11 Manfaat Buah Zuriat dan Cara Mengonsumsinya, Salah Satunya Buat Program Hamil

Rabu, 07 Juli 2021 16:40
11 Manfaat Buah Zuriat dan Cara Mengonsumsinya, Salah Satunya Buat Program Hamil
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Buah zuriat menjadi salah satu jenis buah yang diyakini dapat meningkatkan kesuburan pria ataupun wanita. Sebab itulah, manfaat buah zuriat cukup familiar digunakan sebagai program hamil bagi pasangan suami istri. Namun, manfaat buah zuriat bagi kesehatan ternyata cukup beragam tak sekedar untuk promil.

Manfaat buah zuriat bagi kesehatan dapat diperoleh karena kandungan nutrisinya. Buah ini diketahui memiliki senyawa antioksidan tinggi yang bermanfaat buat tubuh melawan paparan radikal bebas termasuk mencegah stres oksidatif. Dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa ada beberapa senyawa antioksidan dalam buah zuriat seperti flavonoid, fitokemikal, ataupun hidrosinemant.

Tidak heran jika ada banyak sekali manfaat buah zuriat yang bisa kita peroleh. Selain itu, cara mengonsumsi buah zuriat biasanya perlu merebusnya terlebih dahulu.

Air rebusan buah zuriat inilah yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Untuk itulah berikut ini ada beberapa pembahasan tentang manfaat buah zuriat bagi kesehatan serta cara mengonsumsinya.

Adapun manfaat buah zuriat dan cara mengonsumsinya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan Keseburuan Pria dan Wanita

Manfaat buah zuriat yang pertama adalah dapat meningkatkan kesuburan pria dan Wanita. Manfaat inilah yang diyakini bagi pasangan suami istri memiliki peluang lebih besar mendapatkan buah hati. Kandungan senyawa antioksidan dalam buah zuriat tersebutlah yang dipercaya dapat mencegah stres oksidatif.

Di mana stres oksidatif juga dapat berpengaruh pada kesuburan organ reproduksi. Selain itu bagi pria, manfaat buah zuriat diketahui bisa meningkatkan kualitas sperma. Sehingga dengan kualitas sperma yang baik tentunya bisa berpengaruh pada program kehamilan pasangan.

Sedangkan manfaat buah zuriat untuk wanita juga bisa meningkatkan kesuburan. Sebab, buah zuriat dapat menjaga kualitas sel telur tetap baik untuk program kehamilan. Inilah mengapa banyak pasangan suami istri mencari buah zuriat untuk program kehamilan.

2. Memperkuat Dinding Rahim

Manfaat buah zuriat selanjutnya masih terkait dengan program kehamilan yakni bisa memperkuat rahim. Dengan kondisi dinding rahim kuat tentunya dapat mendukung program hamil yang dilakukan. Sebab kondisi rahim yang terlalu lemah dapat membuat perempuan lebih rentan kemungkinan mengalami keguguran.

Inilah mengapa buah zuriat juga cukup baik dikonsumsi bagi ibu untuk program hamil. Meski begitu, beberapa nutrisi penting lainnya juga perlu dilengkapi untuk mendukung persiapan program kehamilan termasuk menguatkan dinding rahim.

3. Melancarkan Menstruasi

Manfaat buah zuriat selanjutnya adalah dapat melancarkan menstruasi pada Wanita. Menstruasi umumnya terjadi sebulan sekali dengan durasi waktu normal antara 23 hari hingga 35 hari. Menstruasi yang tidak teratur seringkali dikaitkan dengan beberapa gejala masalah pada organ reproduksi.

Namun ternyata yang jarang diketahui, manfaat buah zuriat cukup baik buat melancarkan menstruasi. Sebab kandungan nutrisi dalam buah zuriat dipercaya dapat membantu perempuan mendapatkan masa menstruasi teratur.

4. Kaya Antioksidan

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, buah zuriat mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan tinggi tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk melawan paparan radikal bebas. Paparan radikal bebas sendiri bisa menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh yang memicu masalah kesehatan tertentu.

Di antara kandungan antioksidan dalam buah zuriat seperti flavonoid, fitokemikal, dan hidrosinemat. Kandungan senyawa antioksidan yang tinggi ini juga dapat mencegah masalah stres oksidatif yang juga berpengaruh pada masalah kesuburan.

5. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat buah zuriat selanjutnya adalah baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Melansir dari cermati.com, kandungan vitamin B kompleks seperti vitamin B9 dalam buah zuriat dapat mencegah risiko bayi mengalami kelainan lahir. Selain itu kandungan nutrisi dalam buah zuriat inilah dapat membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan tetap baik.

6. Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat buah zuriat berikutnya adalah dapat mengontrol kolesterol dalam darah tetap baik. Sebab buah zuriat diketahui dapat menurunkan tingkat kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan begitu, ini membantu kalian meningkatkan HDL atau kolesterol baik yang bermanfaat menjaga tubuh tetap fit. Selain itu antioksidan tinggi yang terkandung dalam buah zuriat juga memberi manfaat buah menjaga kesehatan tubuh tetap baik termasuk mengontrol kadar kolesterol.

7. Baik untuk Jantung

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol LDL, manfaat buah zuriat juga bisa menjaga kesehatan jantung. Sebab kadar kolesterol juga terkait dengan kesehatan jantung serta pembuluh darah. Maka dari itu, manfaat buah zuriat diyakini bisa menjaga jantung kalian tetap sehat dan baik untuk menurunkan tingkat risiko penyakit kardiovaskular.

8. Mencegah Risiko Hipertensi

Manfaat buah zuriat selanjutnya selanjutnya adalah dapat mencegah risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi seringkali memicu masalah kesehatan tertentu. Inilah mengapa penting menjaga tekanan darah kita tetap terkendali atau terkontrol.

Kandungan nutrisi seperti vitamin B komplek, antioksidan, kalsium, protein, fosfor dalam buah zuriat berperan besar untuk mengontrol tekanan darah kalian tetap baik. Maka dari itu, tidak ada salahnya menjadikan buah zuriat sebagai alternatif pilihan buat mencegah risiko hipertensi.

9. Menjaga Kesehatan Lever

Kesehatan hati juga penting kalian perhatikan untuk mencegah risiko penyakit lever. Menakjubkannya, manfaat buah zuriat ternyata juga bisa menjaga kesehatan hati atau lever. Ya, melansir dari liputan6.cim, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dalam buah zuriat bisa menurunkan risiko kerusakan hati. Sehingga manfaat buah zuriat bisa membantumu menjaga kesehatan hati tetap baik dan optimal.

10. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antioksidan tinggi dalam buah zuriat juga bermanfaat untuk mencegah risiko kanker. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam ekstrak buah zuriat bisa membantu tubuh menghambat pertumbuhan sel kanker. Ini terjadi karena ekstrak buah zuriat juga mengandung efek anti-kanker. Meski begitu diperlukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat buah zuriat untuk mengetahui manfaatnya buat mencegah pertumbuhan kanker.

11. Memperkuat Tulang

Manfaat buah zuriat berikutnya juga dapat memperkuat tulang tubuh. Sebab buah zuriat juga mengandung kalsium yang merupakan nutrisi penting buat tulang. Sehingga dengan nutrisi tersebut, membantu tubuh mencegah risiko tulang keropos seperti osteoporosis. Osteoporosis sendiri seringkali terjadi pada usia menjelang paruh baya, sehingga perlu pencegahan lebih dini mengurangi risiko gangguan kesehatan ini.

12. Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Setelah mengetahui manfaat buah zuriat bagi kesehatan, penting juga mengetahui cara mengonsumsi buah zuriat. Pasalnya, buat kalian yang baru pertama kali mengetahui buah zuriat bakal dibuat bingung dengan cara konsumsinya. Apalagi jika kalian ingin mendapatkan manfaat lebih buah zuriat, maka diperlukan teknik yang tepat. Untuk itu berikut ini ada ulasan tentang cara konsumsi buah zuriat yang benar untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan.

Cara mengonsumsi buah zuriat dapat dilakukan dengan merebusnya. Air rebusan inilah yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan manfaat buah zuriat.

- Siapkan buah zuriat, lalu potong menjadi dua bagian.

- Rebus potongan buah zuriat tersebut beserta kulit ataupun bijinya.

- Lalu saring airnya.

- Air rebusan inilah yang dapat kalian konsumsi untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan.

Untuk kalian yang ingin lebih praktis, ekstrak buah zuriat bisa dijadikan pilihan. Nah itulah 11 manfaat buah zuriat dan cara mengonsumsinya.

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI