8 Penyebab Pemanasan Global Karena Ulah Manusia, Sadari Sedini Mungkin!

Selasa, 08 Desember 2020 11:11 Penulis: Nurul Wahida
8 Penyebab Pemanasan Global Karena Ulah Manusia, Sadari Sedini Mungkin!
Penyebab pemanasan global (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Dampak pemanasan global saat ini dirasakan begitu hebat untuk kehidupan manusia ataupun kehidupan alam. Penyebab pemanasan global sendiri sebagian besar dapat terjadi karena ulah manusia yang jarang disadari. Akibatnya, bukan hanya perubahan iklim yang dialami melainkan juga menimbulkan dampak lain termasuk karena efek rumah kaca.

Pemanasan global dikenal juga dengan istilah global warming yang dampak dirasakan secara langsung terhadap kehidupan di bumi. Pemanasan global dapat terjadi karena perubahan iklim serta cuaca yang meningkat secara drastis. Penyebab pemanasan global tersebut dapat terjadi karena ulah manusia dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Sebut saja seperti limbah pabrik, penebangan liar, penggunaan listrik dan bahan bakar yang boros, ataupun karena efek rumah kaca. Kondisi ini menyebabkan perubahan iklim bumi dengan suhu meningkat hingga sebabkan panas luar biasa. Tak dapat dianggap sepele, dampak pemanasan global cukup banyak memengaruhi kehidupan manusia.

Diantara dampak dari pemanasan global tersebut seperti cuaca yang tidak menentu, berpotensi menyebabkan punahnya hewan, rentan menyebabkan penyakit, naiknya permukaan laut dan lain sebagainya.

Melansir dari public.wmo.int mencatat bahwa perubahan iklim semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan penyebab perubahan iklim tersebut disinyalir kuat terjadi karena aktivitas manusia. Untuk itulah pentingnya memahami penyebab pemanasan global karena ulah manusia agar disadari sedini mungkin.

Adapun penyebab pemanasan global tersebut terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Untuk lebih lengkapnya simak penyebab pemanasan global yang dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Penebangan Hutan Secara Liar

Penyebab pemanasan global karena ulah manusia yang pertama dapat terjadi karena aktivitas penebangan hutan secara liar. Kondisi ini menyebabkan pohon serta tumbuhan hijau yang penting dalam mengatur iklim serta oksigen bumi menjadi berkurang. Akibatnya perubahan iklim dalam hal ini pemanasan global menjadi dampak buruk dari aktivitas penebangan hutan secara liar.

Tanpa hutan sebagai lahan hijau di bumi, maka peningkatan suhu dapat terjadi karena pentingnya hutan untuk menyerap karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen. Akibatnya jika hutan berkurang serta menyempit karbondioksida tersebut bisa dilepaskan kembali ke atmosfer sebagai CO2 hingga menyebabkan pemanasan global seperti melansir dari wwf.org.au.

 

2. Memakai Tisu Berlebihan

Penyebab pemanasan global karena ulah manusia selanjutnya adalah dapat terjadi akibat penggunaan tisu yang berlebihan. Meski terdengar sederhana, namun siapa sangka kebiasaan memakai tisu berlebih justru dapat berpotensi menimbulkan pemanasan global. Melansir dari liputan6.com, seperti diketahui tisu terbuat dari serat kayu pohon yang melewati beberapa proses hingga menjadi tisu ataupun kertas.

Dalam hal ini semakin banyak tisu digunakan maka semakin banyak pula produksi tisu dari pohon yang akan dilakukan. Sehingga bukan tidak mungkin jika pohon-pohon di hutan akan semakin habis untuk memproduksi tisu. Alhasil sama seperti pembahasan sebelumnya, hutan semakin menyempit hingga bisa sebabkan pemanasan global.

 

3. Gas Pabrik

Penyebab pemanasan global selanjutnya adalah karena efek dari gas pabrik. Seperti diketahui saat ini pembangunan semakin meningkat dengan beragam aktivitas industri yang juga meningkat. Masalah polusi udara akibat gas pabrik ataupun industri ini menjadi salah satu dari efek yang timbul hingga memengaruhi lingkungan termasuk iklim bumi.

Melansir dari liputan6.com, beberapa gas pabrik yang dilepaskan akibat aktivitas industri seperti gas karbondioksida, karbon monoksida, nitrogen oksida ataupun gas metana. Jika penampungan gas dari pabrik ini tak dijalankan dengan selayaknya, maka berpotensi menyumbang kejadian pemanasan global.

 

4. Efek Rumah Kaca

Penyebab pemanasan global karena ulah manusia bisa terjadi akibat efek rumah kaca. Istilah ini tentunya cukup familiar terdengar dan menjadi salah satu sebab utama dari pemanasan global. Seperti diketahui efek rumah kaca dapat terjadi karena ulah manusia dengan berbagai aktivitas mereka.

Sebut saja mulai dari aktivitas industri, penggunaan bahan bakar berlebih, boros listrik, polusi kendaraan bermotor, dan lainnya bisa berpotensi menyebabkan efek rumah kaca. Sejumlah gas yang dapat menyebabkan efek rumah kaca tersebut seperti uang air, karbondisoksida, metana, nitrous oksida, serta cfc.

 

5. Penggunaan CFC Berlebihan

Melansir dari liputan6.com, CFC merupakan bahan kimia yang sering digunakan dalam sejumlah peralatan rumah tangga. CFC tersebut mengandung beberapa zat seperti karbon, klorin, dan fluorin. Namun penggunaan CFC yang berlebihan ternyata bisa berpotensi menyebabkan pemanasan global akibat kerusakan lapisan ozon. Penggunaan CFC biasanya ditemukan pada beberapa aktivitas harian seperti AC dan kulkas.

 

6. Penggunaan Listrik Boros

Penyebab pemanasan global karena ulah manusia juga bisa terjadi karena penggunaan listrik yang boros. Seperti diketahui saat ini hampir semua kehidupan manusia didukung dengan adanya listrik untuk menunjang berbagai aktivitas mereka. Sayangnya banyak tak menyadari bahwa penggunaan listrik berlebihan bisa berpotensi menyumbang pemanasan global.

Sebab listrik diketahui bisa menambah produksi gas karbondioksida ke bumi yang dapat memicu kerusakan lapisan ozon. Untuk itulah kesadaran penting ditanamkan sedini mungkin dalam menggunakan listrik secara tidak berlebihan.

 

7. Sampah Plastik

Selain listrik, penggunaan plastik yang berlebih atau tidak terkontrol bisa menyebabkan pemanasan global terjadi. Sebab plastik termasuk salah satu jenis bahan yang sulit terurai di bumi hingga menyebabkan pencemaran lingkungan.

Melansir dari liputan6.com, bersumber dari penelitian, plastik mengeluarkan gas metana dan etilena saat terkena sinar matahari yang bisa menyumbangkan pemanasan global terjadi. Tak heran jika saat ini mulai digerakkan kembali untuk mengurangi penggunaan plastik dalam aktivitas harian.

 

8. Penggunaan Bahan Bakar Kendaraan

Penyebab pemanasan global karena ulah manusia bisa dipicu karena penggunaan bahan bakar kendaraan yang menyebabkan polusi udara. Misalnya saja bensin sebagai bahan utama kendaraan mobil dan motor yang memicu terjadinya polusi udara karena timbulkan gas karbondioksida.

Karena gas karbondioksida tersebut diketahui akan tetap terperangkap di bumi hingga sebabkan perubahan suhu yang meningkat. Tak hanya berdampak pada perubahan iklim, polusi akibat bahan bakar kendaraan juga bisa berpengaruh pada kesehatan manusia.

 

9. Cara Mencegah Pemanasan Global

Setelah memahami penyebab pemanasan global karena ulah manusia, cara memahami cara mencegah pemanasan global juga penting diketahui. Adapun cara mencegah pemanasan global tersebut sebagai berikut:

- Menghemat penggunaan listrik untuk kegiatan sehari-hari.

- Mengurangi penggunaan CFC dalam hal ini AC.

- Menanam pohon.

- Kurangi penggunaan plastik dan beralih pada barang ramah lingkungan.

Nah itulah 8 penyebab pemanasan global karena ulah manusia yang harus disadari sedini mungkin. Sebab dampak dari pemanasan global tak sekedar dianggap sepele karena berpengaruh pada setiap kehidupan makhluk di bumi baik manusia, tumbuhan, ataupun hewan.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI