8 Jenis Durian Paling Populer dan Banyak Digemari, Sudah Mencicipi?

Rabu, 30 Desember 2020 16:11 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Durian Paling Populer dan Banyak Digemari, Sudah Mencicipi?
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Durian menjadi salah satu jenis buah-buahan yang banyak diminati di Indonesia, namun tak sedikit pula orang tidak menyukai buah ini. Hal ini lantaran bau yang kuat dari durian. Meski begitu, buah durian selalu laris manis dipasaran bagi pecintanya dan menjadi salah satu buah primadona. Selain itu, rasanya yang menarik ini membuat buah durian banyak diolah menjadi berbagai macam menu makanan atau minuman.

Namun, tahukah kalian jika durian mempunyai beberapa jenis? Tentunya dengan mengenal lebih jauh tentang buah durian, kalian dapat memilih durian apa saja yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Selain itu, buah durian juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Buah yang dipenuhi lekukan tajam ini mengandung zat antioksidan yang terbilang tinggi. Oleh sebabnya, buah durian bisa melindungi tubuh kalian dari radikal bebas. Tak heran mengonsumsi buah durian bisa menjadi pilihan yang tepat. Nah, untuk menambah pengetahuan kalian mengetahui durian, nggak ada salahnya kalian juga mengetahui jenis durian beserta rasa, dan ciri khasnya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Durian Montong

Jenis durian populer pertama yaitu durian Montong. Jenis durian yang satu ini adalah jenis durian yang paling terkenal di Indonesia. Buah yang berasal dari Kalimantan ini memiliki daging khas dengan ukuran cukup besar. Cita rasa dari durian ini cenderung manis dan harum ketika dibuka. Selain bentuknya lonjong tak beraturan, buah ini biasanya memiliki berat hingga 13 kg. Maka tak heran, buah ini termasuk buah durian termahal jika dibandingkan dengan buah durian lainnya di Indonesia.

2. Durian Mimang

Durian miming menjadi salah satu durian yang wajib kalian cicipi. Durian yang berasal dari Banjarnegara ini mempunyai ciri kulit yang nampak kempes. Berbentuk oval dan kecil. Durian Mimang biasanya memiliki diameter sekitar 15 centimeter. Memiliki warna garis yang menarik dari luar, yakni kuning kehijauan. Durian ini memiliki rasa manis, teksturnya agak berserat, tebal kental dengan sedikit kelembaban dan sedikit rasa alkohol.

3. Durian Petruk

Selanjutnya, jenis durian yang perlu kalian coba yaitu durian petruk. Durian asal Jepara ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis berlebihan jika dibandingkan dengan durian lainnya dan cenderung ada rasa pahitnya. Durian ini tumbuh dengan cepat dan dibudidayakan pada daerah dataran rendah. Meski begitu, durian petruk paling lemah dengan serangan wabah. Buah durian petruk juga banyak digemari karena harganya lebih terjangkau dibandingkan jenis lainnya.

4. Durian Musang King

Jenis durian dengan cita rasa enak dan tak kalah populer yaitu durian musang king. Durian musang king ini mempunyai daging buahnya yang tebal dan biji buahnya berbentuk pipih memberikan kepuasan tersendiri bagi yang mengonsumsinya. Apalagi rasanya juga nikmat, manis, legit dan sedikit pahit.

Warna daging buahnya oranye mirip kunyit, sehingga membuat sebagian masyarakat menyebutnya durian kunyit. Ukuran buah durian musang king ini tidak terlalu besar dengan ukuran rata-rata 2kg -3kg dan diameter rata-rata 20 cm. Harganya juga tergolong mahal dibandingkan dengan jenis durian cepat berbuah lainnya.

5. Durian Bawor

Durian Bawor merupakan jenis durian yang berasal dari Banyumas dan wajib masuk ke daftar list makanan yang wajib kalian coba. Jenis durian yang satu ini merupakan gabungan dari 35 varietas pohon durian unggulan baik lokal maupun durian impor.

Durian bawor sendiri mempunyai cita rasa buah daging lembut dan tebal berwarna jingga, Selain itu, ukuran biji durian bawor lebih kecil dan tipis sehingga sangat enak ketika dikonsumsi. Ketika kalian memakan buah durian ini, kalian akan merasakan rasa manis dan sedikit pahit. Aroma dari jenis durian ini juga tidak terlalu menyengat.

6. Durian Merah

Sesuai dengan namanya, durian merah mempunyai keunikan dimana daging buahnya berwarna merah. Durian yang dibudidayakan di Banyuwangi ini terkenal dengan dagingnya yang sangat tebal dengan rasa manis yang bikin ketagihan. Sayangnya, durian merah ini punya harga yang relatif mahal. Selain itu, buahnya pun masih tergolong kecil. Namun, bagi orang pecinta durian merah, tentu saja jenis durian yang satu ini banyak diburu.

7. Durian Matahari

Adakah dari kalian yang sudah mencicipi durian matahari? Jenis durian kering dan berlemak ini mempunyai rasa yang sangat manis. Mempunyai nama matahari lantaran warna daging durian ini yang sangat cerah seperti matahari. Durian yang dibudidayakan di daerah Bogor ini tidak tahan terhadap hama.

8. Durian Pelangi

Selain durian pelangi, kalian juga perlu tau kalau ternyata ada jenis durian pelangi nih. Diberi nama pelangi lantaran warna daging buah durian ini daging buahnya berwarna merah, putih, dan kuning yang bercampur menjadi satu. Dagingnya pun cukup tebal dan rasanya manis. Diketahui, jenis durian pelangi ini berasal dari Manokwari, Papua Barat.

Itulah sederet jenis durian yang paling populer dan mempunyai cita rasa yang enak. Kira-kira jenis durian manakah yang belum kalian cicipi?

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI