15 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Permanen, Yakin Nggak Mau Cobain?

Senin, 17 Juni 2019 11:19 Penulis: Wuri Anggarini
15 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Permanen, Yakin Nggak Mau Cobain?
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Sering melihat wajah mulus ala idol atau selebriti favorit memang sering bikin iri. Siapa sih yang nggak mau tampil sempurna seperti mereka? Nggak heran kalau banyak cewek yang melakukan berbagai upaya untuk mempercantik diri. Salah satunya adalah mencari cara memutihkan wajah secara alami yang bisa bikin penampilan makin mengagumkan.

Sudah berhasil menemukan trik memutihkan wajah yang kamu butuhkan? Ternyata, nggak perlu cara yang merepotkan untuk melakukannya kok. Simak saja 15 cara memutihkan wajah secara alami dan permanen yang bakal bikin penampilan sukses mendapatkan pujian. Yakin nggak mau cobain?

1. Bengkoang

©Shutterstock©Shutterstock

Salah satu cara memutihkan wajah yang paling sering dilakukan adalah dengan masker bengkoang. Bahan yang satu ini memang dikenal memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan membuatnya terlihat lebih putih. Bengkoang mengandung kadar vitamin A dan C yang bekerja membantu perawatan memutihkan wajah dan menjaga kulit agar tetap cerah alami. Khusus vitamin C di dalamnya juga berperan untuk merangsang regenerasi sel kulit.

Khasiat bengkoang memang sudah banyak ditemukan dalam berbagai produk kecantikan. Tapi, kamu juga bisa kok mengolah sendiri masker bengkoang di rumah dengan praktis dan gampang. Cara memutihkan wajah secara alami dan permanen dengan bengkoang adalah sebagai berikut. Parut bengkoang dan peras menggunakan air. Ambil sari bengkoang sebagai campuran untuk masker wajah. Bisa juga menjadikan ampas parutan bengkoang sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit yang menempel di wajah. Lakukan perawatan memutihkan wajah ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

2. Air Beras

Tahu nggak sih kalau air bekas mencuci beras ternyata dapat digunakan sebagai cara memutihkan wajah secara alami dan permanen? Yup, di dalamnya terdapat kandungan asam ferullic dan allantoin yang bekerja untuk melindungi dan memutihkan kulit. Jadi, gimana nih cara memutihkan kulit yang bisa kamu lakukan?

Setelah mencuci beras, tampung airnya ke dalam sebuah baskom khusus. Tunggu hingga mengendap. Jika endapannya sudah muncul, gunakan bahan alami tersebut sebagai lulur wajah alami di area wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan trik memutihkan wajah ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

3. Lemon

©Pexels©Pexels

Bahan lain yang dipercaya sebagai cara memutihkan wajah secara alami dan permanen adalah lemon. Hampir sama seperti bengkoang, lemon cukup sering digunakan dalam produk kosmetik dan perawatan wajah. Jenis buah yang satu ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang cukup kaya untuk merawat sekaligus mencerahkan wajah. Selain itu, kandungan alpha hidroksi di dalamnya berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam kulit.

Mau menjajal cara memutihkan wajah dengan lemon? Berikut langkah yang bisa kamu lakukan. Siapkan satu buah lemon, peras airnya. Aplikasikan air perasan lemon ke area kulit, atau bisa juga dikombinasikan dengan bahan lain seperti yoghurt. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat hingga bersih.

4. Lobak Putih

Pasti banyak yang nggak nyangka kalau lobak bisa digunakan sebagai cara memutihkan wajah secara alami dan permanen. Yup, biarpun lebih dikenal sebagai sayuran untuk dimasak, ternyata bahan yang satu ini memiliki kandungan yang dapat memutihkan wajah dalam waktu cepat. Misalnya vitamin C, B complex, fosfor, dan zinc yang sangat dibutuhkan buat menjaga kesehatan kulit. Lobak juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa membantu melebatkan kulit wajah.

5. Lidah Buaya

©Pexels©Pexels

Dikenal sebagai salah satu bahan alami serbaguna, cara memutihkan wajah dengan lidah buaya juga layak dicoba. Lidah buaya memiliki kandungan zat aloesin yang fungsinya buat menghambat pembentukan melamin pada kulit sehingga mencegah warna kulit jadi lebih gelap. Ingin mencoba memutihkan wajah secara alami dan permanen dengan lidah buaya? Ikuti saja beberapa langkah mudah ini. Ambil daun lidah buaya, keluarkan gel yang ada di dalamnya.

Aplikasikan secara merata di area wajah, diamkan selama 15 menit. Bilas wajah hingga bersih. Lakukan cara memutihkan wajah secara alami ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

6. Minyak Zaitun

Dikenal sebagai salah satu essential oil yang punya manfaat luar biasa, minyak zaitun ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara memutihan wajah secara alami dan permanen. Bukan tanpa alasan, kandungan zat linoleic acid di dalamnya berperan untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit. Kandungan polifenol di dalamnya juga menjaga sel kulit dari kerusakan, sehingga wajah tetap cerah dan sehat.

Membuat masker minyak zaitun untuk memutihkan wajah ternyata nggak sulit kok. Campurkan 4 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu, aduk hingga merata. Aplikasikan masker tersebut di area wajah setiap 2 kali dalam seminggu agar hasilnya lebih maksimal.

7. Putih Telur

Masker putih telur sering digunakan untuk perawatan wajah, mulai dari mengatasi jerawat sampai memutihkan wajah secara alami. Bahan tersebut kaya akan protein yang penting untuk mendorong proses regenerasi sel kulit. Sstt, ternyata putih telur juga jadi salah satu rahasia kecantikan cewek Korea dan Jepang, lho!

Cara memutihkan wajah secara alami dan permanen dengan putih telur gampang banget. Ambil sebutir telur, pisahkan bagian putih dan kuningnya. Kocok putih telur hingga berbusa. Bisa juga ditambahkan madu atau jeruk nipis untuk menyamarkan bau amis. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat.

8. Mentimun

©Pexels©Pexels

Bahan sederhana seperti mentimun ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai cara memutihkan wajah secara alami dan permanen. Mentimun kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang dapat menjaga kesegaran kulit sehingga tampak cerah dan lebih putih. Nggak hanya itu, sayuran yang satu ini juga bekerja aktif untuk menghambat proses pigmentasi dan dapat digunakan untuk menghilangkan mata panda.

Mau tahu cara memutihkan wajah dengan mentimun? Gampang banget kok. Ambil 1 buah mentimun, kupas, blender tanpa air hingga teksturnya menyerupai gel. Aplikasikan gel tersebut sebagai masker wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

9. Stroberi

Stroberi nggak hanya segar dan menyenangkan jika diolah menjadi makanan. Buah yang satu ini ternyata juga dapat diandalkan sebagai cara memutihkan wajah secara alami dan permanen yang bikin penampilan jadi makin maksimal. Kandungan ellagic di dalamnya dapat membantu menghilangkan flek hitam pada kulit dan mencerahkan wajah secara alami.

Ingin mencoba trik memutihkan wajah dengan stroberi? Siapkan beberapa butir buah stroberi, haluskan. Gunakan masker tersebut di area wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

10. Kentang

Kentang dapat memutihkan wajah secara alami dan permanen? Memang bisa? Ternyata bahan yang satu ini memiliki kandungan antibiotik yang bekerja untuk menghambat proses penuaan dini dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Kentang juga kaya akan antioksidan untuk menyamarkan flek hitam, sehingga wajah terlihat lebih putih dan cerah.

Saatnya olah kentang menjadi perawatan untuk memutihkan wajah secara alami, yuk! Yang perlu kamu lakukan adalah ambil 1 buah kentang yang sudah direbus, tumbuk halus. Campurkan dengan 2 sdm susu murni hingga berbentuk pasta. Aplikasikan masker kentang ini ke area wajah, diamkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci wajah hingga bersih dengan air hangat. Lakukan perawatan kulit ini secara rutin supaya hasilnya maksimal.

11. Scrub Kopi

©Pexels©Pexels

Ada serangkaian beauty benefit dari minuman favorit yang satu ini. Butiran bubuk kopi yang dimanfaatkan sebagai scrub dapat menjadi salah satu cara memutihkan wajah secara alami dan permanen yang hasilnya maksimal. Sebagai eksfoliator, kopi dapat mengangkat sel kulit mati yang menempel dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Aplikasi secara rutin dapat membuat wajah jadi lebih halus dan cerah. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya dapat melindungi wajah dari radiasi sinar matahari yang dapat merusak sel kulit.

Perawatan wajah dengan scrub kopi sebenarnya gampang kok. Masukkan 3 sdm bubuk kopi ke dalam sebuah wadah. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga teksturnya menyerupai pasta. Setelah itu, aplikasikan ke area wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

12. Jeruk Nipis

Jeruk nipis nggak hanya dapat membuat masakan jadi lebih sedap saja. Buah yang satu ini ternyata juga dapat menjadi cara memutihkan wajah secara alami dan permanen yang bisa diandalkan. Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C. Kedua bahan ini dapat merawat kulit untuk mencegah jerawat, mengurangi produksi minyak berlebih, hingga mengangkat sel kulit mati. Kandungan jeruk nipis juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak jaringan kulit.

Cara memutihkan kulit dengan jeruk nipis sebenarnya gampang kok. Ambil 1 buah jeruk nipis, belah menjadi 2 bagian. Aplikasikan secara merata di area wajah. Biarkan selama 15 menit hingga airnya mengering. Setelah itu, cuci wajah dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa air jeruk nipis secara maksimal.

13. Pepaya

Buah dengan daging berwarna oranye ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara memutihkan wajah secara alami dan permanen yang gampang banget. Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang bekerja untuk mendorong proses regenerasi sel kulit. Selain itu, vitamin A, C, dan E yang dimiliki papaya berperan sebagai antioksidan yang menutrisi dan melembapkan kulit. Jadi, wajah dapat terlihat lebih putih bersinar.

Membuat masker papaya untuk memutihkan wajah secara alami nggak sulit kok. Kamu cukup ikuti beberapa langkah mudah berikut ini. Ambil seiris buah papaya, haluskan hingga lembut. Aplikasikan masker papaya ini di area wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat dan lakukan perawatan ini secara rutin untuk memberikan hasil yang maksimal.

14. Alpukat

©Pexels©Pexels

Sering mendengar alpukat sering digunakan untuk perawatan wajah? Buah yang satu ini memang punya khasiat yang nggak main-main. Zat karotenoid antioksidan, vitamin E, C, dan E di dalamnya dapat mencegah penuaan dini yang disebabkan radiasi sinar matahari. Selain itu, khusus vitamin C sangat dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar wajah terlihat lebih kenyal.

Lalu, bagaimana cara memutihkan wajah secara alami dan permanen dengan alpukat? Ikuti tips berikut ini. Ambil 1 buah alpukat, haluskan dagingnya. Aplikasikan di area wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

15. Pisang

Bukan rahasia lagi kalau masker pisang sering digunakan sebagai treatment perawatan wajah. Buah yang satu ini memang memiliki serangkaian zat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Mulai dari potassium yang dapat menjaga kelembapan kulit, zinc untuk melawan jerawat, hingga vitamin C yang dapat mengontrol minyak sekaligus dapat membantu memutihkan wajah secara alami dan permanen.

Mengolah masker pisang untuk mencerahkan wajah secara alami dan permanen gampang banget kok. Ambil 1 buah pisang lalu haluskan. Tambahkan 4 sdm madu, aduk hingga rata. Oleskan di area wajah secara merata, tunggu sampai 15 menit. Bilas dengan air hangat agar hasilnya maksimal.

15 cara memutihkan wajah secara alami dan permenen di atas ternyata gampang banget dan sama sekali nggak ribet. Yuk, saatnya cobain sendiri mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kulitmu!

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI