10 Manfaat Nanas untuk Kesehatan, Tingkatkan Kesuburan - Sembuhkan Sakit Kulit

Senin, 02 November 2020 10:11 Penulis: Dhia Amira
10 Manfaat Nanas untuk Kesehatan, Tingkatkan Kesuburan - Sembuhkan Sakit Kulit
Manfaat nanas (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Nanas merupakan salah satu buah yang sangat populer di daerah tropis. Memiliki warna kuning dengan rasa yang segar, membuat nanas sering menjadi buah yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Tidak hanya punya rasa segar saja, nyatanya manfaat nanas juga sangat baik loh untuk kesehatan tubuh kalian.

Buah nanas merupakan salah satu buah yang memiliki rasa asam yang segar, jadi banyak orang yang menghindari mengonsumsi buah ini secara rutin. Namun nyatanya buah ini sangat baik loh bila dikonsumsi secara rutin bagi kesehatan tubuh kalian, bahkan dapat memperkuat tulang hingga memberikan kesuburan untuk memiliki momongan.

Nah, kira-kira apa lagi ya manfaat nanas bila dikonsumsi secara rutin? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

 

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah nanas yang pertama yaitu mampu menjaga kesehatan mata. Yup! Ternyata buah ini mampu memberikan nutrisi dengan baik agar mata sehat loh KLovers. Itu karena salah satu kandungan vitamin yang banyak terdapat pada buah nanas adalah vitamin A. Seperti yang kita tahu, vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan mata.

Kandungan vitamin A dalam buah nanas ini terbilang cukup tinggi, karena dalam nanas terdapat beta karoten yang dapat memproduksi vitamin A. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada nanas inilah yang diyakini mampu mengurangi risiko kerusakan makula pada mata. Sehingga kalian dapat memiliki mata yang sehat.

 

 

 

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat nanas yang selanjutnya yaitu dapat menjaga daya tahan tubuh. Tidak kalah dengan buah lainnya, ternyata buah nanas memiliki kandungan yang mampu menjaga daya tahan tubuh kalian loh KLovers. Hal ini dikarenakan buah nanas mempunyai kandungan vitamin C dan asam amino yang cukup tinggi. Sehingga kedua kandungan tersebut dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak hanya itu saja, asam amino dan vitamin C juga akan berguna untuk memperbaiki kerusakan sel tubuh. Sehingga, mengonsumsi buah nanas dengan rutin secara tidak langsung akan membuat daya tahan tubuh menjadi stabil. Dan kita akan terjauh dari serangan penyakit yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus.

 

 

 

3. Redakan Nyeri Peradangan

Peradangan bisa terjadi oleh siapa saja, dan bila terjadi biasanya peradangan di dalam tubuh dapat mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa. Dan untuk mengatasi hal tersebut, nyatanya kalian bisa loh menggunakan manfaat nanas. Itu karena buah nanas memiliki kandungan berupa enzim yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Enzim tersebut di antaranya yaitu berupa enzim bromelin dan enzim proteolitik. Dalam tubuh manusia, enzim ini berfungsi untuk meredakan peradangan. Dengan begitu mengonsumsi buah nanas diyakini bisa meredakan berbagai nyeri akibat peradangan dengan efektif.

 

 

 

4. Mencegah Risiko Kanker

Kanker memang menjadi salah satu penyakit yang berbahaya untuk tubuh. National Institute of Health melaporkan bahwa pada tahun 2014, kanker menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia yang merenggut lebih dari 8 juta jiwa. Hal tersebut terjadi karena pola hidup tidak sehat yang banyak dijalani oleh orang-orang saat ini.

Dan untuk tercegah dari penyakit tersebut, maka ada baiknya bagi kalian mengonsumsi makanan sehat ya KLovers. Dan makanan sehat yang dapat mencegah terjadinya risiko kanker yaitu ada buah nanas. Hal ini karena keberadaan enzim bromelin dan enzim proteolitik.

Tidak hanya mampu meredakan peradangan saja, nyatanya enzim keberadaan enzim bromelin dan enzim proteolitik ini juga mampu mengatasi timbulnya sel tumor dan kanker. Bahkan selain itu, kandungan antioksidan dalam nanas juga diyakini akan semakin menjauhkan kita dari risiko kanker.

 

 

 

5. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Tidak hanya kanker saja, nyatanya nanas juga mampu mencegah risiko penyakit jantung loh KLovers. Yup! Jantung memang menjadi salah satu penyakit yang cukup serius. Seperti yang kita tahu bahwa, jantung merupakan organ vital yang bertugas memompa darah.

Sehingga, menjaga kesehatan jantung menjadi salah satu hal yang penting bagi kesehatan tubuh. Kalian bisa kok mencegah risiko penyakit jantung dengan mengonsumsi buah nanas. Kandungan vitamin C dalam nanas akan mencegah oksidasi kolesterol, sehingga mencegahnya berubah menjadi plak penyumbatan arteri.

Nanas juga memiliki kandungan potasium, yang merupakan salah satu jenis mineral dalam membantu menyeimbangkan jumlah air yang disimpan tubuh. Terlalu banyak natrium dan tidak cukup kalium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Jadi, minum jus nanas yang kaya akan kalium adalah cara terbaik untuk memastikan elektrolit seimbang. Sehingga kesehatan jantung dapat terjaga dengan sangat baik.

 

 

 

6. Meningkatkan Gula Darah

Seseorang yang memiliki keluhan kadar gula rendah memang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Karena kekurangan kadar gula juga mampu membuat seseorang cepat kelelahan, pucat, gelisah, mudah berkeringat, mudah marah, dan masih banyak lagi. Bila kalian memiliki keluhan kadar gula rendah, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat nanas untuk mengatasinya.

Hal ini karena nanas mempunyai kadar gula yang tergolong tinggi dalam buah. Jadi kalian dapat mengonsumsi nanas untuk menambah kadar gula kalian. Sehingga keluhan terhadap kadar gula rendah mampu teratasi dengan efektif.

 

 

 

7. Kesehatan Tulang

Manfaat nanas yang selanjutnya yaitu dapat memberikan kesehatan pada tulang kalian loh KLovers. Memiliki tulang yang sehat adalah hal yang penting, terutama bagi wanita. Karena wanita rentan terhadap penyakit osteoporosis saat usia senja.

Dan untuk memiliki tulang yang kuat serta sehat, maka kalian bisa kok menggunakan buah nanas. Yup! Nyatanya mengonsumsi buah nanas sangat baik bagi kesehatan tulang kalian loh KLovers. Hal ini karena di dalam buah nanas terkandung mineral mangan yang baik untuk kesehatan tulang.

Kandungan mineral ini akan menjaga kesehatan tulang dengan cara memperkuat jaringan ikattendon dan ligamen tulang. Bahkan, kandungan mineral dalam buah nanas juga diyakini bisa menjauhkan kita dari risiko osteoporosis.

 

 

 

8. Baik Untuk Gusi Dan Gigi

Tidak hanya menyehatkan tulang saja, manfaat nanas juga mampu memberikan kesehatan untuk gusi dan gigi loh KLovers. Hal tersebut lagi-lagi karena kandungan mineral pada buah nanas yang juga berkhasiat untuk menguatkan gigi.

Selain itu, kandungan vitamin C pada buah nanas juga diyakini bisa menjaga kebersihan gusi serta gigi dari plak. Bahkan tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C ditambah enzim bromelain pada buah nanas juga diyakini bisa membuat gigi jadi tampak lebih putih bersih. Itulah mengapa nanas juga dapat menjadi bahan alami dalam membuat gigi nampak bersih dan putih.

 

 

 

9. Tingkatkan Kesuburan

Banyak cara yang dapat kalian miliki saat ingin memiliki tingkat kesuburan di dalam tubuh. Dan salah satunya yaitu dengan menggunakan manfaat nanas. Itu karena buah nanas memiliki kandungan mineral berupa seng, tembaga, beta-karoten, folat dan lain-lain yang akan membantu pria serta wanita untuk memiliki sistem reproduksi yang sehat.

Cara mengonsumsinya juga cukup mudah kok KLovers, kalian hanya perlu mengambil manfaat nanas secara optimal dengan meminum lebih banyak jus nanas, agar dapat meningkatkan peluang untuk memiliki keturunan. Namun dalam takaran yang pas ya KLovers, tidak berlebihan.

 

 

 

10. Menyembuhkan Sakit Kulit

Dan manfaat buah nanas yang terakhir yaitu dapat menyembuhkan sakit kulit. Yup! Bukan hal yang asing lagi bila nanas mampu memberikan kesehatan pada kulit kalian. Dan salah satunya yaitu menyembuhkan kulit yang sedang sakit. Kandungan vitamin C dalam buah nanas mampu menghasilkan lebih banyak kolagen dan elastin.

Sehingga buah nanas dapat membantu mempercepat penyembuhan kulit, mengurangi kehausan pada kulit, dan memperbaiki tekstur kulit. Jadi bila kalian mengalami masalah pada kulit, maka kalian bisa mengonsumsi buah nanas atau mengoleskan buah nanas untuk menyembuhkan kulit yang sakit.

Itulah 10 manfaat buah nanas yang baik untuk kesehatan tubuh dan jarang diketahui. Tidak hanya menjadi salah satu buah yang segar saja, nyatanya nanas juga mampu memberikan nutrisi berupa manfaat terbaik bagi kesehatan tubuh.

 

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI