12 Penyebab Sakit Pinggang yang Bikin Terasa Kaku Nyeri, Bisa Karena Posisi Tidur Salah

Jum'at, 20 November 2020 16:33 Penulis: Nurul Wahida
12 Penyebab Sakit Pinggang yang Bikin Terasa Kaku Nyeri, Bisa Karena Posisi Tidur Salah
Penyebab sakit pinggang (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Sakit pinggang menjadi salah satu jenis penyakit yang paling umum terjadi. Penyebab sakit pinggang tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor termasuk berkaitan dengan posisi tidur. Selain menimbulkan rasa nyeri, sakit pinggang dapat membuat pengidapnya merasa tak nyaman hingga mengganggu aktivitas harian.

Sakit pinggang umum terjadi pada orang dewasa yang memiliki beragam aktivitas dan kesibukan. Sakit pinggang juga dikenal dengan sebutan low back pain yang biasanya terjadi pada bagian pinggang bawah. Rasa sakit yang timbul tersebut dapat disebabkan oleh cedera otot atau sendi hingga mengalami ketegangan.

Dalam kondisi ringan, sakit pinggang akan membaik dalam waktu singkat. Namun lain halnya jika kondisi sakit pinggang yang cukup berat, maka kemungkinan besar bisa berlangsung lama dengan peluang kambuh yang sering. Kondisi inilah yang patut diwaspadai dan tidak dianggap sepele karena bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu.

Namun umumnya saat penderita mengalami sakit pinggang sejumlah gejala bisa dirasakan seperti rasa pegal, nyeri yang menusuk, kaku, kesulitan bergerak, hingga mengalami mati rasa. Penyebab sakit pinggang pada orang dewasa bisa terjadi karena beberapa faktor  baik posisi tidur salah ataupun melakukan gerakan yang membuat otot pinggang mengalami ketegangan dan kekakuan. Bukan hanya itu saja, sakit pinggang juga disertai dengan penyebab dan faktor lain yang bisa menyerang setiap orang.

Lalu apa saja penyebab sakit pinggang?

Adapun penyebab sakit pinggang terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut mengenai penyebab sakit pinggang yang umum terjadi dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Sakit Pinggang Karena Posisi Tidur Salah

Penyebab sakit pinggang dapat terjadi karena posisi tidur yang salah. Dimana posisi tidur ini cukup berpengaruh terhadap sakit pinggang yang menyebabkan rasa nyeri serta kaku. Apabila mengalami sakit pinggang karena posisi tidur salah kalian dapat mengatasinya dengan mengambil posisi lain yang membuat nyaman tubuh. Diantaranya kalian dapat berbaring telentang dengan posisi punggung lurus, ataupun meletakkan bantal tipis di bawah kepala dan lutut untuk membantu meredakan ketegangan. Konsultasi dengan dokter diperlukan jika mengalami sakit pinggang yang tak kunjung sembuh akibat posisi tidur salah.

 

2. Sakit Pinggang Karena Mengangkat Benda Berat

Penyebab sakit pinggang juga bisa terjadi karena mengangkat benda atau barang berat, kondisi ini dapat menyebabkan otot tertarik hingga mengakibatkan sakit pinggang. Melakukan pekerjaan berat juga bisa memicu tubuh rentan terhadap sakit pinggang. Akibatnya penderitanya akan merasakan nyeri bagian punggung dari otot atau ligamen yang tertarik.

 

3. Sakit Pinggang Karena Peradangan

Sakit pinggang juga dapat terjadi karena peradangan. Peradangan bisa terjadi pada sejumlah bagian tubuh termasuk bagian pinggang. Penderitanya akan merasakan beberapa gejala seperti rasa panas dan nyeri pada bagian pinggang. Peradangan pada bagian pinggang ini bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan bahkan pengikisan tulang rawan sendi yang terjadi karena cedera, infeksi, serta penyakit penyerta lainnya.

 

4. Sakit Pinggang Karena Hernia

Penyebab sakit pinggang juga bisa terjadi karena mengalami hernia. Hernia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyebabkan organ tubuh menekan dan mencuat melalui jaringan otot di sekitarnya yang lemah. Hernia dapat terjadi karena beberapa faktor termasuk cedera saat olahraga ataupun mengangkat barang berat. Mengalami hernia pada bagian tertentu termasuk sendi bagian pinggang bisa menyebabkan rasa nyeri bagian bawah atau pinggul karena saraf yang tertekan.

 

5. Sakit Pinggang Karena Tulang Belakang Menonjol

Penyebab sakit pinggang juga dapat terjadi karena tulang belakang yang menonjol namun tak seburuk pada kejadian hernia. Kondisi ini dapat dirasakan penderita saat tulang belakang yang menonjol tersebut menekan bagian saraf area sekitar pinggang. Konsultasi dengan dokter diperlukan untuk mengatasi sakit pinggang secara tepat.

 

6. Sakit Pinggang Karena Radang Sendi

Gangguan radang sendi juga umum terjadi pada orang dewasa terlebih di usia senja. Kondisi ini juga dikenal dengan arthritis yang termasuk peradangan kronis pada persendian di seluruh tubuh hingga sebabkan rasa nyeri, kaku bahkan bengkak. Beberapa orang yang memiliki risiko rentan terhadap radang sendi seperti kelebihan berat badan, cedera sendi, serta melakukan aktivitas berat.

 

7. Sakit Pinggang Karena Osteoporosis

Osteoporosis merupakan gangguan kesehatan yang menyerang tulang hingga sebabkan pengeroposan dan mudah rapuh. Kondisi ini biasanya dapat terjadi karena beberapa faktor seperti kurang vitamin D dan kalsium, mengalami gangguan hormonal, serta rentan pada mereka yang memasuki masa menopause. Riwayat penyakit osteoporosis menyebabkan bagian pinggul dan tulang belakang mudah terasa sakit dan nyeri akibat penurunan masa tulang hingga berisiko tinggi menyebabkan patah tulang.

 

8. Sakit Pinggang Karena Berat Badan Berlebih

Penyebab sakit pinggang dapat dialami setiap orang karena memiliki berat badan berlebih. Seperti diketahui berat badan berlebih menjadi masalah kesehatan yang tidak dapat dianggap sepele karena berdampak pada kesehatan tubuh. Dalam hal ini hubungan berat badan berlebih dan sakit pinggang bisa terjadi karena kondisi ini bisa menyebabkan stres pada tulang belakang terutama pinggang. Akibatnya rasa nyeri dan sakit tak tertahan bisa timbul karena otot pinggang harus bekerja ekstra seperti melansir dari reidhealth.org.

 

9. Sakit Pinggang Karena Fibromyalgia

Penyebab sakit pinggang juga dapat terjadi karena mengalami fibromyalgia. Fibromyalgia merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya merasakan sakit pada seluruh tubuh termasuk bagian punggung. Konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk membantu meredakan sakit pinggang beserta gejalanya akibat fibromyalgia.

 

10. Sakit Pinggang Karena Cedera

Penyebab sakit pinggang bisa dialami setiap orang karena cedera atau kecelakaan. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu terutama pinggang. Beberapa cedera yang umum terjadi tersebut diantaranya yakni keseleo otot, tegang, patah tulang serta cedera karena olahraga. Penanganan segera diperlukan apabila sakit pinggang tak kunjung sembuh akibat cedera tubuh.

 

11. Sakit Pinggang Karena Terkilir

Sakit pinggang juga dapat dirasakan penderitanya karena mengalami otot tegang, terkilir pada bagian tulang belakang dan persendian. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri pada punggung. Akibatnya pengidap sakit pinggang karena terkilir mengalami gangguan dalam aktivitas tertentu. Beberapa faktor penyebab pinggang terkilir diantaranya yakni seperti cedera saat olahraga, kecelakaan, ataupun mengangkat beban berat.

 

12. Sakit Pinggang Karena Gaya Hidup

Sejumlah gaya hidup tidak sehat juga bisa memicu tubuh mengalami sakit pinggang. Diantara gaya hidup yang berisiko rentan terhadap sakit pinggang seperti sering membungkuk saat bekerja, mengangkat beban berat, tidak berolahraga, merokok, berat badan berlebih, serta mengenakan sepatu hak tinggi. Meski begitu beberapa penyebab sakit pinggang karena gaya hidup ini  bisa dialami berbeda pada setiap orang.

Nah itulah 12 penyebab sakit pinggang yang bikin kaku dan nyeri. Konsultasi dengan dokter kesehatan diperlukan apabila mengalami sakit pinggang dalam durasi waktu lama serta berkepanjangan.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI