25 Nama Nama Nabi dan Rasul dengan Kisahnya yang Penting Diketahui Umat Islam

Rabu, 25 November 2020 15:32 Penulis: Nurul Wahida
25 Nama Nama Nabi dan Rasul dengan Kisahnya yang Penting Diketahui Umat Islam
Nama-nama nabi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Sebagai umat Islam mengimani nama-nama nabi dan rasul penting untuk dilakukan. Sebab iman kepada nabi dan rasul termasuk dalam salah satu rukun iman yang keempat. Selain itu para nabi dan rasul juga memiliki beragam kisah dan mukjizat yang dapat umat Islam ambil hikmahnya sebagai pelajaran baik bagi kehidupan.

Ada banyak nama-nama nabi dalam Islam dengan jumlahnya hingga ratusan ribu bahkan tak terhitung.  Namun dari banyaknya nama-nama nabi tersebut hanya ada 25 nama nabi dan rasul yang wajib umat Islam Imani serta ketahui. Nabi dan rasul sendiri memiliki perbedaan berdasarkan pengertian dan tugasnya.

Dimana pengertian nabi adalah seorang manusia yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri dan tidak berkewajiban menyampaikan kepada umatnya. Sedangkan Rasul berasal dari kata risala yang berarti penyampaian. Dari arti tersebut rasul merupakan seorang manusia yang diberikan wahyu dan kepercayaan dari Allah SWT yang berkewajiban menyampaikan kepada umatnya.

Diantara nama-nama nabi dan rasul tersebut memiliki riwayat kisah yang beragam dengan hikmah yang dapat dipetik umat muslim. Selain itu ada beberapa  nama yang memiliki julukan sebagai ulul azmi dengan keteguhan hati yang sangat luar biasa mengagumkan. Untuk itu memahami nama-nama nabi dan rasul dengan kisahnya penting dilakukan agar makin menambah rasa cinta kasih dan ketaqwaan terhadap agama Islam yang merupakan agama rahmatan lil'alamin.

Adapun nama-nama nabi dan rasul yang wajib kalian Imani dan ketahui terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut nama-nama nabi dengan kisahnya yang dapat kalian ambil hikmah di dalamnya.

 

 

 

 

1. Daftar Nama-Nama Nabi dan Rasul

Sebelum mengetahui nama-nama nabi dan rasul yang wajib umat Islami terlebih dulu kalian perlu memahami daftar ama nabi dan rasul dari nabi pertama hingga nabi terakhir. Adapun daftar nama-nama nabi sebagai berikut:

1. Nabi Adam As.

2. Nabi Idris As.

3. Nabi Nuh As.

4. Nabi Hud As.

5. Nabi Saleh As.

6. Nabi Ibrahim As.

7. Nabi Luth As.

8. Nabi Ismail As.

9. Nabi Ishaq As.

10. Nabi Yaqub As.

11. Nabi Yusuf As.

12. Nabi Ayyub As.

13. Nabi Syu’aib As.

14. Nabi Musa As.

15. Nabi Harun As

16. Nabi Zulkifli As.

17. Nabi Daud As.

18. Nabi Sulaiman As.

19. Nabi Ilyas As.

20. Nabi Ilyasa As.

21. Nabi Yunus As.

22. Nabi Zakaria As.

23. Nabi Yahya As.

24. Nabi Isa As.

25. Nabi Muhammad SAW

 

 

 

 

2. Nama Nabi Adam As Hingga Nabi Saleh As. Beserta Kisahnya

Kisah nabi dan rasul tentunya sudah cukup familiar sejak usia belia. Meneladani kisah nabi dan rasul ini juga penting dilakukan agar umat Islam dapat mengambil hikmah di dalamnya. Adapun kisah nabi dan rasul sebagai berikut yang penting diketahui umat Islam.

1. Nabi Adam As.:

Nabi Adam merupakan manusia sekaligus nabi pertama yang di utus Allah ke dunia. Kisah Nabi Adam As. Ini begitu populer di kalangan umat muslim dan tercantum dalam Al Quran. Dimana Nabi Adam dulunya hidup di surga namun harus turun ke muka bumi sebagai seorang khalifah. Sebab Nabi Adam As. Telah melanggar larangan dari Allah SWT untuk tidak memakan buah khuldi. Namun karena bujukan iblis, akhirnya Nabi Adam As dan Hawa melanggar larangan tersebut hingga diturunkan ke bumi sebagai manusia pertama.

2. Nabi Idris As:

Nabi Idris merupakan keturunan keenam dari Nabi Adam As. Yang merupakan putra dari Qabil dan Iqlima. Nabi Idris menjadi keturunan pertama Nabi Adam As. Yang diangkat Allah sebagai seorang nabi. Namun kisah Nabi Idris diketahui memiliki beberapa keahlian dalam banyak ilmu seperti perbintangan, matematika serta pandai membaca dan menulis.

3. Nabi Nuh As:

Kisah Nabi Nuh As. Tentunya sudah sangat familiar terdengar dengan beragam hikmah yang dapat dipetik. Dimana Nabi Nuh dikenal sebagai Nabi yang sangat sabar hingga mendapatkan mukjizat dari Allah SWT. Beberapa mukjizat Nabi Nuh As. Tersebut adalah membuat bahtera besar untuk menyelamatkan umatnya dari banjir bandang.

4. Nabi Hud As:

Nabi Hud As. Di utuas Allah SWT untuk mengajak kaum Aad yakni suku tertua sesudah Nabi Nuh As. Suku ini tidak mengenal Allah SWT sebagai pencipta alam semesta. Mereka pun menyembah dan mempercayai berhala-berhala sebagai Tuhan mereka. Namun Nabi Hud As. Kembali mengajak kaum Aad untuk berhenti menyembah berhala dan menuhankan berhala dengan beriman kepada Allah SWT.

5. Nabi Saleh As:

Nabi Saleh As. Memiliki mukjizat berupa unta betina yang keluar dari batu sebagai bekal dalam berdakwah. Nabi Saleh As. Menempati urutan kelima setelah Nabi Hud As yang diutus pada kamun Tsamud.

 

 

 

 

3. Kisah Nabi Ibrahim As. Hingga Nabi Yusuf As.

Kisah selanjutnya mengenai nama-nama nabi dan rasul yakni dapat kalian ambil hikmahnya berdasarkan riwayat perjalanan hidup Nabi Ibrahim As. Hingga Nabi Yaqub As. Adapun kisahnya sebagai berikut:

6. Nabi Ibrahim As:

Kisah Nabi Ibrahim yang paling populer yakni diberikannya mukjizat dari Allah SWT untuk membangun ka'bah yang kini menjadi kiblat umat muslim di seluruh dunia. Selain itu Nabi Ibrahim juga termasuk ulul azmi. Selain itu Nabi Ibrahim juga memiliki karunia dari Allah SWT yakni dapat selamat dari api yang membakar Nabi Ibrahim ketika berhadapan dengan para pengikut raja Namrud.

7. Nabi Luth As:

Nabi Luth As. Di utus Allah untuk memperbaiki kaum Sodom Gomorroh yakni memiliki perilaku seks yang menyimpang. Dimana kaum tersebut diketahui melakukan perbuatan menyimpang yakni penyuka sesama jenis.

8. Nabi Ismail As:

Nabi Ismail merupakan putra dari Nabi Ibrahim As. Yang menjadi seorang nabi. Dalam kisahnya Nabi Ismail memiliki mukjizat yakni berupa air zam zam yang mampu muncul hanya dengan hentakkan kakinya saat masih kecil. Hingga sekarang air zam zam tersebut masih terus mengalir dan menjadi berkah bagi penduduk Mekah. Selain itu kisah Nabi Ismail yang paling populer adalah dikenalnya hari raya Idul Adha yang merupakan bentuk dari pengorbanan Nabi Ibrahim As.terhadap perintah Allah SWT.

9. Nabi Ishaq As:

Nabi Ishaq As. Dikenal sebagai saudara Nabi Ismail As. Namun berasal dari ibu yang berbeda. Nabi Ishaq juga ditugaskan untuk menegakkan agama Islam dan kebenaran bersama Nabi Ibrahim As. Dan Nabi Ismail As.

10. Nabi Yaqub:

Nabi Yaqub merupakan putra dari Nabi Ishaq yang menjadi seorang Nabi. Nabi Yaqub As. Merupakan nenek moyang dari Bani Israil yang dikenal sebagai seorang yang memiliki keimanan dan karakter luar biasa.

11. Nabi Yusuf As:

Nabi Yusuf As. Merupakan putra dari Nabi Yaqub As. Nabi Yusuf As. Memiliki mukjizat yakni mampu menafsirkan mimpi. Selain itu Nabi Yusuf As. Pernah dibuang saudaranya hingga mengalami kehidupan yang penuh rintang. Nabi Yusuf As. Juga dikenal sebagai Nabi yang memiliki paras rupawan.

 

 

 

 

4. Kisah Nabi Ayub As. Hingga Nabi Yunus As.

Kisah selanjutnya yakni mengenai Nabi Ayus As. Hingga Nabi Yunus As. Yang tak kalah penuh dengan hikmah. Adapun kisahnya sebagai berikut.

12. Nabi Ayub As:

Nabi Ayub As. Merupakan putra dari Nabi Yaqub As. Nabi Ayub dikenal sebagai Nabi penyabar dengan penuh kebaikan dan sangat bergelimang harta namun kisah Nabi Ayub yang paling populer adalah berkat kesabarannya yang diuji melalui sakit kulit serta berbagai ujian lainnya. Karena sakit tersebut Nabi Ayub As. Harus rela kehilangan harta serta istri tercinta.

13. Nabi Syu'aib As:

Nabi Syuaib As. Di utus Allah SWT kepada kaum Madyan untuk kembali beriman dan menyembah Allah SWT. Kaum Madyan tersebut justru menolak ajakan Nabi Syuaib As. Hingga mendapatkan azab dari Allah berupa badai panas dan awan hitam hingga memusnahkan kaum Madyan.

14. Nabi Musa As:

Nabi Musa As. Terkenal dengan mukjizatnya yakni mampu mengbah tongkat menjadi ular dan membelah laut merah. Kisahnya yang paling populer yakni berkaitan dengan Raja Fir'aun. Selain itu Nabi Musa ditugaskan untuk membebaskan Bani Israel dari perbudakan pemerintahan Raja Fir'aun.

15. Nabi Harun As:

Nabi Harun merupakan saudara Nabi Musa yang membantu dalam berdakwah untuk mengingatkan Firaun agar kembali ke jalan yang benar. Nabi Harun As. Memiliki kemampuan berbahasa yang begitu luar biasa.

16. Nabi Zulkifli As:

Nabi Zulkifli merupakan nabi keenam belas yang dalam riwayat disebut sebagai salah satu dari putra Nabi Ayub As. Nabi Zulkifli dikenal sebagai seorang penyabar dan tidak pernah ingkar janji.

17. Nabi Daud As:

Nabi Daud mendapatkan salah satu mukjizat berupa kitab Zabur, dapat berkomunikasi dengan burung, memiliki suara indah, dan mampu melunakkan besi dengan tangan. Nabi Daud dikenal sebagai pemimpin yang sangat bijaksana. Namanya telah disebut dalam Al Quran sebanyak 16 kali.

18. Nabi Sulaiman As:

Nabi Sulaiman As. Juga dikenal sebagai nabi ke delapan belas yang memiliki mukjizat berupa dapat berbicara dengan binatang. Kisahnya ini begitu populer di kalangan muslim dan terdapat dalam Al Quran yakni Qs. An-Naml ayat 18-19.

19. Nabi Ilyas As:

Nabi Ilyas As. Di utus Allah SWT bagi kaum Bani Israil agar kembali mengimani Allah SWT dan menuju jalan yang benar. Sebab Bani Israil sebelumnya menyembah berhala yang dikenal dengan nama Baal.

20. .Nabi Ilyasa As:

Nabi Ilyasa As. Di utus Allah SWT untuk menegakkan agama Islam pada Bani Israil dan orang Amoria. Nabi Ilyasa As. Juga merupakan anak angkat yang diasuk Nabi Ilyas. Nabi Ilyasa memiliki tingkat kesabaran yang tinggi dan diberi mukjizat bisa menghidupkan orang mati.

21. Nabi Yunus As:

Nabi Yunus dikenal sebagai seorang Nabi yang di utus Allah untuk menegakkan agama Islam pada kaum Asyyira. Kaum tersebut merupakan kaum penyembah berhala. Namun ada sebuah kejadian yang cukup populer dengan kisah Nabi Yunus As. Yakni selamat ketika ditelan ikan paus.

 

 

 

 

5. Nama-nama Nabi Zakaria As. Hingga Nabi Muhamaad SAW

Nama-nama nabi dna rasul selanjutnya adalah kisah dari Nabi Zakaria As. Hingga Nabi Muhammad SAW. Adapun kisahnya sebagai berikut:

22. Nabi Zakaria As:

Nabi Dzakaria As merupakan keturunan Nabi Daud As dan Nabi Sulaiman As.Nabi Zakaria di utus Allah SWT pada Bani Israil. Nabi Zakaria menjadi nabi ke-22 yang wajib diketahui umat muslim.

23. Nabi Yahya As:

Nabi Yahya As. Merupakan anak dari Nabi Zakaria yang dikenal sebagai pemimpin yang memiliki integritas, serta berprinsip. Selain itu Nabi Yahya As. Juga dikenal sebagai seorang yang lemah lembut dan sangat menghormati orang tua.

24. Nabi Nabi Isa As:

Nabi Isa memiliki mukjizat yakni lahir dari seorang seorang perempuan suci bernama Maryam. Selain itu Nabi Isa As. Juga diberi mukjizat berupa kitab Injil yang kini menjadi kitab umat Nasrani. Beberapa mukjizat lain juga didapat Nabi Isa yakni dapat Membentuk burung dari tanah dan menghidupkannya, menyembuhkan orang yang buta, menyembuhkan penyakit kulit, serta menghidupkan orang mati.

25. Nabi Muhammad SAW:

Nabi Muhammad SAW menjadi nabi terakhir dan penutup dengan mukjizat berupa kitab suci Al Quran. Dimana kitab suci Al Quran ini menjadi kitab penyempurna dari kitab sebelumnya yang telah diturunkan Allah SWT. Selain itu wajib bagi umat Islam mengimani dan meneladani Nabi Muhammad. Nabi Muhammad juga dikenal sebagai sorang yang sangat rendah hati, penuh kebaikan, serta termasuk ulul azmi.

 

 

 

 

6. Nama-nama Nabi Ulul Azmi

Setelah mengenal nama-nama nabi dan rasul beserta kisahnya. Ada beberapa nama nabi yang termasuk ulul azmi. Ulul azmi sendiri merupakan nabi yang memiliki tingkat kesabaran,ketabahan yang luar biasa dalam menjalankan tugasnya sebagai nabi dan rasul. Adapun nama nabi termasuk ulul azmi sebagai  berikut:

1. Nabi Nuh As

2. Nabi Ibrahim As.

3. Nabi Musa As.

4. Nabi Isa As.

5. Nabi Muhammad SAW.

Nah itulah 25 nama-nama nabi dan rasul dengan kisahnya yang penting diketahui umat Islam.

 

 

 

 

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI