Insecure Adalah Rasa Tidak Percaya Diri dan Gelisah, Kenali Gejala - Cara Mengatasinya

Sabtu, 31 Oktober 2020 10:11 Penulis: Puput Saputro
Insecure Adalah Rasa Tidak Percaya Diri dan Gelisah, Kenali Gejala - Cara Mengatasinya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Hampir setiap orang pasti pernah mengalami insecure. Insecure adalah rasa tidak percaya diri dan gelisah yang sangat mengganggu. Insecure biasa terjadi saat seseorang tidak yakin pada dirinya sendiri. Saat dilanda insecure, pikiran dan perasaan akan terasa kacau balau. Akibatnya, kita akan jadi lebih malas dan berat untuk beraktivitas, sehingga produktivitas terganggu.

Bukan saja aktivitas, jika dibiarkan secara terus menerus insecure juga dapat mengganggu kesehatan, khususnya kesehatan mental. Oleh karena itu, penting untuk tahu seluk-beluk tentang insecure. Terutama, terkait dengan penyebab, gejala, dan cara mengatasinya. Tujuannya, agar kita bisa lebih terhindar dari perasaan insecure dan dampak buruknya bagi kesehatan mental.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ulasan terkait insecure adalah rasa tidak percaya diri dan gelisah yang mengganggu.

1. Penyebab Insecure

Insecure adalah perasaan negatif yang bisa timbul dalam diri orang kapan saja. Penyebab insecure beragam, bisa dari dalam diri sendiri maupun dari perlakuan orang lain atau lingkungan sekitar. Sehingga, ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami insecure.

Dari dalam diri sendiri, insecure bisa ditimbulkan berbagai hal. Misalnya, kecemasan atau ketakutan berlebih, rasa kurang percaya diri, sifat perfeksionis, dan sebagainya. Sementara faktor dari luar pribadi yang bisa timbulkan perasaan insecure, antara lain perlakuan tidak menyenangkan, pernah ditolak atau diabaikan, bullying kesalahan pola asuh, dan lain sebagainya.

2. Gejala Insecure

Seperti yang disinggung sebelumnya, insecure adalah perasaan yang bisa membahayakan kesehatan mental. Jadi, layaknya penyakit insecure juga mempunyai gejala-gejala. Dengan mengenali gejala-gejala ini, kita bisa mengambil tindakan agar tidak berlarut-larut dalam perasaan insecure. Dilansir dari psychologytoday.com, berikut beberapa gejala yang ditunjukkan seseorang yang mengalami insecure.

1) Munculkan Perasaan Tidak Nyaman
Orang yang mengalami insecure cenderung punya perasaan yang tidak nyaman dengan lingkungan sekitar. Sebab itu, tak jarang orang yang insecure juga memunculkan perasaan serupa di lingkungannya. Entah itu disengaja ataupun tidak.

2) Sering Tunjukkan Pencapaian
Orang insecure lebih sering menunjukkan pencapaiannya. Hal ini menjadi sebuah usahanya untuk bisa diterima. Orang yang insecure bisa terus-menerus menceritakan kehebatan mereka. Hal ini juga berguna untuk meyakinkan diri mereka sendiri bahwa mereka benar-benar berharga.

3) Suka Mengeluh
Orang yang isnsecure juga sering mengeluh bahwa segala sesuatunya tidak cukup baik. Ya, orang insecure cenderung lebih sering mengeluhkan berbagai hal di hidupnya, misalnya pekerjaan atau kehidupan pribadi. Padahal, bisa jadi hal-hal yang dihadapinya tidak seberat orang lain.

4) Merendahkan Diri untuk Menyombong
Humblebrag merupakan istilah yang cukup umum untuk menggambarkan sifat sombong yang disamarkan sebagai pernyataan yang merendahkan diri sendiri. Misalnya, ketika seseorang mengeluhkan setiap perjalanan dinas yang harus dia lakukan. Ternyata, hal seperti ini juga bisa jadi pertanda insecure.

 

3. Cara Mengatasi Insecure

Insecure adalah perasaan negatif yang sebaiknya segera diatasi. Perasaan insecure yang berlarut-larut bisa mengganggu kesehatan mental, bahkan fisik. Berikut beberapa cara mengatasi insecure, dilansir dari healthline.com.

1) Temukan Nilai Positif dalam Diri
Setiap orang pasti mempunyai nilai positif dalam dirinya sendiri. Menemukan nilai positif tersebut bisa sangat berguna dalam mengatasi insecure. Jadi temukan sekecil apapun kebaikan itu. Misalnya, kebiasaan membantu orang lain. Lalu, fokus pada nilai positif tersebut dan berhenti memikirkan kekurangan yang kalian punya.

2) Perhatikan Kebutuhan Diri
Mengenali diri sendiri tidak hanya dengan menemukan nilai positif dalam diri. Kalian juga perlu mengetahui apa saja kebutuhan pribadi yang benar-benar dibutuhkan. Alih-alih hanya memikirkan berbagai hal yang dipunyai orang lain. Jangan segan memberikan perlakuan istimewa untuk diri sendiri, seperti menjalani perawatan atau berwisata sesekali.

3) Habiskan Waktu dengan Orang Tercinta
Cara mengatasi insecure selanjutnya bisa dengan menghabiskan waktu bersama orang tercinta. Orang-orang yang penuh kasih dan suportif akan membangun kepercayaan diri kalian. Membuat kalian tenang dan merasa diterima apa adanya.

4) Hindari Hal-Hal yang Membuat Tidak Nyaman
Penting untuk tahu penyebab dari insecure. Pasalnya, seperti yang disinggung sebelumnya, insecure bisa timbul karena orang lain, lingkungan, dan situasi. Jadi, jika merasa lingkungan sekitar kalian tidak mendukung dan bisa picu insecure jangan segan untuk meninggalkannya demi kesehatan mental kalian.

5) Lakukan Hal Menyenangkan
Perasaan hati yang senang bisa mengalahkan insecure. Sebab berkebalikan dengan rasa senang, insecure adalah perasaan gelisah dan tidak nyaman yang mengganggu. Jadi, saat merasa insecure sebisa mungkin lakukan hal-hal yang bisa membuat kalian senang. Lakukan aktivitas yang menjadi hobi atau minat kalian selama ini.

Itulah di antaranya beberapa ulasan mengenai insecure adalah rasa tidak percaya diri dan gelisah yang mengganggu. Semoga dengan memahami penyebab, gejala, dan cara mengatasinya menjauhkan kita dari perasaan insecure. Semoga bermanfaat!

 

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI