10 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh agar Terhindar dari Virus Corona Covid-19

Selasa, 24 Maret 2020 19:32 Penulis: Puput Saputro
10 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh agar Terhindar dari Virus Corona Covid-19
Cengkeh (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Cengkeh menjadi salah satu bumbu rempah andalan khas Indonesia. Cengkeh banyak digunakan untuk berbagai jenis masakan mulai dari makanan berkuah, kue, hingga minuman menghangatkan. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab manfaat cengkeh untuk kesehatan memang banyak.

Manfaat cengkeh untuk kesehatan ini dikarenakan cengkeh memiliki berbagai kandungan gizi seperti karbohidrat, magnesium, kalsium, magnesium, dan serat. Cengkeh juga mempunyai kandungan vitamin yang beraneka macam, di antaranya vitamin K, C, dan E.

Melihat banyaknya kandungan gizi pada cengkeh, tidak mengherankan kalau tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia ini mempunyai banyak manfaat. Tapi, apakah cengkeh bisa menjadi satu dari sekian jenis rempah yang berkhasiat untuk menangkal virus corona? Berikut adalah 10 manfaat cengkeh untuk kesehatan.

 

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cengkeh yang selama ini dinilai bisa memberikan aroma dan rasa hangat pada makanan dan minuman, ternyata juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena kandungan senyawa baik yang terdapat pada cengkeh.

Cengkeh meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas dengan cara membantu proses produksi sel darah putih. Kandungan senyawa dalam cengkeh juga berguna untuk menangkal racun di dalam tubuh. Selain itu, cengkeh juga mempunyai sifat anti-inflamasi, sehingga akan menghambat proses infeksi dan peradangan dalam organ tubuh.

Karena cengkeh bisa meningkatkan kekebalan tubuh, maka sepertinya cengkeh bisa juga dimanfaatkan untuk mencegah penularan virus corona. Sebab, seperti yang kalian tahu, virus corona sangat rentan menyerang orang dengan daya tahan tubuh rendah.

2. Meredakan Rasa Nyeri

Sifat anti-inflamasi pada cengkeh juga membuat cengkeh bisa digunakan untuk meredakan nyeri. Itulah sebabnya cengkeh banyak diolah menjadi minyak oles.

3. Obat Sakit Gigi

Manfaat cengkeh untuk kesehatan yang satu ini sudah banyak dibuktikan. Cengkeh selama ini memang dipercaya sebagai salah satu obat sakit gigi alami yang paling ampuh. Selain bisa ampuh, penobatan sakit gigi dengan cengkeh juga sangat praktis.

Caranya, cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada cotton bud, lalu tempelkan cotton bud pada area gigi yang sakit. Bahkan, tidak hanya untuk gigi, pengobatan serupa juga bisa dilakukan untuk mengobati infeksi pada gusi.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Tidak hanya baik untuk imunitas dan kesehatan mulut, cengkeh ternyata juga berkhasiat untuk memperlancar sistem pencernaan. Hal ini karena cengkeh mempunyai kemampuan dalam merangsang aktivitas enzim-enzim di pencernaan manusia.

Dampaknya, perut akan lebih nyaman dan berbagai permasalahan pencernaan seperti perut kembung, nyeri lambung, mual akan berkurang. Bahkan konsumsi cengkeh dalam takaran yang pas diyakini bisa mengobati diare dan disentri.

5. Menyehatkan Tulang

Manfaat cengkeh untuk kesehatan selanjutnya adalah baik untuk kesehatan tulang. Dalam cengkeh ternyata juga mengandung ekstra hidrokarbon berupa senyawa fenolik eugenol, flavonoid, flavon, dan isolavon.

Kandungan-kandungan ini berkhasiat untuk menyuplai mineral dalam tulang. Sehingga, kepadatan tulang akan jadi lebih terjaga. Dengan demikian, mengonsumsi cengkeh secara rutin diyakini bisa menjauhkan kalian dari ancaman osteoporosis.

6. Meredakan Tukak Lambung

Tukak lambung yang datang tiba-tiba memang sangat menyebalkan. Namun, jangan khawatir, sebab ternyata cengkeh, khususnya minyak cengkeh bisa digunakan untuk meredakan tukak lambung. Caranya, cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh ke perut yang sakit.

Minyak cengkeh yang dioleskan ke perut dipercaya bisa membantu produksi lendir di lambung. Lendir di lambung inilah yang kemudian akan menghalangi naiknya asam lambung, yang mengakibatkan tukak.

Selain itu, cengkeh juga mempunyai sifat anti-inflamasi. Sifat inilah yang membuat minyak cengkeh bisa meredakan nyeri tukak lambung. Sebab, salah satu penyebab tukak lambung adalah infeksi yang terjadi di lambung.

7. Menjaga Fungsi Hati

Cengkeh juga mempunyai kandungan antioksidan. Seperti yang kita ketahui, antioksidan sangat baik untuk tubuh kita karena berfungsi menghalau radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh kita.

Dengan begitu, secara tidak langsung cengkeh menjaga fungsi kerja hati dalam menghalau racun di tubuh. Di samping itu, cengkeh juga mempunyai sifat heptoprotektif yang berarti bisa melindungi fungsi hati.

8. Mengatasi Rambut Rontok

Cengkeh ternyata juga berkhasiat untuk kesehatan rambut. Cara memanfaatkan cengkeh untuk kesehatan rambut adalah dengan menggunakan minyak cengkeh sebagai kondisioner.

Penggunaannya, persis seperti saat menggunakan kondisioner, yaitu gunakan setelah keramas. Pakai dengan cara mengoleskan dan menggosok-gosok pelan selama 5-15 menit, diamkan lalu bilas. Selain mencegah rambut rontok, menggunakan minyak cengkeh sebagai kondisioner juga bisa membuat rambut kalian jadi lebat alami.

9. Sebagai Anti Kanker

Kandungan antioksidan dan eugenol pada cengkeh ternyata juga bisa menjadikan cengkeh sebagai anti kanker. Fungsi cengkeh untuk anti kanker juga didukung kandungan vitamin C dan vitamin E dalam bumbu rempah ini.

10. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat cengkeh untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa mengendalikan kadar gula dalam darah. Cengkeh bisa mempercepat proses penyerapan kadar gula dalam darah. Selain itu, kandungan senyawa dalam cengkeh juga diyakini bisa meningkatkan kerja sel-sel yang bertugas memproduksi insulin.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI