8 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungannya

Senin, 07 Desember 2020 17:55 Penulis: Dhia Amira
8 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungannya
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Asam jawa atau yang lebih dikenal dengan asam merupakan sejenis buah yang memiliki rasa asam menyegarkan. Asam sendiri biasanya menjadi campuran untuk beberapa masakan Indonesia, bahkan ada pula yang membuat asam sebagai permen. Namun bukan hanya itu saja, nyatanya manfaat asam jawa sangat baik loh untuk kesehatan KLovers.

Asam sendiri memiliki pohon yang sering disebut sebagai Tamarindus Indica. Pohon asam memiliki bentuk yang tinggi, besar, dan tidak mengalami musim gugur. Asam sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang banyak tumbuh di negara tropis, dan diperkirakan berasal dari Savana Afrika. Dan asam menjadi salah satu makanan yang tidak hanya berfungsi sebagai penyedap makanan saja, tetapi juga dapat menjadi obat tradisional.

Kira-kira apa saja ya manfaat asam jawa bagi tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, ini 8 manfaat asam jawa yang baik bagi kesehatan tubuh kalian dan wajib diketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Kandungan Nutrisi Asam Jawa

Sebelum mengetahui apa saja manfaat asam jawa, ada baiknya kalian mengetahui nutrisi apa saja dari asam jawa. Dan salah satu rempah yang ada di dalam asam jawa nyatanya memiliki nutrisi yang luar biasa loh KLovers. Dan inilah beberapa nutrisi luar biasa dalam 1 cangkir asam jawa:

Zat besi 19%
Magnesium 110 28%
Kalium 22%
Fosfor 14%
Kalsium 9%
Tembaga 5%
Selenium 2%
Vitamin C
Vitamin B
Vitamin A
Vitamin K

Dengan begitu banyak kandungan yang luar biasa pada kunyit asam, tidak heran bila kunyit asam memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dan menjadi salah satu tumbuhan sehat yang sangat baik dikonsumsi secara rutin, dengan takaran yang tepat.

 

 

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat asam jawa yang pertama yaitu, dapat melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Pencernaan memang menjadi salah satu alasan utama tubuh yang sehat. Bila pencernaan kalian tidak lancar, maka akan membuat kalian terkena penyakit wasir, sembelit, perut buncit, obesitas, hingga kanker usus besar.

Ada banyak sekali makanan yang dapat membuat pencernaan menjadi sehat, salah satunya yaitu asam jawa. Hal ini karena asam jawa mengandung serat yang cukup tinggi. Di dalam asam jawa mengandung 6 gram serat tidak larut yang membuat feses kalian jadi lebih mudah untuk melewati usus. Menurut sebuah penelitian tahun 2011 tentang manfaat asam jawa bagi kesehatan manusia, memperlihatkan adanya asam kalium pada buah ini yang membuatnya efektif jadi obat pencahar.

Selain itu, ditemukan pula bahwa anak-anak di Afrika menggunakan asam jawa sebagai bagian dari sarapan untuk mengatasi sembelit. Biasanya, mereka mencampur buah asam yang belum matang dengan jus jeruk nipis atau madu. Sehingga minuman yang mengandung asam jawa diyakini bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare dan sembelit.

 

 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat asam jawa yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Organ jantung memang menjadi salah satu organ penting yang perlu dijaga. Hal ini karena, penyakit jantung masih menjadi penyakit mematikan pertama di dunia. Selain olahraga, kalian juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi makanan sehat. Dan salah satunya yaitu dengan menggunakan asam jawa.

Hal ini karena, asam jawa memiliki kandungan berupa polifenol seperti flavonoid yang bersifat antioksidan bagi tubuh. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa, kadar kolesterol jahat (LDL), kolesterol total, dan trigliserida turun akibat efek ekstrak tamarin. Hal itu karena, ekstrak asam jawa menyerap dan membantu membersihkan LDL dari jaringan saraf.

 

 

4. Menurunkan Berat Badan

Memiliki badan ideal adalah impian setiap orang, dan untuk membantu dalam penurunan berat badan, kalian bisa kok menggunakan manfaat asam jawa. Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa, asam menjadi salah satu buah yang dapat menurunkan risiko obesitas. Obesitas merupakan kondisi ketika kadar lemak tubuh seseorang meningkat secara berlebihan, terutama di dalam jaringan adiposa atau biasa dikenal dengan lemak.

Dan nyatanya asam jawa terbukti dalam menurunkan berat badan dengan efektif. Hal ini karena kandungan zat asam hidroksitikit atau HCA membantu menghambat penyimpanan lemak di dalam tubuh. Walaupun mungkin dampaknya tidak begitu besar, asam jawa juga dapat menekan nafsu makan kalian karena terdapat peningkatan kadar serotonin.

 

 

5. Mengobati Flu dan Batuk

Tidak hanya menurunkan berat badan saja, nyatanya manfaat asam jawa juga sangat baik dalam mengobati flu dan juga batuk loh KLovers. Bila kalian merasa terserang flu ataupun batuk yang bikin tenggorokan sangat gatal, maka kalian bisa menggunakan manfaat asam jawa. Hal itu karena, asam jawa mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

Dan kandungan vitamin C yang tinggi ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengobati flu, dan meringankan kondisi batuk. Kalian bisa mengonsumsi secangkir air asam hangat ketika sedang flu sebagai alternatif obat alami.

 

 

6. Mengatasi Diabetes

Bagi kalian para penyandang diabetes mungkin sudah tidak asing lagi dengan manfaat asam jawa untuk mengendalikan penyakit diabetes. Dalam uji coba yang dilakukan telah ditemukan bahwa, ekstrak asam jawa yang sudah dicairkan dapat berperan sebagai anti diabetes yang cukup kuat.

Masih dari penelitian yang sama, pemberian ekstrak asam jawa mampu menurunkan risiko hiperglikemia karena kandungan magnesium yang relatif tinggi, yaitu 28 gram. Meskipun kandungan gulanya cukup tinggi, magnesium yang terkandung di dalam asam jawa memiliki peran yang penting atas 600 fungsi organ tubuh manusia, termasuk sebagai anti diabetes.

 

 

7. Menjaga Kesehatan Otak

Memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa, tidak heran salah satu manfaat asam jawa dapat memberikan kesehatan pada otak. Organ tubuh yang satu ini tidak kalah penting dengan jantung. Karena otak juga harus selalu diberikan nutrisi dengan baik, agar saat bertambahnya usia otak masih mampu bekerja dengan baik. Dan nutrisi tersebut yaitu dengan mengonsumsi asam jawa.

Dan manfaat asam jawa ini di dapat dari kandungan vitamin B. Kandungan ini sangat penting untuk setiap aspek fungsi otak, termasuk sintesis dan perbaikan DNA/RNA, regulasi gen, serta sintesis berbagai molekul pensinyalan. Berdasarkan sebuah penelitian, peran aktif vitamin B dalam kesehatan otak ditunjukkan oleh kemampuannya untuk diangkut melintasi penghalang darah otak, di mana melakukan sintesis neurokimiawi.

 

 

8. Melindungi Organ Hati

Manfaat asam jawa yang selanjutnya yaitu, dapat melindungi organ hati. Organ hati merupakan salah organ penting yang perlu dijaga, dan hal ini sudah terbukti loh KLovers. Hal ini karena, ekstrak hidroalkohol dari asam tamarin membantu meningkatkan sistem anti peradangan untuk organ hati. Sehingga tidak heran bila asam jawa dipercaya oleh kebanyakan orang dapat membantu mengurangi kerusakan liver. Dan biasanya bagi masyarakat Indonesia asam dikonsumsi dengan cara dibuat jamu.

 

 

9. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Dan manfaat asam jawa yang terakhir yaitu dapat meningkatkan kepadatan tulang. Asam jawa sangat baik untuk tulang karena mengandung nutrisi yang berkontribusi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga seluruh sistem kerangka tetap kuat. Magnesium, kalsium, fosfor, kalium, tembaga, besi dan seng yang ada dalam asam jawa membantu pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Menurut National Institutes of Health, khasiat asam jawa berkontribusi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis pada wanita setelah menopause. Manfaat ini bisa didapatkan karena kandungan magnesium di dalamnya. Tak hanya itu saja, kandungan potasium dalam asam jawa berguna untuk menjaga kadar kalsium dan mengurangi kehilangan mineral urine. Karena kekurangan potasium dapat menyebabkan penipisan kalsium di tulang.

Dan kandungan fosfor yang terdapat dalam asam jawa adalah unsur lain yang penting untuk pertumbuhan tulang. Karena 85% fosfor tubuh berada di tulang dalam bentuk kalsium fosfat. Karena tidak mendapatkan cukup fosfor dapat menyebabkan tulang lemah dan lunak.

Itulah 8 manfaat asam jawa yang baik bagi kesehatan tubuh dan jarang diketahui. Bukan hanya menjadi buah yang dapat menjadi penyedap makanan saja, manfaat asam jawa juga mampu memberikan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kalian.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI