10 Tanda Kekurangan Zat Besi Pada Tubuh yang Mudah Dikenali dan Cara Mencegahnya

Rabu, 25 November 2020 19:11 Penulis: Nurul Wahida
10 Tanda Kekurangan Zat Besi Pada Tubuh yang Mudah Dikenali dan Cara Mencegahnya
Tanda kekurangan zat besi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kekurangan nutrisi dan vitamin dalam tubuh dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh yakni zat besi. Zat besi berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Tanda kekurangan zat besi pada tubuh bisa dikenali mudah dengan gejalanya yang beragam

Zat besi merupakan bagian dari mineral yang penting untuk tubuh. Sebab kekurangan zat besi bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Zat besi tersebut memiliki peran penting dalam proses pembentukan sel darah merah yang membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Apabila tubuh kekurangan zat besi maka menyebabkan beberapa gangguan kesehatan termasuk berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

Zat besi dapat diperoleh dari beragam makanan seperti buah, sayur ataupun daging sebagai sumber utama nutrisi. Diantara makanan yang mengandung zat besi seperti hati, bayam serta tiram. Namun sayangnya cukup banyak orang tak menyadari saat tubuh kekurangan zat besi. Jangan dianggap sepele, kurangnya nutrisi ini bisa mengakibatkan beragam masalah kesehatan seperti  anemia.

Ada beragam penyebab seseorang mungkin dapat mengalami kekurangan zat besi seperti kehilangan banyak darah terutama pada masa menstruasi, gangguan pada tubuh untuk menyerap nutrisi zat besi, serta kurang konsumsi makanan tertentu yang mengandung zat besi. Kondisi ini bisa ditandai dengan beberapa gejala tertentu.

Lalu apa saja tanda kekurangan zat besi?

Adapun tanda kekurangan zat besi pada tubuh yang mudah dikenali terdapat dalam beberapa poin di bawah ini.  Untuk lebih lengkapnya, yuk simak beberapa ulasan berikut ini terkait tanda kekurangan zat besi pada tubuh dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Rambut Mudah Rontok

Tanda kekurangan zat besi pada tubuh yang pertama adalah mengalami rambut rontok. Masalah rambut rontok dapat dikatakan tidak normal apabila melebihi ambang batas jumlahnya. Dimana normalnya dalam sehari setidaknya seseorang dapat mengalami rambut rontok sebanyak 100 helai. Apabila melebihi  batas tersebut, bisa menjadi salah satu tanda gangguan kesehatan tertentu termasuk kekurangan zat besi.

Kaitannya zat besi dengan kerontokan rambut yakni karena zat besi dapat menguatkan folikel rambut dan menumbuhkan rambut. Sebab saat tubuh memiliki zat besi yang cukup maka peredaran oksigen dan nutrisi oleh darah dapat lancar disalurkan ke seluruh tubuh.

 

2. Kulit Pucat

Tanda kekurangan zat besi pada tubuh lainnya yakni mengalami kulit yang terlihat lebih pucat. Meski tak selalu  dikaitkan dengan kurangnya zat besi, namun besar kemungkinan kulit pucat juga dikaitkan dengan tanda kekurangan zat besi. Seperti diketahui zat besi berperan penting untuk produksi sel darah merah yang disalurkan ke seluruh tubuh.

Kurangnya nutrisi zat besi dalam tubuh bisa menyebabkan jumlah sel darah merah juga menurun. Kondisi inilah yang menyebabkan wajah terlihat lebih pucat. Kalian dapat melihat tanda kekurangan zat besi pada area kelopak mata bawah, bibir serta gusi yang terlihat berwarna pucat. Meski begitu pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui secara pasti tubuh kekurangan zat besi.

 

3. Sesak Napas

Tanda kekurangan zat besi pada tubuh selanjutnya adalah mengalami sesak napas. Sesak napas ini dapat terjadi karena tubuh tak cukup mendapatkan oksigen karena terbatasnya jumlah sel darah merah. Akibatnya menyebabkan paru-paru yang merupakan sistem penting dalam pernapasan bekerja lebih keras hingga bisa memicu mengalami sesak napas seperti melansir dari liputan6.com.

 

4. Tubuh Terasa Lelah dan Lesu

Tanda kekurangan zat besi pada tubuh juga bisa ditandai dengan tubuh terasa lelah dan lesu. Kondisi ini dapat terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang dikaitkan dengan zat besi. Sebab sel darah merah penting untuk tubuh yang berfungsi membawa oksigen disalurkan ke seluruh organ tubuh. Kurangnya sel darah merah mengakibatkan tubuh mungkin kekurangan energi dan menyebabkan rasa lelah serta lesu. Meski  begitu pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui penyebab pasti tubuh terasa lelah ataupun lesu.

 

5. Mengalami Sakit Kepala

Tanda kekurangan zat besi yang bisa dikenali mudah selanjutnya yakni mengalami sakit kepala. Sebab zat besi berperan penting untuk produksi kadar hemoglobin dalam tubuh. Rendahnya jumlah hemoglobin menyebabkan sejumlah organ tubuh termasuk otak mungkin kekurangan oksigen hingga sebabkan beberapa gejala seperti sakit kepala. Dimana sakit kepala ini timbul juga disertai dengan rasa pusing sampai mata berkunang. Meski begitu pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui dengan pasti penyebab sakit kepala.

 

6. Lidah Terasa Kaku dan Bengkak

Tanda kekurangan zat besi juga bisa dikenali dengan gejala seperti lidah terasa kaku dan bengkak. Kondisi ini mungkin dialami sejumlah orang yang mengalami kekurangan zat besi. Melansir dari klikdokter, bersumber dari The National Heart, Lung and Blood Institute lidah bengkak bisa menjadi pertanda kekurangan zat besi pada tubuh. Dimana lidah akan terasa lebih bengkak, sakit karena minimnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin. Selain lidah, bagian mulut juga mengalami bengkak dan pecah-pecah terutama bibir.

 

7. Rentan Infeksi

Saat tubuh kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan rentan terhadap infeksi. Kondisi ini bisa terjadi karena zat besi termasuk salah satu nutrisi penting yang dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh. Lemahnya sistem kekebalan tubuh mengakibatkan lebih mudah terserang penyakit serta infeksi dari paparan radikal bebas. Untuk itu mencukupi kebutuhan zat besi diperlukan agar mampu mencegah berbagai infeksi dan penyakit.

 

8. Jantung Berdebar

Jantung berdebar juga dapat menjadi tanda kekurangan zat besi dalam tubuh. Kondisi ini bisa terjadi karena jantung harus bekerja lebih ekstra dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga menyebabkan jantung mengalami berdebar kencang dan tidak teratur. Dalam kondisi tertentu jantung berdebar ini bisa memicu terjadinya pembesaran jantung hingga gagal jantung seperti melansir dari hellosehat.com.

 

9. Kesehatan Pada Kuku Terganggu

Seperti diketahui kekurangan zat besi erat kaitannya dengan sakit anemia. Dimana salah satu gejala paling umum sakit anemia yakni kesehatan pada kuku jadi terganggu. Dengan kata lain beberapa masalah mungkin timbul akibat kekurangan zat besi hingga sebabkan anemia mulai dari kuku rapuh atau bahkan bentuk kuku yang tidak normal. Meski begitu konsultasi dengan dokter diperlukan agar mengetahui penyebab pasti gangguan kesehatan ini.

 

10. Terasa Dingin Pada Tangan Dan Kaki

Kaki dan tangan dapat terasa dingin apabila tubuh mengalami kekurangan zat besi. Sebab zat besi merupakan salah satu nutrisi penting untuk menyalurkan oksigen dan sel darah merah ke seluruh tubuh. Jika terjadi gangguan atau jumlahnya yang sedikit,kondisi ini mungkin menimbulkan kaki dan tangan terasa lebih dingin akibat berkurangnya oksigen pada organ tersebut.

 

11. Cara Mencegah Kekurangan Zat Besi

Setelah mengetahui tanda kekurangan zat  besi pada tubuh, penting juga memahami cara mencegahnya. Adapun cara mencegah kekurangan zat besi sebagai berikut:

- Konsumsi makanan mengandung zat besi seperti hati, kacang kedelai dan polong, serta bayam.

- Beberapa jenis seafood juga dapat menjadi sumber utama zat besi yakni tiram, cumi, serta ikan laut.

- Mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh agar mampu menyerap zat besi.

- Hindari makanan tinggi kalsium.

Nah itulah 10 tanda kekurangan zat besi pada tubuh yang mudah dikenali dan cara mencegahnya. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui dengan pasti tubuh kekurangan zat besi.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI