhati-hati dan jangan sampai mengenai mata anjing ya.

 

2. Rosemary

Rosemary yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan ini ternyata juga dikenal sebagai obat alami pembasmi kutu. Hal ini lantaran aroma dari rosemary sangat tidak disukai dan membuat kutu segera hilang dari bulu anjing.

Cara yang terbilang mudah ini bisa kalian lakukan untuk tetap merawat anjing kesayangan. Kalian bisa menanam bunga yang satu ini dekat dengan kandang maupun beberapa tempat lain yang menjadi tempat bermain anjing.

 

3. Minyak Kelapa

Selanjutnya, cara menghilangkan kutu anjing yaitu dengan minyak kelapa. Rupanya, minyak kelapa nggak hanya mempunyai segudang manfaat bagi manusia, namun juga bermanfaat untuk hewan. Cara menghilangkan kutu anjing dengan minyak kelapa yaitu cukup mengoleskan satu sendok teh minyak kelapa langsung ke kulit anjing.

Minyak kelapa mempunyai manfaat tidak hanya mengusir kutu saja, tetapi juga membuat kulit dan bulu anjing mengkilap serta dapat mengurangi bau badan. Kalian juga bisa menambahkan minyak kelapa ke dalam makanan anjing. Hal ini dapat mengobati parasite usus karena sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus dalam minyak kelapa.

 

4. Minyak Lavender

Aroma lavender adalah aroma yang cukup populer digunakan untuk mengusir segala jenis serangga hingga kutu pada hewan, termasuk anjing. Aroma lavender sangat tidak disukai oleh kutu. Cara memanfaatkannya, kalian hanya perlu menyiapkan minyak lavender lalu menyemprotkannya ke anjing. Agar aroma dari lavender ini lebih maksimal, gunakan setelah memandikan anjing.

 

5. Cuka Apel

Cara menghilangkan kutu anjing selanjutnya kalian bisa menggunakan cuka apel. Kalian bisa menambahkan cuka apel dalam air minum anjing. Satu sendok teh cuka untuk setiap empat gelas air minum adalah takaran yang baik untuk membuat campuran ini. Kalian tidak hanya akan menghilangkan kutu, tetapi bulu dan kulit anjing kalian juga akan mendapatkan manfaat lain dari cuka apel.

 

6. Air Cuka

Air cuka menjadi bahan alami menghilangkan kutu anjing yang cukup efektif dan mudah. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu membuatnya dari campuran air cuka dan air biasa dengan komposisi 50:50. Campuran tersebut kemudian dihangatkan dengan api sedang dan setelah itu gunakan sebagai semprotan untuk bulu anjing.

 

7. Air Garam

Cara mudah dan ampuh untuk menghilangkan kutu yaitu hanya dengan bantuan garam. Selain mudah di temukan di dapur, penyedap makanan ini juga murah untuk dibeli. Khasiat air garam disebut dapat menghilangkan kutu kucing dan juga memberantas telur kutu kucing.

Cara mendapatkan manfaatnya, kalian cukup membuat larutan air garam menggunakan air hangat. Setelah itu gunakan larutan tersebut untuk berendam anjing. Pastikan supaya larutan garam tidak terlalu panas ya.

 

8. Daun Mimba

Tahukah kalian dengan daun mimba? Meski terdengar asing, daun mimba dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutu pada anjing. Daun yang biasa dibuat jamu ini memiliki aroma yang tidak disukai oleh kutu. Cara penerapannya yaitu kalian rebus daun mimba secukupnya lalu mandikan si anjing dengan menggunakan air tersebut.

 

9. Sisir Rambut Anjing Peliharaan

Cara menghilangkan kutu anjing yang sangat mudah dilakukan yaitu dengan menyisir rambut anjing peliharaan kalian dengan menggunakan sisir kutu. Gigi pada sisir kutu di desain khusus supaya kutu pada anjing mudah terperangkap.

Sisir kutu juga membantu menghilangkan kotoran kutu. Pastikan untuk melakukan perawatan khusus saat kalian menyisir area leher dan ekor anjing. Sebab, di situlah kutu sering mendapatkan makanan.

 

10. Menjaga Kebersihan Kandang

Selain menggunakan cara di atas, namun nggak lengkap kalau kalian juga tidak menjaga kebersihan kendang atau tempat tidur anjing. Oleh sebab itu, sudah seharusnya melakukan pembersihan kandang secara rutin agar tidak menimbulkan bau serta membuat anjing lebih terjaga kesehatannya dan tidak mudah diserang oleh kutu.

Itulah sederet cara menghilangkan kutu anjing yang bisa kalian coba supaya anjing peliharaan kembali bersih dan terawat. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI