12 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Wanita, Banyak yang Tidak Tahu

Sabtu, 24 Oktober 2020 11:22 Penulis: Dhia Amira
12 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Wanita, Banyak yang Tidak Tahu
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Cuka apel adalah cairan yang dibuat dari jus apel dan difermentasi, serta digunakan dalam dressing salad, bumbu rendaman, hingga pengawet makanan. Selain dapat menjadi pemberi rasa tambahan pada makanan, ternyata cuka apel memiliki banyak manfaat loh KLovers. Dan manfaat cuka apel tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Bahkan manfaat cuka apel sangat banyak loh bagi kesehatan wanita. Bukan hanya kecantikan dari dalam saja, namun kesehatan dari luar juga bisa kalian dapatkan melalui cuka apel ini. Memiliki bau dan rasa yang sangat asam, namun tidak membuat cairan yang satu ini dijauhi ya KLovers.

Bahkan sudah banyak sekali beauty vloger yang menggunakan cuka apel ini untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah mereka. Kira-kira apa saja ya manfaat cuka apel bagi kesehatan wanita? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

 

1. Meredakan Jerawat

Manfaat cuka apel untuk kesehatan wanita yang pertama yaitu dapat meredakan jerawat. Yup! Bukan hal yang asing lagi bila cuka apel memiliki manfaat untuk meredakan jerawat, bahkan yang meradang sekalipun.

Hal ini dikarenakan tingkat keasaman yang dimiliki cuka apel. Zat asam pada cuka apel dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur yang melawan berbagai penyebab jerawat seperti kotoran, minyak, dan peradangan.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai obat jerawat, kalian bisa lakukan dengan campuran cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3. Setelah itu oleskan pada area muka yang berjerawat seperti kalian menggunakan toner.

2. Menjaga Ph Kulit Wajah

Ingin memiliki kulit yang glowing? Maka kalian harus menjaga Ph kulit kalian menjadi normal ya KLovers. Tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu berminyak. Dan untuk mengontrol Ph pada kulit wajah kalian, maka bisa menggunakan cuka apel.

Selain menangkal jerawat, zat asam yang terdapat dalam cuka apel juga bisa berfungsi untuk menjaga ph kulit wajah. Dengan begitu, berbagai permasalahan yang berkaitan dengan keseimbangan ph, seperti kulit kering dan kulit berminyak dapat diatasi dengan menggunakan cuka apel.

Kalian bisa menggunakan cuka apel untuk keseimbangan Ph dengan mencampurkan cuka apel dan madu, dengan perbandingan 2:1. Lalu oleskan pada wajah seperti menggunakan masker, dan diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas menggunakan air. Lakukan hal ini secara rutin dua kali seminggu, agar mendapatkan kulit yang sehat dan glowing.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ternyata cuka apel juga dapat mengangkat sel kulit mati loh KLovers. Sel kulit mati memang menjadi salah satu yang wajib kita bersihkan bila ingin mendapatkan kulit yang cerah. Karena sel kulit mati nyatanya harus dihilangkan paling tidak 1 kali dalam seminggu, agar kulit selalu terlihat cerah dan sehat.

Kalian bisa menghilangkan sel kulit mati dengan menggunakan cuka apel. Ini karena cuka apel memiliki kandungan asam suksinat yang akan mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati dengan meminimalisir efek peradangan. Sel kulit yang mati akibat jerawat, atau kotoran akan segera terkelupas, tanpa meninggalkan bekas.

Untuk mengangkat sel kulit mati, kalian bisa mengoleskan cuka apel alami tanpa campuran air. Biarkan selama 10 menit atau hingga benar-benar cuka apel kering. Setelah itu kalian bisa menggosok wajah kalian menggunakan handuk basah hangat secara perlahan hingga sel kulit mati rontok.

4. Menghilangkan Flek Hitam

Tidak hanya mengangkat sel kulit mati, nyatanya manfaat cuka apel juga mampu mengangkat flek hitam pada wajah loh KLovers. Flek hitam terjadi karena kalian sering terpapar sinar matahari atau banyak melakukan kegiatan di luar ruangan. Sehingga hal ini membuat peningkatan produksi melanin di kulit wajah bertambah.

Namun kalian bisa memudarkan bahkan menghilangkan flek hitam yang mengganggu penampilan kalian, dengan menggunakan cuka apel. Kalian bisa menggunakan cuka apel sebagai toner jika ingin menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1. Dan gunakan ini setiap saat kalian selesai mandi atau mencuci muka.

5. Mengecilkan Pori Wajah

Manfaat cuka apel yang selanjutnya yaitu dapat mengecilkan pori di wajah. Memiliki pori besar di wajah hanya akan menimbulkan banyak kerugian loh. Selain produksi minyak di wajah semakin berlebih, pori-pori besar juga mampu membuat jerawat dan juga komedo.

Namun tenang, kalian bisa kok menggunakan cuka apel untuk mengecilkan pori di wajah kalian. Kandungan asam dalam cuka apel mampu mengecilkan pori dan membuat wajah kalian terlihat lebih halus serta bersih.

Cara menggunakan cuka apel untuk pori sangat mudah loh KLovers. Kalian hanya perlu mencampurkan cuka apel dan air mawar dengan perbandingan 1:1, dan gunakan ini sebagai toner. Lakukan hal ini secara rutin, bahkan akan lebih segar dan efektif bila campuran cuka apel dan air mawar ini dimasukkan ke dalam kulkas.

6. Menyamarkan Selulit

Nyatanya manfaat cuka apel juga bisa menyamarkan selulit di kulit kalian loh. Selulit atau lemak berlebih yang muncul di bawah lapisan kulit sering kali menghilangkan rasa percaya diri. Namun tenang, nggak perlu biaya mahal kok KLovers. Kalian cukup menggunakan manfaat cuka apel untuk menghilangkan selulit yang mengganggu.

Untuk menyamarkan selulit dengan menggunakan cuka apel, kalian tinggal mencampurkan cuka apel dengan seperempat gelas air. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke area tubuh berselulit. Diamkan sesaat, lalu bilas sampai bersih dan lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Memberikan Kesehatan Rambut

Siapa bilang cuka apel hanya digunakan untuk memberikan kecantikan kulit saja? Nyatanya cuka apel juga bisa loh memberikan manfaat untuk kesehatan rambut kalian. Karena cuka apel memiliki kandungan berupa asam alpha hydroxy yang membantu dalam meningkatkan kualitas rambut.

Selain itu kandungan nutrisi dalam cuka apel, dapat merangsang folikel rambut, sehingga rambut cepat tumbuh lebih lebat. Kalian bisa menggunakan cuka apel sebagai masker atau toner rambut sebelum keramas. Biarkan kandungan cuka apel tersebut meresap hingga kulit kepala selama 30 menit, sebelum kalian keramas.

8. Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh ideal adalah dambaan setiap orang, tidak heran bila banyak orang yang melakukan segala cara untuk mendapatkan manfaat dari cuka apel ini. Namun, selain berolahraga, nyatanya kalian bisa menggunakan cuka apel untuk menurunkan berat badan loh KLovers.

Seperti dilansir dari WebMD, seorang ahli gizi Debbie Davis menyatakan cuka apel berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Kemudian dalam sebuah penelitian lain meminta para pesertanya untuk mengonsumsi dua sendok cuka sebelum makan setiap harinya selama satu bulan. Hasilnya, berat badan turun berkisar 1-2 kilogram.

9. Mencerahkan dan Mengencangkan Kulit

Memiliki kulit yang cerah dan juga kencang memang menjadi salah satu hal yang di dambakan oleh banyak orang. Tentu saja kalian bisa mendapatkan hal tersebut dari manfaat cuka apel. Bukan hanya dapat menghilangkan jerawat dan keseimbangan Ph kulit saja, nyatanya cuka apel juga mampu mencerahkan dan mengencangkan kulit.

Dilansir dari Healthline, cairan sari apel dapat membantu mengencangkan dan melindungi kulit dari radikal bebas, sehingga kalian akan terlihat awet muda. Dan kandungan asam laktat yang terdapat dalam cuka apel juga telah terbukti mampu memperbaiki tekstur, pigmentasi dan kesehatan kulit sehingga kulit terlihat cerah serta kencang.

10. Menghilangkan Kutil

Walaupun belum terbukti secara ilmiah, apakah cuka apel mampu menghilangkan bekas kutil. Namun banyak orang yang percaya bahwa kandungan cuka apel mampu melakukan hal tersebut loh. Tentu saja cara menggunakannya tidak sulit KLovers. Kalian cukup menuangkan cuka apel ke kapas, lalu mengompreskan kapas tersebut ke kutil yang ingin dihilangkan. Lakukan hal ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Mengatasi Keputihan

Ternyata cuka apel juga mampu mengatasi keputihan loh KLovers. Keputihan memang menjadi salah satu hal yang mengganggu hingga membuat tidak nyaman. Apalagi keputihan yang kita alami banyak dan memiliki bau yang tidak sedap, tentu hal tersebut dapat mengurangi percaya diri.

Namun tidak perlu khawatir, kalian bisa kok menggunakan cuka apel untuk mengatasi keputihan kalian KLovers. Keadaan asam dalam kandungan cuka apel mampu mengembalikan PH asam normal pada miss V lebih baik, sekaligus juga menghindarkan dari terjadinya infeksi.

Caranya cukup mudah, kalian dapat mengambil secangkir cuka apel yang kemudian dicampur dengan air dingin kurang lebih 2 liter. Kemudian gunakan cairan tersebut untuk berendam selama kurang lebih 10 menit. Hindari menggunakan air hangat ya KLovers, karena beberapa bakteri tidak baik yang ada pada miss V lebih suka keadaan lembab yang hangat.

12. Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Dan manfaat cuka apel yang terakhir yaitu dapat mengatasi kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari. Bila kalian terpapar sinar matahari, kulit akan terasa terasa terbakar dan kemerahan, bahkan lebih parahnya dapat terjadi iritasi.

Apabila kalian mengalami kondisi tersebut, maka kalian bisa meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhannya dengan menggunakan cuka apel. Caranya kalian hanya perlu mencampurkan setengah cangkir cuka apel dengan empat gelas air. Celupkan kain ke dalam air campuran, lalu oleskan ke kulit yang terbakar sinar matahari. Ulangi cara ini beberapa kali secara berkala hingga kondisi wajah membaik.

Itulah 12 manfaat cuka apel bagi kesehatan wanita, bukan hanya memberikan kesehatan pada wajah saja, tetapi juga pada tubuh kalian. Memiliki banyak manfaat, tidak heran bila cuka apel menjadi salah satu cairan sehat yang saat ini begitu populer di dunia kecantikan.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI