9 Penyebab Lidah Putih yang Perlu Diketahui, Kenali Kondisinya

Senin, 11 Januari 2021 10:55 Penulis: Nurul Wahida
9 Penyebab Lidah Putih yang Perlu Diketahui, Kenali Kondisinya
Penyebab lidah putih (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Jika diamati lebih detail, sesekali pernah mendapati lidah berwarna sedikit putih dan pucat. Kondisi ini seringkali diabaikan dan menjadi masalah yang tidak disadari banyak orang. Namun tahukah penyebab lidah putih? Kondisi tersebut dapat menandakan adanya sejumlah infeksi bakteri ataupun sisa partikel makanan yang terdapat pada area lidah.

Ada beragam alasan penyebab lidah menjadi putih dengan kondisi yang berbeda. Lidah putih adalah kondisi yang menyebabkan lidah terlihat seperti putih terkadang keabu-abuan yang menyelimuti seluruh area lidah. Kondisi ini memperlihatkan area lidah tampak dilapisi dengan lapisan tambahan yang muncul dengan beragam penyebabnya. Mulai dari seluruh permukaan lidah menjadi putih ataupun hanya bintik-bintik putih an bercak putih, kondisi tersebut seringkali dialami.

Umumnya lidah putih bukan sesuatu yang serius, namun pada beberapa kondisi bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan tertentu. Ini dapat dialami karena papilla permukaan lidah yang merupakan rambut-rambut halus pada permukaan lidah terdapat patogen sisa makanan, bakteri, ataupun  sel-sel mati.

Meski seringkali bukan kondisi yang berbahaya, namun penyebab lidah putih perlu diketahui sedini mungkin. Hal ini dilakukan agar mencegah tingkat risiko lebih lanjut apabila kondisi lidah putih tidak kunjung hilang dalam beberapa waktu. Adapun penyebab lidah putih yang perlu diketahui terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut penyebab lidah putih telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Dehidrasi

Penyebab lidah putih yang pertama dapat terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekurangan cairan akibat penyebab tertentu. Diantara penyebab dehidrasi tersebut meliputi beberapa faktor seperti keringat berlebih, diare, akibat suhu udara, ataupun mengalami demam.

Gejalanya dapat muncul apabila mengalami dehidrasi termasuk menyebabkan lidah berwarna putih. Sebab dehidrasi dapat membuat mulut menjadi kering yang juga memicu perubahan warna lidah menjadi putih. Untuk itulah mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh perlu dilakukan agar mencegah gangguan kesehatan tertentu termasuk lidah putih.

2. Mulut Kering

Penyebab lidah putih selanjutnya dapat terjadi karena kondisi mulut kering. Kondisi mulut kering terjadi karena gangguan pada kelenjar ludah yang tidak cukup memproduksi air liur. Di mana air liur ini berfungsi untuk membersihkan mulut secara alami dan menjaga kelembabannya. Mulut kering dapat disebabkan beberapa faktor seperti dehidrasi, efek samping obat, ataupun memiliki riwayat penyakit tertentu.

Lidah putih menjadi gejala yang dapat menandakan kondisi mulut kering. Selain itu beberapa gejala mulut kering juga dapat muncul seperti bau mulut, sariawan, ataupun bibir pecah-pecah.

3. Bernapas Melalui Mulut

Bernapas melalui mulut seperti kondisi saat tidur, ini dapat menjadi penyebab lidah putih. Sebab bernapas melalui mulut bisa menyebabkan mulut kering yang berkaitan dengan perubahan warna lidah. Bernapas melalui mulut bisa terjadi karena saat tidur seseorang mungkin tidak menyadari tidur dengan mulut terbuka yang bisa memicu terjadinya lidah putih.

Melansir dari liputan6.com, bernapas melalui mulut dapat membuat jamur dan parasit langsung masuk ke mulut. Akibatnya jamur tersebut dapat menempel pada permukaan lidah yang memicu perubahan warna lidah jadi putih.

4. Tidak Membersihkan Lidah

Penyebab lidah putih selanjutnya dapat dipicu oleh kebiasaan tidak membersihkan lidah. Seperti diketahui sebelumnya penyebab lidah putih bisa terjadi karena beberapa faktor termasuk terdapatnya bakteri, jamur ataupun patogen sisa makanan. Apabila lidah tidak dibersihkan secara rutin ketika menggosok gigi, maka kondisi tersebut dapat membuat lidah tetap berwarna putih. Untuk itulah membersihkan lidah bersamaan dengan menyikat gigi dapat dilakukan agar mencegah perubahan warna lidah menjadi putih.

5. Sariawan

Berkaitan dengan masalah gigi dan mulut, sariawan seringkali dialami beberapa orang karena penyebab tertentu. Namun penyebab utama sariawan dapat terjadi adalah karena infeksi bakteri yakni ragi candida. Berkaitan dengan penyebab lidah putih, sariawan dapat memicu terjadinya bercak berwarna putih pada lidah. Inilah yang mungkin menyebabkan lidah terlihat seperti dilapisi oleh lapisan berwarna putih.

Untuk mengatasinya beberapa cara mengatasi sariawan dapat dilakukan meliputi kumur dengan campuran garam, mencukupi asupan makanan sehat, ataupun obat sariawan sesuai petunjuk dokter.

6. Lichen Planus Oral

Lichen planus oral adalah kondisi yang terjadi pada kesehatan mulut dan gigi. Di mana terjadi peradangan kronis yang berpengaruh pada mulut. Ini dapat menyebabkan munculnya bercak berwarna putih tebal pada area mulut ataupun lidah seperti melansir dari medicalnewstoday.com.

Beberapa gejala juga dapat muncul bersamaan dengan bercak putih meliputi nyeri pada area pipi dan gusi. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk mengatasi peradangan yang dialami.

7. Konsumsi Alkohol dan Rokok

Penyebab lidah putih juga dapat disebabkan oleh konsumsi berlebih alkohol ataupun rokok. Seperti diketahui kandungan zat senyawa dalam rokok dan alkohol sama-sama dapat memicu beragam masalah kesehatan termasuk perubahan warna lidah putih. Melansir dari medicalnewstoday.com, iritasi dari alkohol dan tembakau rokok dapat menyebabkan lidah putih.

Kondisi ini juga dapat memicu terjadinya leukoplakia yakni munculnya bercak putih tebal yang terdapat pada permukaan lidah ataupun mulut. Namun bercak putih yang disebabkan oleh leukoplakia diketahui bukan masalah yang serius akan tetapi perlu pemeriksaan untuk mengetahui diagnosis leukoplakia.

8. Sifilis

Sifilis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau infeksi menular seksual (IMS). Ini dapat memicu beragam gejala meliputi munculnya luka pada, ruam pada tubuh, termasuk bercak lidah putih. Kondisi tersebut perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan pengobatan dengan segera. Sebab sifilis yang tidak segera diobati dapat memicu lidah putih bahkan luka pada mulut. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk mencegah infeksi bakteri yang terjadi.

9. Kondisi Lainnya

Selain beberapa penyebab lidah putih seperti terdapat pada poin-poin sebelumnya, kejadian lidah putih juga dapat disebabkan oleh beberapa kasus lainnya. Diantara kondisi lain terkait dengan lidah putih meliputi, efek samping obat tertentu, kanker mulut atau lidah, serta gangguan pada lidah yakni geographic tongue. Meski begitu kejadian tersebut cukup jarang terjadi dan dialami. Namun pencegahan dan pemeriksaan bisa dipertimbangkan untuk mencegah tingkat risiko lebih lanjut terkait dengan masalah kesehatan yang muncul dengan ditandai lidah putih.

10. Cara Mengatasi Lidah Putih

Beberapa cara mengatasi lidah putih dapat menjadi pertimbangan untuk kalian. Berikut ini cara mengatasi lidah putih yang perlu diketahui:

- Batasi dan hentikan aktivitas merokok ataupun konsumsi alkohol berlebih.

- Membersihkan lidah secara rutin untuk mencegah bercak putih pada lidah dan menghilangkan kotoran pada permukaannya.

- Konsumsi probiotik untuk mengatasi lidah berwarna putih.

- Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

- Pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter agar mendapat pengobatan tepat.

Nah itulah 9 penyebab lidah putih yang perlu diketahui. Meski bukan penyakit serius, namun mewaspadai kondisinya perlu dilakukan agar mencegah beragam masalah kesehatan tertentu.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI