8 Tanda Daya Tahan Tubuh Melemah, Ini Cara Mengatasinya Agar Tidak Mudah Terkena Corona Covid-19

Rabu, 18 Maret 2020 17:44 Penulis: Puput Saputro
8 Tanda Daya Tahan Tubuh Melemah, Ini Cara Mengatasinya Agar Tidak Mudah Terkena Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Daya tahan tubuh kita bisa melemah kapan saja. Melemahnya daya tahan tubuh bisa disebabkan berbagai hal seperti pola hidup yang tidak sehat, kurang istirahat, stres, dan lain sebagainya. Padahal, daya tahan tubuh atau imunitas menjadi faktor terpenting dalam menjaga kesehatan. Sehingga, penting untuk tahu tanda daya tahan tubuh melemah.

Terutama ketika wabah virus corona sedang merebak seperti belakangan ini. Daya tahan tubuh menjadi satu hal penting yang harus tetap dijaga kestabilannya. Sebab, jika daya tahan tubuh melemah potensi terjangkit akan lebih besar.

Hal ini bukan tanpa alasan, berdasarkan sejumlah kasus, penularan virus corona memang lebih banyak terjadi pada orang dengan sistem imunitas rendah. Oleh karena itu, kenali sedini mungkin tanda-tanda daya tahan tubuh melemah, agar segera bisa diatasi. Dengan begitu, risiko tertular penyakit yang juga sering disebut dengan kode COVID-19 akan semakin kecil.

Berikut beberapa tanda-tanda yang dialami seseorang saat daya tahan tubuh melemah.

 

 

 

1. Merasa Tidak Enak Badan

Tanda daya tahan tubuh melemah yang pertama adalah sering merasa tidak enak badan. Perasaan tidak enak badan umumnya dialami saat kita akan menderita sakit.

Rasa tidak enak tersebut bisa berupa meriang, mual, bahkan pegal, dan nyeri sendi. Ternyata, rasa tidak enak badan tersebut memang merupakan gejala imunitas menurun di tubuh kita.

2. Mudah Lelah

Pernahkah kamu merasa cepat lelah saat melakukan suatu aktivitas? Sekilas, lelah setelah beraktivitas mungkin terdengar sebagai yang lumrah. Namun, hal ini bisa dibuktikan.

Seandainya rasa lelah tersebut tidak lekas hilang meski sudah beristirahat cukup, bisa jadi rasa lelah tersebut merupakan satu tanda daya tahan tubuh sedang melemah. Sehingga, untuk memulihkannya tidak hanya akan cukup hanya dengan beristirahat saja.

3. Mudah Terkena Alergi

Tanda daya tahan tubuh melemah yang selanjutnya adalah mudah terkena alergi. Alergi memang merupakan bentuk reaksi kekebalan tubuh kita terhadap suatu zat atau keadaan yang tidak bisa diterima oleh tubuh. Sehingga, sangat wajar dan bisa dipahami jika alergi dinilai sebagai satu tanda dari kekebalan tubuh yang menurun.

4. Demam

Selain alergi, ternyata demam juga menjadi salah satu bentuk reaksi yang diberikan tubuh dalam mempertahankan imunitas. Sehingga, demam bukan merupakan sebuah penyakit, melainkan justru merupakan gejala normal dari upaya melawan penyakit. Dengan begitu, artinya saat kita mengalami demam sedang ada penyakit yang menyerang kekebalan tubuh kita.

5. Mudah Terkena Flu dan Masuk Angin

Flu dan masuk angin merupakan jenis penyakit yang biasa dan umum diderita oleh banyak orang. Ternyata, alasan mengapa banyak orang yang mengalami flu dan masuk angin adalah karena penyakit ini mudah menyerang siapa saja yang mempunyai sistem kekebalan tubuh rendah.

Jadi, jangan anggap remeh sakit flu dan masuk angin. Sebisa mungkin segeralah ambil tindakan untuk mengatasinya. Selain agar sehat, juga agar daya tahan tubuh kita segera meningkat seperti sedia kala.

6. Mengalami Gangguan Pencernaan

Daya tahan yang melemah ternyata juga akan berdampak pada sistem pencernaan kita. Berbagai permasalahan pencernaan yang bisa timbul akibat daya tahan menurun, di antaranya asam lambung, diare, bahkan sembelit.

7. Stres Berkepanjangan

Stres bisa menjadi salah satu pemicu yang menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Tapi lebih dari itu, stres juga bisa menjadi pertanda sekaligus dampak dari daya tahan tubuh yang menurun. Hal ini sangat masuk akal, sebab saat mengalami stres kita akan cenderung lebih acuh pada berbagai hal termasuk kesehatan kita sendiri.

8. Proses Pemulihan Luka Lambat

Kondisi daya tahan tubuh ternyata juga bisa dilihat saat kita mempunyai luka luar. Saat kita mempunyai luka luar, misal luka lecet bekas terjatuh dan tidak lekas sembuh apalagi pulih, itu bisa menjadi tanda daya tahan tubuh sedang melemah. Luka yang tak kunjung sembuh ini diakibatkan karena daya tahan tubuh yang lebih berusaha melawan infeksi daripada memulihkan luka.

9. Cara Mengatasi Daya Tahan Tubuh yang Melemah

Agar tidak terjangkit penyakit, daya tahan tubuh yang menurun sebaiknya segera diatasi. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan saat mendapati tanda daya tahan tubuh melemah:
1. Mencukupi kebutuhan cairan.
2. Mengonsumsi makanan-makanan bergizi.
3. Rutin berolahraga.
4. Mengatur pola tidur yang cukup.
5. Menghindari stres.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI