11 Cara Menghilangkan Panu di Tubuh Secara Alami dengan Bahan Rumahan

Rabu, 13 Mei 2020 18:44 Penulis: Nurul Wahida
11 Cara Menghilangkan Panu di Tubuh Secara Alami dengan Bahan Rumahan
Ilustrasi (credit: merdeka.com)


Kapanlagi Plus - Panu menjadi penyakit kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Penyakit kulit ini ditandai dengan bercak berwarna putih terang ataupun gelap. Meski tidak berbahaya, namun panu di tubuh bisa mengganggu penampilan. Cara menghilangkan panu di tubuh dapat dilakukan secara alami dengan bahan rumahan.

Dalam dunia kesehatan, penyakit panu muncul akibat infeksi jamur Malassezia yang berada pada permukaan kulit. Jamur pada kulit tersebut sebenarnya memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari berbagai penyakit yang menyerang.

Namun tumbuhnya jamur Malazzezia pada kulit secara berlebihan atau terbilang tidak normal dapat menyebabkan munculnya panu. Rasa gatal dan panas kadang dirasakan oleh mereka yang memiliki penyakit kulit panu.

Faktor penyebab munculnya panu di tubuh sangat beragam. Diantaranya seperti kondisi udara lembab, keringat berlebih, kulit berminyak, kekebalan tubuh menurun, serta pengaruh perubahan hormon.

Seperti yang diketahui bahwa penyakit kulit panu tergolong bukan termasuk penyakit menular. Akan tetapi panu yang tidak segera ditangani dapat dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh. Sehingga menyebabkan permukaan kulit menjadi kasar dan bisa mengganggu penampilan.

Selain itu pemeriksaan perlu dilakukan apabila mengalami gejala penyakit panu yang tidak kunjung membaik meskipun sudah ditangani secara sendiri. Namun penanganan secara mandiri perlu dilakukan agar penyakit panu dapat segera teratasi.

Lalu bagaimana cara menghilangkan panu di tubuh secara alami dengan bahan rumahan?

Adapun cara menghilangkan panu ditubuh sangat mudah untuk dilakukan. Beberapa jenis bahan rumahan dapat digunakan untuk menghilangkan panu yang muncul. Berikut 11 cara menghilangkan panu di tubuh secara alami dengan bahan rumahan yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Gunakan Bawang Putih

Cara menghilangkan panu di tubuh secara alami dengan bahan rumahan salah satunya adalah menggunakan bawang putih. Pelengkap bahan masakan ini memiliki kandungan alicin sebagai anti bakteri yang bisa melawan jamur dan bakteri penyebab panu.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat alami menghilangkan panu di tubuh, kalian cukup menggosokkan bawang putih pada bagian kulit yang memiliki panu. Ulangi cara tersebut beberapa kali sampai panu mulai menghilang. Biasanya rasa perih akan muncul saat bawang putih digosokkan ke bagian tubuh yang berpanu.

Rasa perih tersebut muncul dikarenakan zat dalam bawang putih sedang bekerja untuk melawan jamur. Setidaknya kalian harus dapat menahan rasa perih tersebut agar bakteri jamur dapat hilang pada permukaan kulit.

2. Pakai Lengkuas dan Garam

Bahan alami rumahan untuk menghilangkan panu di tubuh selanjutnya adalah dengan lengkuas dan garam. Kandungan kuersetin, amilum dan flavanid dalam lengkuas dapat melawan bakteri dan jamur penyebab panu. Berikut cara menghilangkan panu di tubuh dengan lengkuas dan garam:

- Siapkan satu buah lengkuas.

- Potong menjadi beberapa bagian sampai terlihat daging putih lengkuas.

- Gosokkan pada tubuh yang terdapat panu sampai memerah dan terasa sedikit perih.

- Lalu taburkan garam dan gosok dengan lengkuas.

- Ulangi cara tersebut secara rutin setiap hari sampai panu hilang.

3. Jeruk Nipis dan Belerang

Cara menghilangkan panu di tubuh secara alami dapat juga menggunakan jeruk nipis. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis dapat berguna sebagai antioksidan yang mampu melawan bakteri dan jamur. Untuk menggunakan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan panu ikuti cara berikut ini:

- Siapkan jeruk nipis dan belerang.

- Haluskan belerang dan campur dengan air perasan jeruk nipis.

- Campur sampai merata dan oleskan pada panu.

- Ulangi cara tersebut secara rutin sampai panu menghilang dari tubuh.

4. Pakai Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang bisa meredakan masalah kulit seperti panu. Sehingga minyak kelapa mampu mengatasi panu yang muncul pada tubuh. untuk menggunakannya cukup mudah yakni hanya dengan mengoleskan minyak kelapa dengan kayu manis ke bagian tubuh yang terdapat panu. Lakukan secara rutin sampai panu menghilang.

5. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh yang sangat lekat dengan rasa asamnya ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu di tubuh secara alami. Setidaknya dalam belimbing wuluh diketahui mengandung zat seperti asam format, peroksida, kalsium oksalat, kalium sitrat, sulfur, dan glukosid. Berikut cara menggunakan belimbing wuluh untuk menghilangkan panu pada tubuh:

- Ambil satu buah belimbing wuluh, lalu potong.

- Gosokkan belimbing wuluh pada tubuh yang terdapat panu.

- Diamkan sampai mengering dan lakukan secara rutin.

6. Cuka Apel

Cara menghilangkan panu di tubuh secara alami dengan bahan rumahan juga bisa menggunakan asam cuka. Caranya cukup dengan mencampurkan cuka apel dengan air hangat dan mengoleskan pada bagian tubuh yang terdapat panu. Diamkan beberapa saat dan bilas.

7. Lidah Buaya

Kandungan yang bermanfaat untuk menghilangkan panu di tubuh menggunakan lidah buaya terdapat pada gel lendirnya. Diantaranya seperti flavonoid, vitamin C, fenol, sodium, kalium, kalsium, kromium, dan lain sebagainya bisa digunakan sebagai antioksidan.

Kalin cukup mengoleskan gel lidah buaya pada bagian tubuh yang terdapat panu. Lakukan cara tersebut secara rutin minimal 2 hingga 3 kali sehari.

8. Kunyit

Untuk menghilangkan panu di tubuh secara alami dengan bahan rumahan juga dapat menggunakan kunyit. Kalian cukup mengaplikasikan kunyit yang telah ditumbuk halus pada bagian kulit yang terdapat panu. Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga ampuh untuk menghilangkan panu di tubuh. untuk menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun yang bisa dicampur dengan minyak esensial oregano pada bagian tubuh yang terdapat panu. Lalu diamkan selama 30 menit dan bilang dengan air hangat,

10. Yogurt

Cara menghilangkan panu di tubuh secara alami dapat juga mengoleskan yogurt pada bagian tubuh yang terdapat panu. Kalian juga dapat mengonsumsi yogurt sebagai pengobatan dari dalam. Untuk menggunakannya ikuti beberapa cara berikut ini:

- Siapkan yogurt dan oleskan pada bagian tubuh yang berpanu.

- Diamkan selama 20-30 menit.

- Bilas dengan air hangat.

11. Getah Daun Jarak

Getah daun jarak cukup efektif untuk menghilangkan panu di tubuh. untuk mengaplikasikannya dapat mengikuti cara berikut ini:

- Ambil daun jarak langsung dari pohonnya.

- Gosokkan getah daun jarak pada tubuh yang terdapat panu.

- Diamkan sampai mengering.

- Lakukan secara rutin sampai panu menghilang.

Nah itulah 11 cara menghilangkan panu di tubuh secara alami dengan bahan rumahan. Cukup simple dan mudah bukan? Namun jika panu tidak kunjung sembuh dengan perawatan mandiri, dapat segera menghubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI