12 Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok Secara Alami, Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Rabu, 21 Juli 2021 19:33 Penulis: Nurul Wahida
12 Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok Secara Alami, Bikin Tidur Lebih Nyenyak
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Kebiasaan ngorok atau mendengkur saat tidur menjadi masalah umum yang seringkali terjadi. Ini  bisa disebabkan karena beragam faktor mulai dari kebiasaan hidup, aktivitas atau  bahkan kondisi medis. Jika kalian mengalaminya dan cukup terganggu, ada cara menghilangkan kebiasaan ngorok secara alami dan mudah dipraktikkan.

Meski tergolong bukan masalah yang cukup serius, kebiasaan ngorok seringkali mengganggu waktu tidur kalian bahkan orang terdekat. Penyebabnya bisa terjadi karena suara keras yang timbul saat mendengkur.

Oleh sebab itu, banyak orang dengan masalah kebiasaan ngorok mencoba mencari solusi mengatasinya. Namun, tahukah kalian bahwa cara menghilangkan kebiasaan ngorok rupanya bisa dilatih dengan tips mudah dan sederhana.

Tips menghilangkan kebiasaan ngorok secara alami bisa jadi alternatif buat mengatasi mendengkur saat tidur. Ini tentunya membantu kalian memperoleh kualitas tidur yang baik. Maka dari itu, langsung saja simak ulasannya tentang cara menghilangkan kebiasaan ngorok secara alami di bawah ini telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Penyebab Ngorok Saat Tidur

Sebelum mengetahui cara menghilangkan kebiasaan ngorok, terlebih dahulu perlu memahami apa saja sebenarnya penyebab ngorok ketika tidur? Sehingga dengan mengetahui penyebab ngorok saat tidur dapat dijadikan referensi buat kalian. Suara mendengkur ketika tidur dapat terjadi karena sejumlah jaringan pada area tenggorokan yang rileks jadi bergetar saat tidur. Akhirnya menyebabkan aliran udara mungkin saja mengalami penyempitan hingga sebabkan suara dengkuran. Berikut ini penyebab ngorok saat tidur.

- Obesitas atau berat badan berlebih cenderung berisiko mengalami ngorok ketika tidur.

- Posisi yang salah saat tidur seperti telentang.

- Kurang cukup mendapatkan waktu tidur.

- Cenderung sering terjadi pada pria.

- Kondisi medis tertentu seperti alergi, pilek, ataupun apnea tidur obstruksi.

- Efek samping minuman alkohol.

- Efek obat tertentu.

 

2. Mengontrol Berat Badan - Terapkan Olahraga Rutin

Setelah mengetahui penyebab ngorok saat tidur, berikut ini ulasan tentang cara menghilangkan kebiasaan ngorok. Cara menghilangkan kebiasaan ngorok saat tidur terbilang mudah dipraktikkan dengan latihan rutin. Adapun cara menghilangkan kebiasaan ngorok sebagai berikut.

1. Mengontrol Berat Badan

Seperti ulasan sebelumnya, obesitas atau berat badan berlebih bisa jadi penyebab ngorok ketika tidur. Oleh sebab itulah, cara termudah menghilangkan kebiasaan ngorok yang pertama adalah dengan mengontrol berat badan. Jika berat badan masuk pada kategori berlebih, ada baiknya untuk mencoba menurunkannya agar mencegah mendengkur ketika tidur. Ini dapat mencegah lemak berlebih pada area leher bahkan tenggorokan sehingga bisa jadi salah satu faktor yang membantumu mengurangi kebiasaan ngorok ketika tidur.

2. Terapkan Olahraga Rutin

Cara menghilangkan kebiasaan ngorok secara alami selanjutnya adalah dengan menerapkan olahraga rutin. Olahraga juga bisa membantu kalian mengontrol berat badan berlebih dan mencegah masalah obesitas. Selain bisa mengendalikan berat badan, aktivitas fisik juga bisa membuat otot tubuh kita jadi lebih kencang dan kuat. Ini juga bisa berpengaruh pada otot di tenggorokan yang akhirnya membantu mencegah ngorok saat tidur.

3. Atur Posisi Tidur Menyamping - Meninggikan Posisi Kepala Saat Tidur

Cara menghilangkan kebiasaan ngorok secara alami selanjutnya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Sebab itulah beberapa referensi berikut ini mungkin saja dapat dijadikan tips paling sederhana mengatasi ngorok.

3. Atur Posisi Tidur Menyamping

Jika ngorok disebabkan karena posisi tidur yang salah seperti telentang, maka kalian bisa mengatasinya dengan mengubah posisi tidur. Cara menghilangkan kebiasaan ngorok dengan mengubah posisi tidur dapat dilakukan dengan mencoba menerapkan tidur menyamping. Tidur menyamping diyakini bisa melancarkan aliran udara. Dengan begitu, dapat menghilangkan kalian mendengkur saat tidur. Untuk memudahkan kalian tidur menyamping atau miring, gunakan bantal sebagai penyangga tubuh.

4. Meninggikan Posisi Kepala Saat Tidur

Cara menghilangkan kebiasaan ngorok selanjutnya adalah dengan meninggikan posisi kepala saat tidur. Sebab dengan cara ini dapat melancarkan aliran udara pada area tenggorokan dan mencegah kalian mendengkur.

Namun perlu diperhatikan, atur posisi kepala tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah agar benar-benar efektif mengatasi ngorok ketika tidur. Melansir dari halodoc.com, kurang lebih tinggi posisi kepala saat tidur untuk mengatasi ngorok adalah 10 cm. Usahakan agar posisi tidur tersebut benar-benar nyaman buat kalian.

4. Membersihkan Saluran Hidung - Hindari Merokok

Membersihkan saluran hidung yang tersumbat serta menghindari kebiasaan merokok dapat dijadikan referensi buat menghilangkan ngorok saat tidur. Adapun ulasannya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

5. Membersihkan Saluran Hidung

Cara menghilangkan kebiasaan ngorok secara alami dengan membersihkan saluran hidung dapat membantu mencegah suara mendengkur. Kondisi ini biasanya terjadi saat kalian tengah mengalami gangguan kesehatan seperti pilek yang membuat hidung jadi tersumbat. Sebab hidung tersumbat membuat kalian cenderung bernapas menggunakan mulut akhirnya bisa memicu suara dengkuran.

Maka dari itu, cara termudah mengatasinya adalah dengan membersihkan area saluran hidung sebelum tidur. Agar lebih aman, konsultasikan dokter untuk mendapatkan rekomendasi tepat cara membersihkan saluran hidung.

6. Hindari Merokok

Untuk mencegah ngorok ketika tidur, cara menghilangkannya secara alami selanjutnya adalah menghindari kebiasaan merokok. Sebab merokok seringkali meningkatkan potensi risiko masalah kesehatan pada tubuh termasuk menyerang saluran pernapasan. Oleh karena itu, menghindari kebiasaan merokok bisa jadi solusi termudah buat menghilangkan ngorok ketika tidur. Bagi perokok berat mungkin cara ini sedikit terasa sulit, namun melatih diri secara perlahan bisa membantu sedikit demi sedikit menghentikan kebiasaan merokok untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

 

5. Hindari Alkohol - Istirahat Cukup

Cara menghilangkan kebiasaan ngorok berikutnya adalah dengan menghindari konsumsi alkohol serta beristirahat cukup. Untuk ulasan lebih lanjut, berikut ini tentang cara menghilangkan kebiasaan ngorok secara alami.

7. Menghindari Konsumsi Alkohol

Alkohol bisa jadi penyebab ngorok yang bisa kalian hindari. Sebab alkohol diketahui bisa membuat otot jadi rileks. Otot yang rileks pada area tenggorokan bisa memicu risiko ngorok karena menyebabkan saluran udara menyempit bahkan tersumbat. Alhasil, mendengkur tidak dapat dihindari ketika otot pada tenggorokan mulai rileks. Maka dari itu, untuk menghilangkan kebiasaan ngorok, usahakan agar kalian bisa menghindari konsumsi alkohol sebelum tidur.

8. Istirahat Cukup

Cara menghilangkan kebiasaan ngorok berikutnya adalah dengan beristirahat secara cukup. Sebab, ini dapat membantu kalian memperoleh tidur yang berkualitas termasuk mencegah ngorok. Ini terjadi karena saat tubuh lelah karena kurang tidur, bisa membuat otot tenggorokan rileks karena tidur terlalu pulas dan dalam. Akibatnya dapat meningkatkan ngorok saat tidur. Sebab itulah, usahakan agar kalian bisa mendapatkan tidur yang cukup.

 

6. Perhatikan Konsumsi Obat Tertentu - Batasi Makanan Tertentu

Sejumlah obat tertentu ternyata diketahui bisa membuat otot di tenggorokan jadi rileks hingga memicu risiko ngorok. Adapun cara menghilangkan ngorok secara alami dan mudah sebagai berikut.

9. Perhatikan Konsumsi Obat Tertentu

Melansir dari halodoc.com, sejenis obat tertentu seperti penenang atau obat tidur ternyata bisa berpotensi meningkatkan ngorok terjadi. Sebab, hal ini membuat otot di tenggorokan jadi lebih rileks yang akhirnya memicu kalian mendengkur.

10. Batasi Makanan Tertentu

Sejenis makanan seperti susu diketahui bisa meningkatkan ngorok. Selain itu, konsumsi makanan sebelum tidur dengan porsi yang lebih besar juga dapat menyebabkan kalian jadi mendengkur. Sehingga kalian perlu memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi untuk mencegah ngorok terjadi.

 

7. Perhatikan Kelembapan Udara Kamar - Bersihkan Tempat Tidur

Adapun cara menghilangkan kebiasaan ngorok selanjutnya adalah dengan memperhatikan kelembapan udara kamar sekaligus membersihkan tempat tidur. Berikut ini ulasannya tentang cara mengatasi ngorok secara mudah dan alami.

11. Perhatikan Kelembapan Udara Kamar

Kelembapan udara kamar ternyata berpengaruh pada kualitas tidur kita termasuk mencegah ngorok. Alasannya adalah udara yang terlalu kering bisa menyebabkan masalah pada tenggorokan serta hidung sehingga memicu risiko ngorok lebih mungkin terjadi. Maka dari itu, kalian bisa memperhatikan dan mengontrol kelembapan udara kamar saat sebelum tidur.

12. Bersihkan Tempat Tidur

Seringkali kalian mungkin tidak menyadari bahwa debu ataupun bahan alergen lainnya bisa saja menempel pada bantal ataupun kasur tempat tidur. Jika kalian termasuk alergi pada beberapa jenis bahan alergen, ini dapat menyebabkan reaksi alergi yang meningkatkan risiko ngorok atau mendengkur. Sebab itulah kalian bisa membersihkan tempat tidur secara rutin untuk mencegah reaksi alergi terjadi dan mencegah ngorok.

 

8. Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas

Berikut ini ada cara mendapatkan tidur berkualitas yang mudah dipraktikkan. Langsung saja simak ulasannya tentang cara mendapatkan tidur berkualitas di bawah ini.

- Atur jadwal tidur secara tepat dan hindari begadang.

- Jangan olahraga terlalu berat sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur terbaik.

- Hindari konsumsi makanan berat sebelum tidur.

- Hindari konsumsi makanan atau minuman mengandung kafein sebelum tidur.

- Jauhkan menggunakan smartphone sebelum tidur.

- Buat suasana kamar lebih nyaman untuk tidur.

- Batasi waktu tidur siang agar lebih nyenyak saat tidur di malam hari.

Nah itulah 12 cara menghilangkan kebiasaan ngorok secara alami, bikin tidur lebih nyenyak. Beberapa referensi di atas bisa jadi inspirasi buat menghilangkan ngorok dan mendapatkan tidur lebih berkualitas.

Sumber: halodoc.com, hellosehat.com

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI