8 Penyebab Flu Beserta Cara Mengobatinya, Waspadai Faktor Risiko Penularannya

Minggu, 10 Januari 2021 15:22 Penulis: Nurul Wahida
8 Penyebab Flu Beserta Cara Mengobatinya, Waspadai Faktor Risiko Penularannya
Penyebab flu (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Flu atau influenza adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi virus. Ini menyerang pada hidung, tenggorokan bahkan paru-paru. Penyebab flu dan faktor risikonya dapat dialami karena beragam pemicu dengan cara penularan yang jarang disadari.

Penyakit flu seringkali dijumpai pada saat perubahan cuaca antara musim hujan dan musim kemarau. Kondisi ini kerap menyebabkan beragam jenis gangguan kesehatan salah satunya adalah flu. Flu atau influenza disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang sistem saluran pernapasan. Kondisi ini dapat menimbulkan beragam gejala umum seperti hidung tersumbat, batuk, demam, sakit kepala ataupun nyeri otot.

Gejala tersebut dapat dirasakan secara bertahap dari yang paling ringan hingga cukup berat. Selain itu seseorang yang mengalami flu dapat mudah menularkan pada orang lain melalui cairan air liur baik saat batuk ataupun bersin. Tidak heran apabila seseorang yang berada di sekitar penderita flu memiliki kemungkinan risiko tertular penyakit serupa.

Meski seseorang mungkin sudah pernah mengalami penyakit flu, kondisi ini bisa menyerang kembali apabila mereka berpeluang mengembangkan sakit flu. Di mana ada beragam alasan seseorang dapat mengalami flu dengan beberapa faktor pemicunya. Adapun penyebab flu dapat kalian simak melalui beberapa penjelasan di bawah ini. Berikut penyebab flu beserta cara mengobatinya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Infeksi Virus

Penyebab flu yang paling utama adalah disebabkan oleh infeksi virus influenza. Virus ini dapat menyerang siapa saja tanpa terbatas usia. Virus tersebut menyerang sistem saluran pernapasan yakni hidung, tenggorokan dan paru-paru. Penularan terhadap infeksi virus tersebut sangat mudah dialami apabila terjadi kontak langsung dengan cairan penderita flu.

Dalam hal ini cairan bisa saja ditularkan melalui bersin, batuk ataupun benda yang sudah terkontaminasi virus flu. Di mana tanpa sengaja, cairan tersebut mungkin telah menginfeksi tubuh kalian yang masuk melalui mulut ataupun hidung. Bahkan melansir dari mayoclinic.org, orang yang telah terinfeksi virus penyebab flu dapat menularkan satu hari sebelum gejala muncul hingga lima hari setelah munculnya gejalanya.

2. Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Penyebab flu selanjutnya adalah karena sistem kekebalan tubuh yang lemah. Seperti diketahui sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu melawan beragam jenis infeksi virus dan penyakit. Sedangkan ketika sistem imun lemah, maka tubuh akan rentan terhadap beragam infeksi. Ini termasuk infeksi virus penyebab flu yang dapat menular dengan mudah.

Ada beragam penyebab seseorang bisa memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Diantaranya meliputi, efek samping obat, penyakit kanker darah ataupun HIV/AIDS, penggunaan steroid jangka panjang dapat menyebabkan sistem imun lemah. Sehingga dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah tersebut dapat memicu risiko terkena penyakit flu.

3. Faktor Lingkungan

Penyebab flu juga dapat terjadi karena pengaruh faktor lingkungan. Di mana faktor lingkungan yang padat baik tempat kerja ataupun tempat tinggal memiliki kemungkinan risiko yang lebih tinggi terhadap kejadian flu. Terlebih jika terdapat orang yang sudah terinfeksi virus flu, maka hal ini akan dengan mudah menularkan pada orang lain. Melansir dari mayoclinic.org, beberapa tempat risiko yang rentan terhadap flu meliputi rumah sakit, sekolah, ataupun tempat publik lainnya.

4. Memiliki Penyakit Kronis

Penyebab flu akan lebih rentan terhadap seseorang yang memiliki riwayat penyakit kronis. Sebab beberapa jenis penyakit diketahui dapat menyebabkan sistem imunitas lemah bahkan bisa berisiko terhadap komplikasi influenza. Diantara jenis penyakit kronis tersebut meliputi penyakit jantung, diabetes, asma, kelainan saluran pernapasan, ataupun penyakit ginjal. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk membantu mengatasi flu akibat penyakit kronis yang dialami.

5. Faktor Usia

Penyebab flu selanjutnya juga dapat berisiko terhadap kelompok usia tertentu. Dalam hal ini influenza musiman cenderung rentan terhadap anak-anak yang berusia 6 bulan hingga 5 tahun. Sedangkan pada orang dewasa, risiko penyakit flu rentan dialami pada usia 65 tahun ke atas. Meski begitu penyakit flu bisa menyerang siapa saja tanpa terbatas usia. Sehingga kondisi ini perlu diwaspadai terutama pada saat perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau.

6. Ibu Hamil ataupun Melahirkan

Faktor risiko penyebab flu dapat rentan dialami oleh ibu hamil ataupun melahirkan. Melansir dari mayoclinic.org, perempuan hamil diketahui cenderung dapat mengalami risiko terhadap komplikasi influenza terutama pada masa kehamilan trimester kedua dan ketiga. Begitu juga dengan perempuan telah melahirkan bayinya pada dua minggu pertama bisa mengalami komplikasi terkait influenza. Apabila kondisi ini terjadi, pemeriksaan lebih lanjut dapat segera dilakukan untuk mengatasi flu atau influenza yang dialami.

7. Faktor Cuaca

Faktor cuaca juga berpengaruh terhadap beragam jenis penyakit termasuk flu. Dalam hal ini penyebab flu dapat terjadi karena faktor cuaca. Melansir dari medicinenet.com, pada musim dingin, musim kemarau, ataupun musim hujan seseorang akan rentan terhadap penyakit flu. Kondisi ini terjadi karena virus akan lebih mudah berkembang. Tidak heran apabila pada musim tersebut akan dijumpai lebih banyak kejadian flu dan batuk.

8. Obesitas

Berat badan berlebih atau obesitas diketahui juga dapat berisiko terhadap komplikasi sakit flu. Melansir dari mayoclinic.org, orang dengan berat badan berlebih dapat memiliki peningkatan mengalami komplikasi flu. Selain meningkatkan penyakit ini, beberapa masalah kesehatan juga dapat dialami meliputi gangguan pernapasan, risiko penyakit jantung, serta gangguan tidur. Untuk itu menjaga berat badan tetap ideal dapat dilakukan agar mencegah beragam masalah kesehatan akibat obesitas.

9. Cara Mengobati Flu dan Pencegahannya

Adapun cara mengobati flu dapat kalian simak melalui beberapa poin di bawah ini. Cara mengobati flu tersebut dapat dilakukan dengan perawatan di rumah memakai bahan alami yang mudah dipraktikkan. Berikut cara mengobati atau mencegah flu secara alami:

- Menjaga kebersihan dengan baik dan terapkan kebiasaan cuci tangan setelah beraktivitas.

- Menjaga asupan pola makanan sehat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

- Hindari merokok untuk menurunkan tingkat risiko terkena flu.

- Hindari orang yang tengah mengalami flu untuk mencegah penularannya.

- Tetap berada di rumah dan istirahat apabila tengah sakit atau merasakan gejala flu.

- Menutup mulut ketika batuk ataupun bersin untuk mencegah penularan terhadap orang lain.

- Hindari berada di lokasi keramaian untuk mencegah tingkat risiko terkena sakit flu.

- Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan banyak minum air putih.

- Mengoleskan minyak esensial untuk meringankan gejala flu.

Nah itulah 8 penyebab flu beserta cara mengobatinya dengan faktor risiko penularan yang Perlu diwaspadai. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk membantu mengatasi sakit flu secara tepat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI