11 Mitos dan Fakta Virus Corona Covid-19 yang Harus Kalian Ketahui

Rabu, 01 April 2020 17:22 Penulis: Nurul Wahida
11 Mitos dan Fakta Virus Corona Covid-19 yang Harus Kalian Ketahui
Ilustrasi Virus Corona Covid-19 (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Virus corona covid-19 masih menjadi perbincangan di seluruh dunia. Sayangnya, sering beredar informasi seputar virus corona covid-19 yang tidak akurat bahkan mitos. Informasi tersebut akan menyulitkan setiap orang untuk mengetahui fakta yang sebenarnya.

Jika informasi yang tidak akurat tersebut terus beredar di masyarakat, hal ini akan membuat resah bahkan menyulitkan penanganan virus corona covid-19. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut informasi simpang siur tentang corona covid-19 sebagai infodemik.

Sebuah situs baru bernama EPI-WN yakni WHO Network for Information in Epidemics dari WHO dibuat untuk mencegah informasi mitos atau rumor yang beredar di masyarakat. Sehingga tidak menciptakan kebingungan mengenai virus corona covid-19. Untuk itu mitos dan fakta virus corona covid-19 yang harus kalian ketahui perlu kalian cari tahu.

Berikut 11 mitos dan fakta virus corona covid-19 yang harus kalian ketahui yang dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Penularan Lewat Cuaca

Mitos: Ada sebuah mitos yang menyatakan bahwa virus corona covid-19 tidak dapat disebarkan dalam kondisi cuaca yang panas dan lembab. Mitos ini harus kalian ketahui untuk menghindari informasi yang tidak akurat.

Fakta: Namun faktanya, virus corona covid-19 dapat ditularkan dalam segala kondisi cuaca termasuk panas dan lembab. Termasuk mandi air panas yang tidak bisa cegah paparan virus corona covid-19.

2. Terbunuh Saat Cuaca Dingin

Mitos: Virus corona covid-19 dapat terbunuh ketika kondisi cuaca dingin.

Fakta: Cuaca dingin tidak dapat membunuh virus corona covid-19. Terutama ketika seseorang sudah terpapar virus corona covid-19. Hal ini terjadi karena suhu tubuh normal manusia akan tetap berada pada rentang 36,5 - 37 derajat celcius.

3. Bisa Hilang dengan Pengering Tangan?

Mitos: Pengering tangan efektif bisa membunuh virus corona covid-19.

Fakta: Pengering tangan tidak efektif untuk membunuh virus corona covid-19. Ketika tangan kotor atau setelah melakukan aktivitas yang bisa menjadi penularan virus corona covid-19 sebaiknya mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

4. Virus Corona Covid-19 Buatan Manusia?

Mitos: Virus corona covid-19 sengaja dibuat oleh manusia.

Fakta: Virus corona covid-19 bukanlah buatan manusia. Virus ini adalah penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia. Selanjutnya virus corona covid-19 dapat ditularkan dari manusia ke manusia. Para peneliti masih mencari tahu penyebab pasti dari virus corona covid-19.

5. Hanya Menyerang Orang Dewasa?

Mitos: Anak-anak tidak dapat tertular virus corona covid-19. Dan virus corona hanya menyerang orang dewasa.

Fakta: Virus corona covid-19 bisa terjadi pada siapapun tanpa memandang umur. Meskipun kasus virus corona covid-19 yang terjadi pada anak lebih sedikit jika dibandingkan dengan orang dewasa.

6. Alkohol dan Klorin Bisa Bunuh Virus Corona Covid-19

Mitos: Menyemprotkan alkohol atau klorin ke tubuh bisa membunuh virus corona covid-19.

Fakta: Alkohol dan klorin tidak dapat membunuh virus corona covid-19 yang telah masuk ke tubuh. justru hal ini akan membahayakan tubuh terutama bagian hidung dan mulut.

7. Hewan Peliharaan Bisa Menularkan Virus Corona Covid-19

Mitos: Hewan peliharaan bisa menularkan virus corona covid-19.

Fakta: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan CDC menyatakan belum ada bukti jika hewan peliharaan bisa menularkan virus corona covid-19. Namun sebagai pencegahan tetap disarankan untuk mencuci tangan setelah menyentuh hewan peliharaan.

8. Paket dari China Rentan Virus Corona Covid-19

Mitos: Produk atau paket yang berasal dari China bisa menyebarkan virus corona covid-19. Bagi yang sering membeli paket dari China, mitos ini tentu membuat khawatir. Untuk itu kalian harus tahu fakta yang sebenarnya tentang mitos ini.

Fakta: Produk yang dikirimkan dari tiongkok tidak berisiko menularkan virus corona covid-19 pada penerimanya. Sebab virus corona covid-19 tidak lama bertahan hidup pada benda seperti surat dan paket.

9. Disebarkan Lewat Gigitan Nyamuk

Mitos: Virus corona covid-19 dapat menyebar melalui gigitan nyamuk.

Fakta: Virus ini tidak dapat disebarkan melalui gigitan nyamuk. Virus hanya bisa ditularkan melalui tetesan penderita yang terinfeksi virus corona covid-19.

10. Konsumsi Minuman Herbal Bisa Cegah Virus Corona Covid-19

Mitos: Konsumsi minuman herbal seperti temulawak, jahe, serai, kunyit dapat mencegah tertular virus corona covid-19.

Fakta: Minuman herbal tersebut bisa membantu tubuh melawan virus corona covid-19. Kandungan curcumin di dalamnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

11. umur Air Garam dan Cuka Bisa Tangkal Virus Corona Covid-19

Mitos: Kumur dengan air hangat yang dicampur garam serta cuka bisa digunakan untuk menangkal virus corona covid-19.

Fakta: Kumur air hangat yang dicampur garam serta cuka, memang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan gejala seperti flu dan sakit tenggorokan. Namun belum diketahui pasti cara tersebut dapat menangkal virus corona covid-19.

Sampai saat ini berbagai negara masih berjuang melawan virus corona covid-19. Pembatasan gerakan social, menjaga kebersihan sanitasi, dan penyemprotan disinfektan sudah diberlakukan di setiap negara termasuk Indonesia.

Selain itu kalian perlu melihat perkembangan seputar virus corona covid-19 melalui media terpercaya seperti Kementerian Kesehatan, serta media yang ditunjuk dalam peristiwa virus corona covid-19. Nah itulah 11 mitos dan fakta virus corona covid-19 perlu kalian ketahui untuk menghindari informasi yang tidak akurat.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI