2021 di Depan Mata, Resolusi Menabung Jangan Hanya Jadi Wacana

Rabu, 23 Desember 2020 08:22 Penulis: Wuri Anggarini
2021 di Depan Mata, Resolusi Menabung Jangan Hanya Jadi Wacana
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Nggak terasa 2020 hampir berakhir. Sekarang tahun 2021 di depan mata, tinggal menghitung hari saja. Sudah bikin resolusi apa saja nih? Hampir satu tahun nggak bisa ke mana-mana, pasti banyak yang sudah mendambakan kebebasan pergi ke mana saja seperti dulu, sebelum pandemi datang bagai negara api menyerang. Jalan-jalan pasca pandemi mungkin sudah masuk wishlist. Tapi, jangan lupakan soal keuangan pribadi. Sudah bisa menabung tahun ini?

Gaji Masih Numpang Lewat Aja, Menabung Jangan Hanya Jadi Wacana

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Sampai hari ini gaji masih numpang lewat aja? Jangan jadi kebiasaan di tahun depan. Apalagi momen pandemi selama hampir satu tahun ini harusnya memberikan pelajaran finansial berharga buat kamu. Situasi nggak terduga bisa datang kapan saja tanpa diprediksi.

Siapapun bisa kehilangan sebagian pendapatan atau malah pekerjaannya dalam waktu sekejap. Supaya bisa survive, menabung dan menyiapkan dana darurat sebaiknya mulai bisa direalisasikan. Bersyukurlah jika keuanganmu masih aman di tahun ini. Tapi, mengambil strategi untuk mengamankan keuangan pribadi secara maksimal juga nggak ada salahnya. Caranya tentu saja dengan belajar menabung.

Prinsip Menabung Itu Harus Nekat

Prinsip nabung itu cuma satu, yaitu nekat. Ya, kamu harus nekat untuk nggak menuruti keinginan belanja ini itu dan mengalokasikan pengeluaran jadi tabungan bulanan. Saatnya nekat untuk menyisihkan gaji di awal bulan agar bisa masuk rekening tabungan. Nekat juga untuk bilang tidak kepada diri sendiri saat godaan flash sale atau promo lain yang bisa bikin kamu belanja sampai lupa diri. Dengan modal nekat, gaji nggak lagi hanya numpang lewat. Ada tabungan yang bisa diandalkan di masa depan.

Latihan Menabung Secara Bertahap

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Bagi yang belum terbiasa menabung, mungkin menyisihkan uang dan mengerem hasrat belanja itu terasa berat. Biar nggak jadi stres sendiri kamu bisa melatihnya secara bertahap. Awali di bulan ini dengan menyisihkan nominal tertentu setiap harinya ke dalam celengan, misalnya Rp Rp 10 ribu yang disisihkan secara rutin. Setelah masuk akhir bulan, kamu bakal dibuat terkejut dengan jumlah tabungan yang ada. Ternyata menabung nggak berat kan? Kalau sudah sukses menabung setiap hari, kamu bisa mulai mengatur keuangan buat menabung setiap bulan.

Cari Instrumen Menabung yang Menguntungkan

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Biar menabung bisa kasih keuntungan yang berlipat, cobalah cari instrumen menabung lain yang aman tapi bisa jadi investasi yang menguntungkan. Misalnya menabung emas yang harganya cenderung stabil, bahkan mengalami peningkatan drastis di masa pandemi. Kalau dulu nabung emas harus menyimpan perhiasan atau emas batangan, dan kalau mau dijual harus keluar rumah dulu. Repot deh.

Untungnya sekarang zaman semakin canggih, nabung emas pun bisa dilakukan secara digital. Nggak perlu repot ke toko emas atau menyimpan emas secara fisik, semuanya aman dalam akun digitalmu. Cobain kemudahannya dengan memanfaatkan fitur Nabung eMAS yang ada di aplikasi DANA, yuk!

(c) Instagram/dana.id(c) Instagram/dana.id

Hanya dengan modal mulai Rp 9 ribuan kamu bisa mulai nabung emas dengan fitur eMAS dari aplikasi DANA. Banyaknya emas yang bisa ditabung bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Kamu juga lebih fleksibel untuk beli atau jual emas yang dimiliki kapan saja dan di mana saja.

Untuk memulai Nabung eMAS pertamamu, cukup lakukan langkah mudah berikut ini. Buka aplikasi DANA dan masuk menu eMAS. Klik Buy Gold, masukkan nominal budget yang kamu miliki untuk menabung emas. Lanjutkan dengan klik Buy, selesaikan pembayaran, pembelian eMAS pertama kamu berhasil! Gampang banget kan?

Kabar baiknya lagi, Nabung eMAS di DANA juga makin untung karena ada promo cashback 100% dan bonus eMAS 144 gram. Tunggu apa lagi, yuk buruan download aplikasi DANA kamu sekarang!

(adv/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI