10 Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia, Simak Penjelasannya!

Penulis: Dita Tamara

Diperbarui: Diterbitkan:

10 Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia, Simak Penjelasannya!
Jenis asuransi (credit: pixabay)

Kapanlagi.com - Apakah kalian salah satu seseorang yang masih bingung terkait jenis asuransi di Indonesia? Nah, sebelum kalian memahami jenis-jenis asuransi, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apa itu asuransi. Menurut Otoritas Jasa Keuangan, asuransi merupakan sebuah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat yang memegang polis dan dikenal sebagai tertanggung yang yang diwajibkan untuk membayar sejumlah premi dalam rangka memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tak terduga.

Sederhananya, asuransi adalah kesepakatan yang berlaku di antara dua pihak. Satu pihak akan berkewajiban untuk membayarkan sejumlah uang atau premi, sedangkan pihak lain akan menanggung risikonya. Seperti yang kalian ketahui jika ada banyak jenis asuransi di Indonesia. Apa saja? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

1. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi yang pertama yaitu asuransi kesehatan. Jenis asuransi ini menangani masalah kesehatan karena suatu penyakit serta menanggung biaya proses perawatan. Adapun penyebab sakit yang biasanya dapat ditanggung oleh asuransi ini seperti cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan. Asuransi kesehatan juga dikenal bisa dibeli untuk kepentingan tertanggung saja atau kepentingan orang ketiga.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Asuransi Jiwa

Selanjutnya, jenis asuransi di Indonesia yaitu asuransi jiwa. Jenis asuransi yang satu ini mempunyai keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya. Asuransi jiwa dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung saja atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga.

Bahkan asuransi jiwa juga dikenal bisa dibeli pada kehidupan orang lain. Sistem pembayaran untuk jenis asuransi jiwa pun bermacam-macam. Ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran setelah kematian dan yang lainnya bisa memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya. Asuransi

 

3. Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi pendidikan juga tak kalah penting dan populer karena hal ini memiliki banyak manfaat. Asuransi pendidikan sendiri merupakan solusi terbaik untuk menjamin kehidupan yang lebih baik terutama buat pendidikan anak. Biaya premi yang harus dibayarkan berbeda-beda tergantung perusahaan asuransi seperti tingkatan pendidikan yang ingin ditempuh nantinya. Jika memiliki asuransi pendidikan, maka orangtua pun tenang lantaran pendidikan anak sudah terjamin.

 

4. Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi lainnya yang sering ditemui di Indonesia yaitu asuransi Kendaraan. Asuransi jenis ini mempunyai keuntungan untuk melindungi kendaraan dari berbagai risiko yang ada di jalan raya. Beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan ikut asuransi kendaraan ini adalah terlindunginya kendaraan kalian dari risiko pencurian, kecelakaan, maupun bencana alam.

 

5. Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Selanjutnya, jenis asuransi di Indonesia yaitu asuransi kepemilikian rumah dan properti. Jenis asuransi ini yang akan melindungi beberapa aset berharga kalian seperti rumah, perusahaan, maupun barang-barang berharga lainnya. Tujuan dari asuransi ini yaitu untuk melindungi risiko kehilangan atau kerusakan yang bisa terjadi pada barang-barang pribadi tertanggung.

Pada dasarnya, dengan kalian mendaftarkan asuransi kepemilikan rumah dan properti ini maka kalian akan menerima penggantian kerugian akibat risiko yang menimpa rumah maupun properti.

 

6. Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis merupakan jenis asuransi untuk layanan proteksi terhadap kerusakan, kehilangan, maupun kerugian dalam jumlah besar yang mungkin terjadi pada bisnis seseorang. Manfaat dari asuransi bisnis untuk memberikan penggantian dari kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran, ledakan, gempa bumi, petir, banjir, angin ribut, hujan, tabrakan, hingga kerusuhan.

Dengan begitu, perlindungan terhadap karyawan sebagai aset bisnis, perlindungan investasi dan bisnis, asuransi jiwa menyeluruh untuk seluruh karyawan, hingga paket perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan terjamin.

 

7. Asuransi Kredit

Asuransi kredit merupakan proteksi atau kegagalan untuk melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti modal kerja, kredit perdagangan, dan lain-lain. Asuransi kredit ini bertujuan untuk melindungi bank atau lembaga keuangan lainnya dari kemungkinan tidak memperoleh kembali kredit yang dipinjamkan kepada nasabah dan membantu memberikan pengarahan serta keamanan perkreditan.

 

8. Asurasi Kelautan

Selanjutnya, jenis asuransi yang perlu kalian ketahui yaitu asuransi kelautan. Asuransi ini berhubungan dengan semua aktivitas yang ada di laut, misalnya saja pengiriman logistik melalui kapal. Dengan mempunyai asuransi kelautan, maka kegiatan kelautan tersebut dilindungi termasuk dengan mereka yang berprofesi sebagai nelayan. Beberapa faktor yang mempengaruhi premi asuransi angkutan laut adalah barang yang diasuransikan, pengepakan barang, risiko yang diasuransikan, pengangkutan, dan perjalanan.

 

9. Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi selanjutnya adalah asuransi perjalanan. Asuransi ini sangat bermanfaat untuk mereka yang memiliki hobi traveling. Adapun tujuan dari asuransi ini yaitu untuk melindungi diri terhadap risiko yang bisa terjadi ketika seseorang dalam perjalanan. Adapun risiko yang mungkin terjadi saat perjalanan seperti tas hilang saat di bandara ketika akan pergi ke luar negeri, penerbangan ditunda, atau tiba-tiba sakit saat liburan maupun terjadi kecelakaan. Manfaat yang bisa kalian ambil dari asuransi perjalanan ini adalah biaya atas kerugian yang kalian alami menjadi lebih ringan.

 

10. Asuransi Umum

Terakhir, jenis asuransi di Indonesia yaitu asuransi umum. Jenis asuransi ini merupakan proteksi terhadap risiko kerugian manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Adapun asuransi yang sifatnya jangka pendek sekitar satu tahun ini dapat diklasifikasikan diantaranya sosial insurance (jaminan sosial) dan voluntary insurance (asuransi sukarela).

Dimana jika jaminan sosial merupakan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap orang atau penduduk dengan tujuan setiap orang memiliki jaminan hari tua. Sedangkan asuransi sukarela masih bisa dibagi lagi ke dalam 2 klasifikasi yaitu Government Insurance dan Commercial Insurance. Government insurance merupakan asuransi yang dijalankan oleh pemerintah, sementara commercial insurance merupakan asuransi yang ditujukan untuk memberikan proteksi kepada seseorang.

Itulah sederet jenis asuransi yang penting untuk kalian ketahui. Semoga menambah pengetahuan kalian ya.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending