8 Tanda-Tanda Hamil Muda, Tidak Hanya Mual dan Telat Datang Bulan

Kamis, 29 Oktober 2020 13:11 Penulis: Puput Saputro
8 Tanda-Tanda Hamil Muda, Tidak Hanya Mual dan Telat Datang Bulan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Hamil bisa jadi salah satu hal yang dinantikan pasangan baru. Pasalnya, kehamilan jadi momen penting bagi pasangan baru sebelum jadi orangtua. Tanda-tanda hamil sebaiknya memang diketahui sedini mungkin. Hal ini demi kebaikan ibu dan calon bayi dalam kandungan. Dengan mengetahui kondisi kehamilan, ibu hamil bisa lebih memperhatikan kesehatan dan menjaga asupan nutrisi.

Terlambat datang bulan jadi salah satu pertanda kehamilan yang paling umum. Padahal, telat datang bulan juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lain. Di samping itu, ternyata ada sejumlah tanda hamil selain terlambat datang bulan. Jadi, agar yakin bahwa terlambat datang bulan yang dialami istri memang pertanda hamil, sebaiknya kalian mengetahui tanda-tanda hamil muda tersebut. Apa sajakah itu?

1. Morning Sickness

Salah satu tanda-tanda hamil yang sering muncul di awal ialah morning sickness atau mual. Dilansir dari mayoclinic.org, morning sickness pada wanita hamil bisa terjadi tanpa memandan waktu, bisa terjadi pada pagi, siang, hingga malam hari.

Morning sickness memang cukup sering dialami wanita saat hamil. Tak sekadar mual, morning sickness juga bisa memicu terjadinya muntah. Morning sickness bisa terjadi sejak di awal-awal kehamilan hingga usia kandungan trimester kedua.

2. Lebih Sering Buang Air Kecil

Saat hamil muda, seorang wanita juga akan cenderung lebih sering pergi ke toilet untuk buang air kecil. Gejala kehamilan ini muncul di waktu yang terbilang awal, yakni dua minggu setelah berjalannya proses pembuahan. Hal ini dikarenakan ginjal yang semakin aktif dalam menyaring darah untuk bayi di kandungan. Selain itu, kandung kemih juga akan bekerja lebih keras sehingga produksi urine meningkat.

3. Payudara Jadi Lebih Sensitif

Payu dara termasuk salah satu organ sensitif pada tubuh wanita. Saat awal-awal kehamilan, payu dara akan jadi lebih sensitif. Payu dara bisa terasa nyeri saat tersentuh, jadi lebih berisi, serta terasa lebih berat. Gejala ini sebenarnya juga biasa terjadi saat seorang wanita mengalami PMS. Bedanya, pada wanita hamil gejala ini berlangsung pada waktu yang lebih lama.

Tak hanya sensitivitas yang meningkat, penampilan payu dara pada wanita yang tengah hamil muda juga sedikit berubah. Pada bagian areola atau sekitar puting susu akan berwarna lebih gelap dari biasanya.

4. Mudah Lelah

Tanda-tanda hamil muda berikutnya yaitu jadi mudah lelah. Hal ini disebabkan, saat hamil seorang wanita banyak mengalami perubahan di tubuhnya. Salah satunya, terkait dengan hormon, kadar gula darah, dan tekanan darah. Kondisi-kondisi tersebut umum terjadi di usia awal kehamilan, dan berakibat pada fisik yang terasa lebih mudah lelah dan cepat mengantuk.

5. Suasana Hati Berubah-ubah

Selain jadi mudah lelah, perubahan hormon pada diri wanita hamil juga berdampak pada kestabilan emosi. Ya, wanita yang tengah hamil muda cenderung punya emosi yang tidak stabil atau berubah-ubah. Wanita hamil muda cenderung akan lebih sensitif dan emosional dibandingkan saat sebelum hamil.

6. Sakit Kepala

Sakit kepala yang terkesan biasa terjadi ternyata juga bisa jadi salah satu tanda-tanda hamil muda. Sakit kepala saat hamil muda juga bisa dikarenakan perubahan hormon. Tak seperti biasanya, sakit kepala ketika hamil membuat kepala terasa sangat berat sehingga mengganggu aktivitas. Hal ini bisa terjadi selama berminggu-minggu pada usia awal kehamilan hingga trimester ketiga.

7. Sensitif Terhadap Bau

Tanda-tanda hamil muda lainnya yaitu lebih sensitif terhadap bau. Bagi wanita hamil bau-bau yang menyengat akan sangat mengganggu indera penciuman. Bahkan, hal ini juga bisa menimbulkan rasa mual dan berdampak pada terganggunya nafsu makan.

Di lain sisi, terganggunya nafsu makan saat indera penciuman sensitif juga bisa menimbulkan "ngidam". Di masyarakat kita, ngidam saat hamil memang cukup umum terjadi. Pada momen ini, nafsu makan seorang wanita hamil akan terganggu. Namun, dia akan sangat bernafsu untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu. Jadi siapa sangka ternyata, ngidam ada penjelasan ilmiahnya.

8. Terlambat Datang Bulan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terlambat datang bulan jadi salah satu pertanda kehamilan yang paling sering dikenali. Seorang wanita hamil biasanya akan melewati masa menstruasinya selama empat minggu setelah pembuahan.

Setelah itu, tubuh akan mulai memproduksi hormon yang bertugas menjaga kehamilan. Hormon ini berguna untuk menghentikan ovarium dalam mengeluarkan telur matang setiap bulannya.

Itulah di antaranya beberapa tanda-tanda hamil muda yang penting untuk diketahui pasangan baru. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI