8 Jenis Pepaya Paling Populer dan Banyak Dikonsumsi, Kenali Cirinya!

Rabu, 20 Januari 2021 16:11 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Pepaya Paling Populer dan Banyak Dikonsumsi, Kenali Cirinya!
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Pepaya menjadi salah satu jenis buah-buahan yang banyak diminati di Indonesia. Teksturnya yang lembut, dan manis ini sangat nikmat ketika dikonsumsi. Selain itu, pepaya juga menjadi buah yang mudah dibudidayakan sehingga kalian pun sering menemukan pepaya di pasaran dengan harga yang terjangkau. Tanaman pepaya ini memiliki keunggulan dengan rasa buahnya yang manis dan menyegarkan menjadikan pepaya menjadi salah satu buah favorit karena kaya akan vitamin dan nutrisi. Tak heran jika banyak manfaat yang di dapatkan bagi kesehatan jika rutin mengonsumsi pepaya.

Buah pepaya sendiri ternyata memiliki beragam jenis dengan keunggulan masing-masing. Meskipun, jika dilihat sekilas pohon pepaya memiliki bentuk yang cenderung sama. Akan tetapi buah yang dihasilkan tentu memiliki perbedaan. Tak hanya dari bentuk fisiknya saja, rasa dan tekstur dari setiap jenis pepaya pun juga berbeda lho. Nah, untuk menambah pengetahuan kalian mengetahui buah pepaya, nggak ada salahnya kalian juga mengetahui jenis pepaya beserta rasa dan ciri khasnya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pepaya Hawai

Jenis pepaya pertama yang perlu kalian coba yaitu pepaya hawai. Jenis pepaya ini memiliki ukuran yang kecil di bawah 1 kilogram. Tak heran jika pepaya ini disebut pepaya solo karena bisa dimakan oleh satu orang saja. Adapun ciri dari pepaya hawai yaitu memiliki ciri fisik agak bulat dengan kulit buah yang berwarna kuning cerah. Selain itu, pepaya jenis ini memiliki rasa yang sangat manis dan segar. Pepaya hawai juga banyak dibudidayakan karena termasuk jenis pohon yang cepat tumbuh. Bahkan, pepaya ini sudah bisa dipanen 9 bulan sejak bibit ditanam.

2. Pepaya Bangkok

Pepaya Bangkok merupakan varietas pepaya yang berasal dari Bangkok, Thailand dan masuk di Indonesia pada tahun 1970-an. Ciri dari pepaya Bangkok yaitu berbentuk lonjong dan daging buahnya berwarna kemerahan. Soal rasa, pepaya Bangkok tidak perlu diragukan lagi ya, karena rasanya yang begitu manis dan menyegarkan. Berbeda dengan pepaya hawai, jenis pepaya Bangkok memiliki bobot hingga 3 kilogram perbuah. Pepaya Bangkok adalah salah satu varietas favorit para petani. Karena salah satu keunggulannya yaitu cepat tumbuh, hanya butuh waktu setahun untuk menjadi sebuah pohon.

3. Pepaya Red Lady

Jenis pepaya selanjutnya adalah red lady. Dibandingkan jenis pepaya lainnya, rasa pepaya jenis ini lebih manis. Warna daging buahnya juga lebih merah dan menggugah selera. Jenis pepaya yang satu ini juga memiliki keunikan tersendiri dimana memiliki kemampuan sekali panen dapat menghasilkan kurang lebih berkisar 30 buah lho. Ciri fisik dari jenis pepaya red lady yaitu memiliki kulit buah yang sangat halus dan mengkilap. Selain itu memiliki tekstur berwarna merah jingga yang sangat enak dikonsumsi.

4. Pepaya California

Selanjutnya, jenis pepaya yang tak kalah unggul yaitu pepaya California. Pepaya dengan nama lain Calina ini memiliki bentuk fisik permukaan kulit yang sangat mulus dan berwarna hijau. Sedangkan dagingnya berwarna jingga kemerahan dengan rasa manis yang melezatkan. Daging buahnya juga cukup tebal meski ukuran buahnya tidak terlalu besar yakni mencapai 1,5 kilogram. Kalian bisa dengan mudah menemukan jenis pepaya ini di pasaran terutama di supermarket.

5. Pepaya Carisya

Pepaya carisya menjadi salah satu jenis pepaya yang dengan mudah kalian jumpai di Indonesia. Adapun ciri dari pepaya carisya yaitu memiliki bentuk buah yang mini dan kulit buahnya berwarna kehijauan. Warna daging buahnya kemerahan, berongga kecil, dan memiliki tekstur yang tebal. Diketahui jenis pepaya ini juga sangat mudah tumbuh di manapun baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Buah dengan cita rasa manis ini juga tergolong produktif, di mana pohon ini bisa berbuah di tiap empat bulan sekali.

6. Pepaya Arum Bogor

Pepaya arum bogor memiliki bentuk yang sama seperti jenis pepaya carisya dimana memiliki ukuran yang relatif kecil. Meski begitu, keunggulan dari rasa pepaya arum bogor sudah tidak perlu diragukan lagi. Jenis pepaya ini sangat manis dan bentuk buahnya yang ergonomis. Selain itu, buah arum bogor merupakan varietas lokal yang memiliki keunggulan daripada varietas hawai. Tak heran banyak orang yang menyebut jika pepaya arum bogor menjadi salah satu competitor varietas pepaya hawai.

7. Pepaya Cibinong

Jenis pepaya Cibinong termasuk varietas lokal yang tak kalah unggul. Nama dari varietas ini diambil dari nama asal buah ini dikembangkan yaitu daerah Cibinong, Jawa Barat. Jenis pepaya ini apabila buahnya sudah mulai matang bagian kulitnya berwarna hijau matang hingga hijau tua. Adapun ciri khas dari buah pepaya yang satu ini yaitu buahnya berbentuk lonjong memanjang dan lancip di bagian ujungnya. Sedangkan bagian dalam buahnya berwarna merah kekuningan, dengan cita rasa yang manis dan menyegarkan.

Itulah sederet jenis pepaya yang paling populer dan mudah ditemukan. Kira-kira jenis pepaya manakah yang belum kalian cicipi?

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI