Bisnis Sambil Berdonasi, Ternyata Bisa Tetap Cuan Kok

Senin, 26 Oktober 2020 14:33 Penulis: Wuri Anggarini
Bisnis Sambil Berdonasi, Ternyata Bisa Tetap Cuan Kok
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Konsep bisnis yang matang jadi modal penting sebelum menjalankan usaha apapun. Hal inilah yang dibuktikan oleh Bornndeer. Berkembang sebagai salah satu label fashion lokal yang disukai masyarakat, ide awal Bornndeer ternyata berasal dari semangat donasi para pecinta binatang, seperti yang diungkapkan oleh Saputri, sang founder. Bornndeer juga memberikan bukti bahwa ide bisnis sambil berdonasi tetap bisa membawa cuan alias keuntungan.

Saat dihantam pandemi seperti sekarang, Bornndeer juga mampu menerapkan berbagai strategi bisnis digital dan dapat bertahan di tengah situasi sulit. Seperti apa sih cerita selengkapnya?

Semangat Donasi untuk Hewan Terlantar di Balik Keunikan Bornndeer

(c) Youtube/DANA Indonesia(c) Youtube/DANA Indonesia

Bidang fashion memang sering dianggap jadi pilihan tepat untuk memulai bisnis. Putri sendiri mengaku, kalau dilihat sepintas Bornndeer mirip dengan label fashion pada umumnya. Bedanya ada pada unique selling point alias nilai lebih yang menempel pada suatu produk.

Bukan hanya tampil gaya, setiap pembeli juga bisa terlibat dalam aksi sosial.  Pasalnya, setiap lebih dari 10% pembelian produk Bornndeer, akan disumbangkan ke penampungan hewan atau yayasan yang membutuhkan bantuan untuk merawat hewan-hewan terlantar.

Melihat Hambatan sebagai Peluang

(c)  Youtube/DANA Indonesia(c) Youtube/DANA Indonesia

Tahun 2020 bisa dibilang momen yang berat bagi banyak sektor ekonomi, termasuk UMKM. Banyak yang mengalami penurunan pemasukan, langkah Putri untuk memulai bisnis apparel brand bernama Bornndeer dianggap cukup berani.

Tapi bukan berarti tanpa strategi, Putri mengakalinya dengan mengatur bisnisnya dari rumah mulai produksi, packaging, pemesanan hingga designing. Selain membantu kelancaran usahanya, kolaborasi ini pun dianggap Putri sebagai salah satu cara untuk mendukung UMKM agar tetap survive di tengah pandemi.

Strategi Bisnis di Tengah Pandemi ala Bornndeer

(c) Youtube/DANA Indonesia(c) Youtube/DANA Indonesia

Walau baru dimulai di awal tahun 2020 dan berdekatan dengan pandemi, bisnis Bornndeer berkembang cukup lancar. Rahasianya ada pada penggunaan media sosial yang efektif, mulai dari posting foto produk dan menyebarkannya maupun promosi dari mulut ke mulut lewat pembeli yang puas dengan kualitas produknya.

Soal pembayaran, Putri merekomendasikan opsi yang mudah dan praktis, tanpa harus melakukan kontak fisik. DANA jadi pilihan Putri karena keamanan dan kepraktisannya. Cukup dengan mengirimkan link pada pembeli, tinggal klik dan pembayaran pun langsung bisa dilakukan.

Bukan hanya membantu dari segi pembayaran saja, DANA pun membuka kesempatan untuk belajar dari entrepreneur terbaik yang akan berbagi tips dan trik marketing di dunia bisnis. Caranya, daftarkan diri di DANA Bisnis untuk melihat berbagai video e-learning tentang marketing hingga branding dari orang-orang terbaik di bidangnya, gratis!

Yuk, simak cerita tentang strategi bisnis Bornndeer selengkapnya dengan nonton videonya di sini. Semoga bisa menambah inspirasimu ya!

(adv/eth/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI