Susah Tidur Bahkan Duduk? Ini 5 Cara Mengatasi Nyeri Pinggang yang Efektif

Kamis, 10 September 2020 20:33 Penulis: Dhia Amira
Susah Tidur Bahkan Duduk? Ini 5 Cara Mengatasi Nyeri Pinggang yang Efektif
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Nyeri pinggang memang bisa dirasakan oleh siapa saja, tidak mengenal usia muda ataupun tua. Dan bila sudah merasakan hal ini maka akan membuat seseorang sulit duduk dan juga tidur, sehingga cara mengatasi nyeri pinggang harus diperhatikan dengan baik.

Nyeri pinggang biasanya terjadi karena beberapa hal, seperti kurang minum air, cedera otot, dan masih banyak lagi. Tapi bagaimana ya kira-kira cara mengatasi nyeri pinggang yang efektif? Dilansir dari berbagai sumber, ini 5 cara mengatasi nyeri pinggang yang efektif untuk kalian lakukan di rumah. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Perbaiki Posisi Tidur

Cara mengatasi nyeri pinggang yang pertama yaitu dengan memperbaiki posisi tidur. Yup! ternyata posisi tidur dapat mempengaruhi keadaan sakit pinggang kalian loh KLovers.

Dengan memperbaiki posisi tidur maka bukan hanya dapat menjadi obat untuk sakit pinggang, tetapi juga dapat membentuk postur tubuh jadi lebih baik lagi. Posisi tidur juga bisa jadi cara meregangkan punggung, memperbaiki postur, dan menormalkan syaraf-syaraf yang terhimpit.

2. Tinggi Kalsium dan Vitamin D

Cara mengatasi nyeri pinggang yang kedua yaitu dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan juga vitamin D. Biasanya orang yang mengalami nyeri pinggang bisa dikarenakan kurangnya nutrisi kalsium dan juga vitamin D.

Jadi kalian bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium serta vitamin D yang tinggi. Kalian bisa mengonsumsi makanan seperti susu, yoghurt, telur, almond, dan juga brokoli.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Ternyata kurang minum air putih juga dapat menyebabkan tubuh merasakan sakit pinggang loh KLovers. Hal ini karena air putih dapat memulihkan kelenturan bantalan tulang belakang.

Jadi bila kalian kurang minum air putih, maka bantalan tulang belakang ini bisa menipis dan tidak lagi ampuh meredam guncangan. Sehingga inilah yang bisa membuat kita merasa sakit pinggang. So, kalian harus rajin minum air putih untuk menghilangkan rasa sakit pinggang kalian.

4. Kompres Air Dingin atau Hangat

Bila kalian merasa tiba-tiba nyeri pada bagian pinggang, maka kalian juga bisa loh mengatasinya dengan melakukan kompres air dingin atau hangat. Hal ini untuk mengurangi bengkak di area pinggang yang sakit.

Selain itu dengan melakukan kompres air dingin dan hangat maka dapat mengurangi peradangan dan melemaskan otot pinggang yang sakit. Kalian bisa melakukan kompres dengan batu es atau air handuk hangat.

5. Olahraga

Dan cara mengatasi nyeri pinggang yang terakhir yaitu dengan melakukan kegiatan olahraga. Yup! Ternyata berat badan berlebih dan kurangnya gerak juga dapat menjadi salah satu alasan kalian bisa mengalami sakit pinggang.

Pasalnya, bobot badan berlebih dapat memberikan tekanan berlebih ke tulang belakang, hingga dapat menjadi penyebab sakit pinggang. Untuk menghilangkan hal tersebut kalian bisa melakukan kegiatan olahraga. Kalian juga bisa melakukan peregangan otot paha belakang untuk mengatasi sakit pinggang tersebut.

Itulah 5 cara mengatasi nyeri pinggang yang baik dan juga efektif untuk dilakukan sendiri di rumah. Bila cara ini tidak membuat nyeri pinggang membaik maka kalian bisa langsung konsultasi pada dokter.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI