10 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan, Tak Hanya Bumbu Masak Tapi Juga Minuman Herbal

Minggu, 01 November 2020 12:11 Penulis: Dhia Amira
10 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan, Tak Hanya Bumbu Masak Tapi Juga Minuman Herbal
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Ketumbar merupakan bumbu dapur yang sering kita temui pada makanan Indonesia. Biasanya ketumbar digunakan pada masakan seperti dendeng daging, bacem, ayam atau ikan goreng dan bakar, serta makanan berkuah santan. Ketumbar hampir mirip seperti lada, dengan bentuk bulat dan ukuran yang kecil. Tetapi ternyata selain dibuat masakan, Manfaat ketumbar juga banyak loh KLovers. Bila ketumbar direndam di dalam air, maka manfaat ketumbar tersebut sangat baik untuk kesehatan.

Ketumbar sendiri merupakan tumbuhan rempah yang berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia. Ketumbar ada di Indonesia karena dibawa oleh perdagangan pada masa itu. Tak hanya bijinya saja yang digunakan untuk masakan, tetapi daunnya juga sering digunakan untuk masakan.

Daun dari ketumbar sangat mirip dengan daun seledri, dan biasanya daun ketumbar sering digunakan untuk taburan masakan Thailand. Karena memiliki banyak manfaat, pada akhirnya ketumbar sering digunakan sebagai minuman herbal dalam mengatasi berbagai macam penyakit. kira-kira apa saja ya manfaat ketumbar untuk kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja disimak KLovers.

 

 

1. Obat Batuk Pilek

Manfaat ketumbar yang pertama yaitu dapat menjadi obat batuk dan juga pilek. Bumbu dapur yang satu ini ternyata dapat menjadi obat batuk dan pilek yang ampuh loh KLovers. Karena di dalam ketumbar terdapat kandungan asam folat, beta karoten, vitamin A, dan juga vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tak hanya itu saja, antioksidan yang dimiliki oleh ketumbar juga sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Bila badan kalian terasa tak enak, maka kalian dapat langsung merebus ketumbar dan meminum airnya, tentu saja tubuh akan kalian akan merasa lebih baik. Dengan meminum air ketumbar ini juga, maka flu yang menyebabkan batuk serta pilek bisa terhindarkan.

 

 

2. Obat Diabetes

Manfaat air ketumbar yang selanjutnya yaitu dapat menjadi obat diabetes. Rempah yang memiliki kadar serat tinggi ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah loh KLovers, sehingga dianggap baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Tetapi walaupun begitu, penderita diabetes harus tetap mengecek kadar gula darah dalam tubuhnya secara rutin ya, agar kalian dapat mengetahui seberapa berpengaruhnya ketumbar dalam pengobatan diabetes. Tak hanya itu saja, berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi air ketumbar adalah hal utama bagi penderita diabetes yang sudah cukup parah.

 

 

3. Meringankan Nyeri Sendi

Selain untuk pengobatan diabetes, manfaat ketumbar lainnya yaitu dapat meringankan nyeri sendi di dalam tubuh. Karena di dalam ketumbar terdapat kandungan asam linoleat dan sifat analgesik yang dapat meringankan nyeri pada sendi.

Tak hanya itu, air ketumbar juga bisa meringankan sakit akibat hernia di dalam tubuh, tetapi hal ini hanya untuk meringankan saja ya KLovers bukan untuk menyembuhkan. Ada baiknya bila untuk penyembuhan tetap berkonsultasi pada yang ahlinya.

 

 

4. Menurunkan Kolesterol

Meskipun dianggap berbahaya dan kerap dihindari, keberadaan kolesterol sebenarnya juga dibutuhkan untuk menunjang proses metabolisme tubuh. Karena kadar kolesterol baik yang normal berguna untuk perlindungan sel, sehingga lebih ideal untuk menjaga keutuhan sel ketimbang jenis lemak lainnya dalam tubuh. Namun bila terlalu berlebihan juga sangat tidak baik ya KLovers bagi kesehatan, karena dapat menjadi kolesterol jahat.

Untuk menurunkan kadar kolesterol, maka kalian bisa mengonsumsi air ketumbar. Itu karena air ketumbar dapat mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung akibat penyumbatan peredaran darah. Untuk itu, bagi kalian yang memiliki darah tinggi disarankan untuk meminum air ketumbar sebagai obat herbal dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

 

 

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Ternyata manfaat ketumbar lainnya yaitu dapat mengatasi gangguan pencernaan loh KLovers. Bila kalian mengonsumsi rebusan air ketumbar secara rutin dengan kadar yang tak terlalu berlebihan, maka akan mengatasi sindrom iritasi usus besar. Selain itu ketumbar juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan.

Hal tersebut karena, di dalam ketumbar terdapat kandungan antioksidan yang dapat membantu pergerakan usus, dan membantu produksi enzim pencernaan. Bila kalian para KLovers di rumah memiliki masalah pencernaan, maka mengonsumsi air ketumbar adalah cara alami yang baik untuk dilakukan.

 

 

6. Mengatasi Menstruasi yang Tak Lancar

Selain dapat mengatasi gangguan pencernaan manfaat ketumbar juga dapat mengatasi masalah menstruasi yang tidak lancar di dalam tubuh. Hal tersebut karena di dalam biji ketumbar terdapat kandungan stimulan yang bisa merangsang kelenjar endokrin, sehingga hormon dalam tubuh lebih seimbang.

Biasanya seseorang yang tidak lancar saat menstruasi diakibatkan oleh hormon yang terjadi di dalam tubuh, untuk itulah pentingnya menyeimbangkan hormon di dalam tubuh. Biasanya yang mengalami hal ini adalah seorang gadis yang sebelumnya aktif berolahraga tiba-tiba tidak melakukan hal tersebut, terlalu stres, atau bisa juga perempuan yang terlalu kurus dan juga terlalu gemuk.

 

 

7. Kesehatan Gigi dan Mulut

Memiliki kesehatan gigi dan mulut menjadi penunjang utama dalam sebuah penampilan. Bila mulut dan juga gigi terdapat banyak bakteri, hal ini akan mengakibatkan gigi berlubang, plak, hingga bau mulut. Bila sudah seperti ini maka akan membuat percaya diri kalian menurun. Namun tenang, nyatanya kalian bisa kok mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut menggunakan rebusan air ketumbar.

Manfaat rebusan air ketumbar ini dapat membersihkan kesehatan gigi dan juga mulut. Biji ketumbar memiliki sifat anagetik yang dapat membantu meredakan sakit gigi. Selain itu, ketumbar juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat memberikan perlindungan pada mulut terhadap bakteri sehingga mulut tetap sehat.

Bakteri yang ada di mulut bukan hanya dapat memberikan penyakit saja pada gigi, tetapi juga dapat membuat nafas kita menjadi bau, memiliki banyak sariawan, hingga sakit tenggorokan. Itulah mengapa mengonsumsi air ketumbar dengan cara diminum atau di kumur pada mulut akan memberikan kesehatan pada mulut.

 

 

8. Mengobati Penyakit Kulit

Ternyata ketumbar juga dapat mengobati penyakit kulit loh KLovers. Penyakit kulit memang dapat dialami oleh siapapun, dan penyakit kulit juga memiliki gejala yang berbeda-beda. Walaupun tergolong sebagai penyakit yang ringan, namun harus cepat segera di atasi loh KLovers, karena penyakit kulit juga akan menjadi parah bila dibiarkan begitu saja.

Dan untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa kok menggunakan manfaat ketumbar untuk penanganan awal penyakit kulit. Hal tersebut karena kandungan antioksidan pada ketumbar juga mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Ramuan tersebut mampu merawat beberapa masalah kulit seperti keriput, pigmentasi, dan kulit kendur.

Selain itu ketumbar juga mampu mengatasi penyakit kulit seperti, gatal, eksim, ruam, dan peradangan. Caranya cukup mudah kok KLovers, kalian hanya perlu mengoleskan ketumbar yang sudah ditumbuk dan dicampur air di atas area yang mengalami iritasi atau peradangan.

 

 

9. Mencegah Konjungtivitis

Konjungtivitis atau mata merah, adalah iritasi dan peradangan pada konjungtiva yang menutupi bagian putih bola mata. Kondisi ini dapat disebabkan oleh ,alergi, infeksi bakteri, atau virus. Konjungtivitis bisa sangat menular dan menyebar melalui kontak dengan sekresi mata dari orang yang terinfeksi. Gejala meliputi mata kemerahan, gatal, dan berair. Hal ini juga dapat menyebabkan keluarnya kotoran atau pengerasan kulit di sekitar mata.

Dan untuk mengatasi hal ini kalian bisa loh menggunakan manfaat ketumbar. Itu karena ketumbar memiliki kandungan berupa anti bakteri, anti inflamasi, serta antioksidan. Cara pengobatannya pun cukup mudah, rebus air ketumbar lalu dinginkan hingga suhu ruangan. Kemudian kalian hanya perlu mencuci mata sesering mungkin dengan air rebusan ketumbar yang sudah dingin tersebut.

 

 

10. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Dan manfaat ketumbar yang terakhir yaitu dapat merangsang pertumbuhan rambut. Bila kalian ingin memiliki rambut yang tebal dan sehat, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat ketumbar. Hal ini karena ketumbar memiliki nutrisi dan protein paling baik untuk membantu pertumbuhan rambut.

Caranya cukup mudah kok KLovers, kalian hanya perlu mendapatkan sari ketumbar dengan cara merendam ketumbar tersebut di air, kemudian menghaluskannya. Setelah menjadi pasta, kalian bisa mengoleskannya pada rambut dan diamkan selama 1 jam. Racikan ini mampu mengatasi rambut rontok, kebotakan, hingga merangsang pertumbuhan rambut.

Itulah 10 manfaat ketumbar yang baik untuk kesehatan tubuh. Kalian bisa mengonsumsi ketumbar dengan berbagai racikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi perlu diingat juga bahwa, terlalu mengonsumsi ketumbar secara berlebihan juga tidak akan baik ya KLovers. Selain itu, untuk penderita penyakit yang terlalu berat ada baiknya berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengonsumsinya. Selamat mencoba.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI